Sel raji: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
20Lukianto (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
20Lukianto (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{inuse|14 juni}}
{{inuse|14 juni}}
'''Sel Raji''' adalah sel yang berasal dari kultur cell line lymphoblastoid yang diturunkan dari lymphoma Burkitt. Burkitt merupakan sejenis kanker yang terdapat pada sistem limpa khususnya pada limfosit B. Sel raji telah ditemukan sejak tahun 1963 yang diperoleh dari rahang kiri anak lelaki dari Afrika yang saat itu mempunyai limfoma Burkitt. Peristiwa ini merupakan pertama kalinya continuous human hematopoietic cell line. Selanjutnya, sel limfoma ini sangat diperlukan untuk penelitian haemotological limfoma, dan leukaemia.
'''Sel Raji''' adalah sel yang berasal dari kultur cell line lymphoblastoid yang diturunkan dari lymphoma Burkitt.<ref name=mon>{{en}} [Mondofacto]. 2000. Raji Cell. [terhubung berkala]. http://www.mondofacto.com/facts/dictionary?Raji+cell [7 Des 2009].</ref> Burkitt merupakan sejenis kanker yang terdapat pada sistem limpa khususnya pada limfosit B.<ref name=abc>{{en}} [Abcam]. 2009. Raji (Human Burkitt's lymphoma cell line) Nuclear Lysate - tumor cell line (ab30127). [terhubung berkala]. http://www.abcam.com/Raji-Human-Burkitt-s-lymphoma-cell-line-Nuclear-Lysate-tumor-cell-line-ab30127.html. [8 Des 2009].</ref> Sel raji telah ditemukan sejak tahun 1963 yang diperoleh dari rahang kiri anak lelaki dari Afrika yang saat itu mempunyai limfoma Burkitt.<ref name=mon/> Peristiwa ini merupakan pertama kalinya continuous human hematopoietic cell line.<ref name=mon/> Selanjutnya, sel limfoma ini sangat diperlukan untuk penelitian haemotological limfoma, dan leukaemia.<ref name=mon/>
Sel Raji ini memiliki banyak reseptor untuk beberapa komponen komplemen dan cocok digunakan untuk mendeteksi kompleks imun. Sel ini mengekspresikan beberapa reseptor komplemen tertentu serta reseptor untuk Fc imunogloblin G. Sel Raji dikultur pada media RPMI 1640 dengan 2mM L-glutamin dan dipanen saat mencapai fase log.
Sel Raji ini memiliki banyak reseptor untuk beberapa komponen komplemen dan cocok digunakan untuk mendeteksi kompleks imun.<ref name=mon/> Sel ini mengekspresikan beberapa reseptor komplemen tertentu serta reseptor untuk Fc imunogloblin G.<ref name=mon/> Sel Raji dikultur pada media RPMI 1640 dengan 2mM L-glutamin dan dipanen saat mencapai fase log.<ref name=mon/>


== Referensi ==
== Referensi ==
{{reflist}}
{{reflist}}
[Mondofacto]. 2000. Raji Cell. [terhubung berkala]. http://www.mondofacto.com/facts/dictionary?Raji+cell [7 Des 2009].

[Abcam]. 2009. Raji (Human Burkitt's lymphoma cell line) Nuclear Lysate - tumor cell line (ab30127). [terhubung berkala]. http://www.abcam.com/Raji-Human-Burkitt-s-lymphoma-cell-line-Nuclear-Lysate-tumor-cell-line-ab30127.html. [8 Des 2009].

[ProSci]. 2009. Raji Cell Slide. [terhubung berkala]. http://www.prosciinc.com/shop/catalog1/Raji-Cell-Slide-p-229.html [7 Des 2009].


{{biologi-stub}}
{{biologi-stub}}

Revisi per 14 Juni 2010 15.24

Sel Raji adalah sel yang berasal dari kultur cell line lymphoblastoid yang diturunkan dari lymphoma Burkitt.[1] Burkitt merupakan sejenis kanker yang terdapat pada sistem limpa khususnya pada limfosit B.[2] Sel raji telah ditemukan sejak tahun 1963 yang diperoleh dari rahang kiri anak lelaki dari Afrika yang saat itu mempunyai limfoma Burkitt.[1] Peristiwa ini merupakan pertama kalinya continuous human hematopoietic cell line.[1] Selanjutnya, sel limfoma ini sangat diperlukan untuk penelitian haemotological limfoma, dan leukaemia.[1] Sel Raji ini memiliki banyak reseptor untuk beberapa komponen komplemen dan cocok digunakan untuk mendeteksi kompleks imun.[1] Sel ini mengekspresikan beberapa reseptor komplemen tertentu serta reseptor untuk Fc imunogloblin G.[1] Sel Raji dikultur pada media RPMI 1640 dengan 2mM L-glutamin dan dipanen saat mencapai fase log.[1]

Referensi

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) [Mondofacto]. 2000. Raji Cell. [terhubung berkala]. http://www.mondofacto.com/facts/dictionary?Raji+cell [7 Des 2009].
  2. ^ (Inggris) [Abcam]. 2009. Raji (Human Burkitt's lymphoma cell line) Nuclear Lysate - tumor cell line (ab30127). [terhubung berkala]. http://www.abcam.com/Raji-Human-Burkitt-s-lymphoma-cell-line-Nuclear-Lysate-tumor-cell-line-ab30127.html. [8 Des 2009].