Jus sanguinis: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot: perubahan kosmetika !
Teddy s (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{judul|''Ius sanguinis''}}
{{judul|''Ius sanguinis''}}
'''''Ius sanguinis''''' atau '''''jus sanguinis''''' adalah hak [[kewarganegaraan]] yang diperoleh seseorang (individu) berdasarkan kewarganegaraan ayah atau ibu biologisnya. <!-- seseorang dilahirkan dan memiliki [[hubungan darah]] langsung dengan [[warga negara]] dari suatu negara, maka orang tersebut memiliki hak menjadi kewarganegaraan negara tadi --> Kebanyakan bangsa yang memiliki sejarah panjang menerapkan asas ini, seperti negara-negara di [[Eropa]] dan [[Asia Timur]].
'''''Ius sanguinis''''' atau '''''jus sanguinis''''' ([[bahasa Latin]] untuk "hak untuk darah") adalah hak [[kewarganegaraan]] yang diperoleh seseorang (individu) berdasarkan kewarganegaraan ayah atau ibu biologisnya. <!-- seseorang dilahirkan dan memiliki [[hubungan darah]] langsung dengan [[warga negara]] dari suatu negara, maka orang tersebut memiliki hak menjadi kewarganegaraan negara tadi --> Kebanyakan bangsa yang memiliki sejarah panjang menerapkan asas ini, seperti negara-negara di [[Eropa]] dan [[Asia Timur]].


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==
* [[Hukum kebangsaan]]
* [[Hukum kebangsaan]]
* [[Hukum kewarganegaraan]]
* [[Hukum kewarganegaraan]]
* [[Ius soli]]
* [[Ius soli]]


{{politik-stub}}
{{politik-stub}}

Revisi per 29 Mei 2010 17.56

Ius sanguinis atau jus sanguinis (bahasa Latin untuk "hak untuk darah") adalah hak kewarganegaraan yang diperoleh seseorang (individu) berdasarkan kewarganegaraan ayah atau ibu biologisnya. Kebanyakan bangsa yang memiliki sejarah panjang menerapkan asas ini, seperti negara-negara di Eropa dan Asia Timur.

Lihat pula