Prost Grand Prix: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
kTidak ada ringkasan suntingan
Luckas-bot (bicara | kontrib)
Baris 42: Baris 42:
[[sl:Prost Grand Prix]]
[[sl:Prost Grand Prix]]
[[sv:Prost Grand Prix]]
[[sv:Prost Grand Prix]]
[[uk:Прост (команда Формули-1)]]
[[vec:Prost Grand Prix]]
[[vec:Prost Grand Prix]]

Revisi per 23 Juli 2010 18.46

Prost Grand Prix dulunya adalah tim balap Formula Satu yang dikelola oleh bekas juara dunia Alain Prost. Tim ini berpartisipasi dalam lima musim dari 1997 sampai 2001.

Di awal "hidupnya" di tahun 1997,dengan menggunakan jasa Oliver Panis,Jarno Trulli,dan Shinji Nakano,bisa dibilang tahun yang terbaik buat Prost.Prost GP mendapatkan poin pertamanya lewat Oliver Panis di seri pembuka,GP Australia.Bahkan,Panis bisa mendapatkan podium kedua di GP Brasil dan GP spanyol.

Musim 1998 bisa dibilang musim terburuk bagi Prost GP, selain musim 2000.Prost hanya dapat membawa pulang 1 poin,setelah Jarno Trulli finish P6 di GP Belgia di Spa-Francorchamps,dimana di lap 1 sempat terjadi kecelakaan hebat yang melibatkan 13 pembalap,termasuk 2 Prost sendiri,Panis dan Trulli.Selain itu,Panis gagal re-start,bersama 3 mobil lainnya.

Kebangkitan

Tahun 1999,Prost bangkit kembali,meski tak sebaik tahun 1997. Trulli meraih podium buat Prost di GP Eropa di Nuerbugring,Jerman.Cukup menggembirakan,mengingat podium tersebut adalah satu-satunya podium yang diraih Prost bersama Peugeot.Akhir musim,Prost menempati posisi ke-7 dengan perolehan poin dengan 9pts.

Masa suram dan saat - saat terakhir

Tahun 2000 adalah tahun paling suram bagi Prost GP.Dengan mesin Peugeot AP03 yang sangat tidak kompetitif,plus beberapa kesalahan yang dibuat pembalap lain,Prost mesti berkutat di posisi P11 dengan 0pts.Nilai Prost imbang dengan Minardi,namun Prost harus mengalah karena statistik yang lebih jelek. Tahun 2001 bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengan musim 2000.Padahal dengan kehilangan beberapa sponsor besar seperti perusahaan rokok Gauloises,layanan web Yahoo!,konsol video game Playstation membuat keuangan Prost lebih sulit.Dengan memakai mesin baru Ferrari (ditulis Acer),Prost mampu kembali bangkit di saat-saat terakhirnya.Padahal Prost memakai Jasa 5 pembalap,terbanyak dari semua tim F1 pada 2001.Ke-5 pembalap yang tadi disebut yakni Jean Alesi,Tomas Enge,Luciano Burti,Heinz-Harald Frentzen,dan Gaston Mazzacane.Di Akhir musim,Prost berkutat di posisi ke-9 dengan raihan 4pts.

Penutup

Di awal musim 2002 tim ini bangkrut. Prost tidak mampu mendapatkan cukup sponsor agar bisa melanggengkan tim ini.