Koboi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Relly Komaruzaman (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
TobeBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: os:Ковбой
Baris 51: Baris 51:
[[nl:Cowboy]]
[[nl:Cowboy]]
[[no:Cowboy]]
[[no:Cowboy]]
[[os:Ковбой]]
[[pl:Kowboj]]
[[pl:Kowboj]]
[[pt:Cowboy]]
[[pt:Cowboy]]

Revisi per 10 Agustus 2010 12.58

Lukisan klasik yang menggambarkan tentang koboi.

Koboi adalah sebutan yang diberikan kepada gembala di peternakan yang berada di Amerika Utara. Secara tradisional mereka menggunakan kuda dan sering melakukan berbagai pekerjaan di peternakan tersebut. Koboi Amerika pada akhir abad ke-19 menjadi figur yang melegenda.[1] Jenis lainnya disebut wrangler yang secara khusus memelihara kuda yang digunakan di peternakan. Selain melakukan pekerjaan di peternakan, beberapa koboi juga bekerja atau berpartisipasi di rodeo, suatu olahraga keterampilan bagi para koboi . Gembala ternak juga ada di berbagai bagian dunia lain, khususnya Amerika Selatan dan Australia, yang melakukan pekerjaan mirip koboi di tempatnya masing-masing.

Koboi memiliki akar sejarah yang dalam sampai ke Spanyol dan pemukim awal di Amerika. Selama berabad-abad, perbedaan tanah, iklim, dan pengaruh dari tradisi beternak dari berbagai budaya menghasilkan peralatan, pakaian, dan cara menggembala yang berbeda-beda. Seiring pekerjaan koboi beradaptasi dengan dunia modern, beberapa peralatan dan teknik para koboi juga mengalami penyesuaian, walau tradisi klasik tetap dipertahankan sampai sekarang.

Dalam masyarakat sekarang, tidak banyak pemahaman tentang kenyataan sehari-hari dari kehidupan di daerah pertanian. Dalam fiksi, koboi sering digambarkan dalam pertentangannya dengan suku Indian, penduduk asli Amerika, dibanding pekerjaannya sebagai gembala di peternakan. Aktor seperti John Wayne dianggap menunjukkan koboi yang dijadikan idola, walaupun film barat jarang menunjukkan kemiripan dengan kehidupan koboi sebenarnya. Koboi juga digambarkan sebagai citra ideal maskulin, seperti tergambar dalam Marlboro Man sampai Village People.

Kata "koboi" juga sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang sembrono atau mengabaikan risiko potensial, tidak bertanggungjawab atau melakukan pekerjaan berbahaya dengan tidak berhati-hati.[2] Sebagai contoh, Majalah TIME mempunyai artikel sampul yang merujuk kebijakan luar negeri Presiden George W. Bush sebagai "Diplomasi Koboi".[3]

Referensi

  1. ^ Malone, Michael P., and Richard B. Roeder. Montana: A History of Two Centuries. University of Washington Press; Edisi revisi, 1991. ISBN-10: 0295971290, ISBN-13: 978-0295971292
  2. ^ cowboy. Dictionary.com. The American Heritage® Dictionary of the English Language, Edisi keempat. Houghton Mifflin Company, 2004 dan Dictionary.com Unabridged (v 1.1). Random House, Inc.
  3. ^ Allen, Mike and Romesh Ratnesar. "The End of Cowboy Diplomacy: Why George W. Bush's Grand Strategy for Remaking the World Had to Change" Time, 9 Juli, 2006.

Lihat pula

Pranala luar