Leto: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot melakukan perubahan kosmetika
Alagos (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{Mitologi Yunani (Titan)}}
{{Mitologi Yunani (Titan)}}
'''Leto''' ([[Bahasa Yunani]]: Λητώ) adalah salah seorang [[titan (mitologi)|titan]] dalam [[mitologi Yunani]]. Leto adalah anak dari [[Coeus]] dan [[Phoebe]] dan merupakan saudara perempuan [[Asteria]]. Dari hubungannya dengan [[Zeus]], dia memiliki anak [[Apollo]] dan [[Artemis]]. Ketika hamil, Leto kesulitan mencari tempat untuk melahirkan karena [[Hera]] yang cemburu membuat semua tanah menjauhi Leto. Tetapi, Leto akhirnya bisa menemukan tempat untuk melahirkan Apollo dan Artemis, yaitu di pulau [[Ortygia]] (pendapat lain mengatakan Leto melahirkan di pulau [[Delos]]). Apollo dan Artemis merupakan dewa yang kuat dan selalu melindungi ibunya. Apollo mampu membunuh naga [[Python]] yang dikirim Hera. Dan ketika raksasa [[Tityus]] mencoba meniduri Leto, Tityus dibunuh oleh Apolloo dan Artemis. Begitu pula [[Niobe]] yang menyombongkan diri lebih hebat dari Leto karena melahirka lebih banyak anak. Apollo dan Artemis kemudian membunuh semua anak Niobe. Menjadi ibu dari dua dewa yang kuat, membuat Leto bisa kembali bersama para dewa. Leto sering berburu bersama Artemis dan memihak [[Troya]] dalam [[Perang Troya]].
'''Leto''' ([[Bahasa Yunani]]: Λητώ) adalah salah seorang [[Titan (mitologi)|Titan]] dalam [[mitologi Yunani]]. Leto adalah anak dari [[Koio]] dan [[Foebe]] dan merupakan saudara perempuan [[Asteria]]. Dari hubungannya dengan [[Zeus]], dia memiliki anak [[Apollo]] dan [[Artemis]]. Ketika hamil, Leto kesulitan mencari tempat untuk melahirkan karena [[Hera]] yang cemburu membuat semua tanah menjauhi Leto. Tetapi, Leto akhirnya bisa menemukan tempat untuk melahirkan Apollo dan Artemis, yaitu di pulau [[Ortigia]] (pendapat lain mengatakan Leto melahirkan di pulau [[Delos]]). Apollo dan Artemis merupakan dewa yang kuat dan selalu melindungi ibunya. Apollo mampu membunuh naga [[Pithon]] yang dikirim Hera. Dan ketika raksasa [[Titius]] mencoba meniduri Leto, Tityus dibunuh oleh Apollo dan Artemis. Begitu pula [[Niobe]] yang menyombongkan diri lebih hebat dari Leto karena melahirka lebih banyak anak. Apollo dan Artemis kemudian membunuh semua anak Niobe. Menjadi ibu dari dua dewa yang kuat, membuat Leto bisa kembali bersama para dewa. Leto sering berburu bersama Artemis dan memihak [[Troya]] dalam [[Perang Troya]].


== Etimologi ==
== Etimologi ==

Revisi per 10 Juni 2010 17.59

Leto (Bahasa Yunani: Λητώ) adalah salah seorang Titan dalam mitologi Yunani. Leto adalah anak dari Koio dan Foebe dan merupakan saudara perempuan Asteria. Dari hubungannya dengan Zeus, dia memiliki anak Apollo dan Artemis. Ketika hamil, Leto kesulitan mencari tempat untuk melahirkan karena Hera yang cemburu membuat semua tanah menjauhi Leto. Tetapi, Leto akhirnya bisa menemukan tempat untuk melahirkan Apollo dan Artemis, yaitu di pulau Ortigia (pendapat lain mengatakan Leto melahirkan di pulau Delos). Apollo dan Artemis merupakan dewa yang kuat dan selalu melindungi ibunya. Apollo mampu membunuh naga Pithon yang dikirim Hera. Dan ketika raksasa Titius mencoba meniduri Leto, Tityus dibunuh oleh Apollo dan Artemis. Begitu pula Niobe yang menyombongkan diri lebih hebat dari Leto karena melahirka lebih banyak anak. Apollo dan Artemis kemudian membunuh semua anak Niobe. Menjadi ibu dari dua dewa yang kuat, membuat Leto bisa kembali bersama para dewa. Leto sering berburu bersama Artemis dan memihak Troya dalam Perang Troya.

Etimologi

Beberapa penjelasan telah dicoba diajukan untuk menjelaskan asal mula Leto dan arti namanya. Kemungkinan berhubungan dengan "lethe" (λήθη; terlupa) dan "Lotus" (buah yang membuat pemakannya menjadi lupa). Sehingga artinya akan menjadi "yang tersembunyi".[1] Kemungkinan besar namanya berasal dari Likia, mengingat pemujaannya terpusat di sana. Leto mungkin punya asal mula yang sama seperti "Leda", bermakna "wanita/kehidupan" dalam Bahasa Likia kuno.

referensi

  1. ^ W, Smith, ed. Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology 1873, at Theoi.com

Pranala Luar