Pemberontakan Taiping: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k bot kosmetik perubahan
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 20: Baris 20:
|notes=
|notes=
}}
}}
'''Pemberontakan Taiping''' adalah [[revolusi]] skala besar yang dilaksanakan dari tahun 1850 hingga 1864 oleh tentara yang dipimpin oleh [[Hong Xiuquan]], seorang pemluk [[Kristen]] [[heteodoks]]. Ia mendirikan '''Kerajaan Surga Taiping''' ({{zh-t|太平天國}}; {{zh-s|太平天国}}; [[pinyin]]: Tàipíng Tiān Guó) dengan ibukota di [[Nanjing]] dan memperoleh kekuasaan atas sebagian Cina selatan, pada puncaknya menguasai sekitar 30 juta orang. Mereka mencoba untuk melaksanakan beberapa reformasi sosial, seperti pemisahan seks yang ketat, penghapusan [[tradisi mengikat kaki]], sosialisasi tanah, "penekanan" perdagangan pribadi dan menggantikan [[Konfusius]], [[Buddha]] dan agama tradisional Cina menjadi [[Kristen]].
'''Pemberontakan Taiping''' adalah [[revolusi]] skala besar yang dilaksanakan dari tahun 1850 hingga 1864 oleh tentara yang dipimpin oleh [[Hong Xiuquan]], seorang pemeluk [[Kristen]] [[heteodoks]]. Ia mendirikan '''Kerajaan Surga Taiping''' ({{zh-t|太平天國}}; {{zh-s|太平天国}}; [[pinyin]]: Tàipíng Tiān Guó) dengan ibukota di [[Nanjing]] dan memperoleh kekuasaan atas sebagian Cina selatan, pada puncaknya menguasai sekitar 30 juta orang. Mereka mencoba untuk melaksanakan beberapa reformasi sosial, seperti pemisahan seks yang ketat, penghapusan [[tradisi mengikat kaki]], sosialisasi tanah, "penekanan" perdagangan pribadi dan menggantikan [[Konfusius]], [[Buddha]] dan agama tradisional Cina menjadi [[Kristen]].


== Referensi ==
== Referensi ==

Revisi per 14 Agustus 2010 13.54

Pemberontakan Taiping
TanggalDesember 1850 – Agustus 1871
LokasiCina
Hasil Kemenangan Dinasti Qing
Melemahnya Dinasti Qing
Pihak terlibat
Dinasti Qing Dinasti Qing
Britania Raya Britania Raya
Prancis Perancis
Taiping
Tokoh dan pemimpin
Dinasti Qing Kaisar Xianfeng
Dinasti Qing Kaisar Tongzhi
Dinasti Qing Cixi
Dinasti Qing Zeng Guofan
Dinasti Qing Sengge Rinchen
Zuo Zongtang
Britania Raya Charles George Gordon
Amerika Serikat Frederick Townsend Ward
Dinasti Qing Guam Wing
Hong Xiuquan
Yang Xiuqing
Xiao Chaogui
Feng Yunshan
Wei Changhui
Shi Dakai
Li Xiucheng
Amerika SerikatHenry Andres Burgevine
Kekuatan
2.000.000–5.000.000
~340.000 milisi
1.000.000–3.000.000, 100.000 wanita
Korban
~25.000.000 termasuk penduduk dan tentara

Pemberontakan Taiping adalah revolusi skala besar yang dilaksanakan dari tahun 1850 hingga 1864 oleh tentara yang dipimpin oleh Hong Xiuquan, seorang pemeluk Kristen heteodoks. Ia mendirikan Kerajaan Surga Taiping (Hanzi tradisional: 太平天國; Hanzi: 太平天国; pinyin: Tàipíng Tiān Guó) dengan ibukota di Nanjing dan memperoleh kekuasaan atas sebagian Cina selatan, pada puncaknya menguasai sekitar 30 juta orang. Mereka mencoba untuk melaksanakan beberapa reformasi sosial, seperti pemisahan seks yang ketat, penghapusan tradisi mengikat kaki, sosialisasi tanah, "penekanan" perdagangan pribadi dan menggantikan Konfusius, Buddha dan agama tradisional Cina menjadi Kristen.

Referensi