Kitab Yunus: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
YurikBot (bicara | kontrib)
k robot Modifying: he:יונה (נביא)
Baris 26: Baris 26:
[[fi:Joonan kirja]]
[[fi:Joonan kirja]]
[[fr:Livre de Jonas]]
[[fr:Livre de Jonas]]
[[he:ספר יונה]]
[[he:יונה (נביא)]]
[[ja:ヨナ書]]
[[ja:ヨナ書]]
[[jv:Yunus]]
[[jv:Yunus]]

Revisi per 25 Agustus 2006 19.54

Kitab Yunus adalah sebuah buku yang berbeda dengan buku-buku nabi lainnya di Alkitab. Karena buku ini tidak berisi pesan sang nabi, melainkan menceritakan pengalaman Nabi Yunus, ketika ia mencoba menghindari perintah Tuhan.

Dalam bahasa Ibrani, Yunus disebut Jonah yang berarti “merpati”.

Tuhan menyuruh dia pergi ke kota Niniwe, ibukota kerajaan Asyur, musuh Israel. Tetapi Yunus tidak mau pergi ke kota itu untuk menyampaikan pesan Tuhan, karena ia yakin bahwa kalau orang Niniwe berhenti berbuat dosa, Tuhan tidak akan menjalankan rencana-Nya untuk menghancurkan kota itu.

Akhirnya, setelah beberapa kejadian yang mengesankan, Yunus mentaati perintah Tuhan, tetapi kemudian ia mendongkol, karena Niniwe tidak jadi dihancurkan.

Amanat kitab Yunus ialah bagaimana Tuhan berkuasa mutlak atas ciptaan-Nya. Tetapi lebih-lebih, buku ini menggambarkan Tuhan Yang Mahapenyayang dan pengampun, Tuhan yang lebih suka mengampuni dan menyelamatkan suatu bangsa daripada menghukum dan menghancurkannya, biarpun bangsa itu musuh umat-Nya sendiri.

Konon kitab Yunus ditulis olehnya sendiri. Kitab Yunus dirujuk oleh Yesus dalam Perjanjian Baru (Matius 12:39, 40; Lukas 11:29).


Berdasarkan Pengantar Alkitab Lembaga Alkitab Indonesia, 2002


Lihat pula: