Kiklops: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Alagos (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Alagos (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
[[Berkas:Polyphemus.gif|200px|thumb|Polyphemus, seorang Kiklops dalam Petualangan [[Odiseus]].]]
[[Berkas:Polyphemus.gif|200px|thumb|Polyphemus, seorang Kiklops dalam Petualangan [[Odiseus]].]]


'''Kiklops''' ([[bahasa Yunani]]: Κύκλωψ) adalah makhluk dalam [[mitologi Yunani]] yang bertubuh raksasa dan memiliki satu mata. Awalnya hanya ada tiga Kiklops yang merupakan anak dari [[Gaia]] dan [[Uranus (mitologi)|Uranus]]. Mereka adalah Arges, Brontes dan Steropes. Karena penampilan mereka yang mengerikan, Uranus memenjarakan para Kiklops di [[Tartarus]] bersama [[Hecatonchires]]. Para Kiklops dibebaskan dari Tartarus oleh [[Zeus]] yang membutuhkan bantuan dalam perang melawan para [[titan (mitologi)|titan]]. Kiklops yang memang ahli dalam menempa besi kemudian membuatkan [[petir]] untuk [[Zeus]], [[trisula]] untuk [[Poseidon]], dan [[helm gaib]] untuk [[Hades]]. Setelah dewa-dewa Olympus memenangkan perang, para Kiklops bekerja bersama [[Hefestus]], dewa api dan pandai besi. Salah satu Kiklops yang terkenal adalah [[Polifemus]], yang pernah berkonfrontasi dengan [[Odisseus]].
'''Kiklops''' ([[bahasa Yunani]]: Κύκλωψ) adalah makhluk dalam [[mitologi Yunani]] yang bertubuh raksasa dan memiliki satu mata. Awalnya hanya ada tiga Kiklops yang merupakan anak dari [[Gaia]] dan [[Uranus (mitologi)|Uranus]]. Mereka adalah Arges, Brontes dan Steropes. Karena penampilan mereka yang mengerikan, Uranus memenjarakan para Kiklops di [[Tartaros]] bersama [[Hekatonkhires]]. Para Kiklops dibebaskan dari Tartarus oleh [[Zeus]] yang membutuhkan bantuan dalam perang melawan para [[Titan (mitologi)|Titan]]. Kiklops yang memang ahli dalam menempa besi kemudian membuatkan [[petir]] untuk [[Zeus]], [[trisula]] untuk [[Poseidon]], dan [[helm gaib]] untuk [[Hades]]. Setelah dewa-[[dewa Olimpus]] memenangkan perang, para Kiklops bekerja bersama [[Hefaistos]], dewa api dan pandai besi. Salah satu Kiklops yang terkenal adalah [[Polifemos]], yang pernah berkonfrontasi dengan [[Odisseus]].


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==

Revisi per 26 Juni 2010 11.06

Berkas:Polyphemus.gif
Polyphemus, seorang Kiklops dalam Petualangan Odiseus.

Kiklops (bahasa Yunani: Κύκλωψ) adalah makhluk dalam mitologi Yunani yang bertubuh raksasa dan memiliki satu mata. Awalnya hanya ada tiga Kiklops yang merupakan anak dari Gaia dan Uranus. Mereka adalah Arges, Brontes dan Steropes. Karena penampilan mereka yang mengerikan, Uranus memenjarakan para Kiklops di Tartaros bersama Hekatonkhires. Para Kiklops dibebaskan dari Tartarus oleh Zeus yang membutuhkan bantuan dalam perang melawan para Titan. Kiklops yang memang ahli dalam menempa besi kemudian membuatkan petir untuk Zeus, trisula untuk Poseidon, dan helm gaib untuk Hades. Setelah dewa-dewa Olimpus memenangkan perang, para Kiklops bekerja bersama Hefaistos, dewa api dan pandai besi. Salah satu Kiklops yang terkenal adalah Polifemos, yang pernah berkonfrontasi dengan Odisseus.

Pranala luar