Departemen seberang laut Prancis: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Xqbot (bicara | kontrib)
TjBot (bicara | kontrib)
k bot kosmetik perubahan
Baris 8: Baris 8:


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==
*{{fr}} [http://www.outre-mer.gouv.fr Kementerian Seberang Laut Perancis]
* {{fr}} [http://www.outre-mer.gouv.fr Kementerian Seberang Laut Perancis]
*{{fr}} [http://www.vie-publique.fr/decouverte_instit/instit/instit_3_7_0_q0.htm Penjelasan mengenai perkembangan departemen dan teritori seberang laut (dalam Bahasa Perancis)]
* {{fr}} [http://www.vie-publique.fr/decouverte_instit/instit/instit_3_7_0_q0.htm Penjelasan mengenai perkembangan departemen dan teritori seberang laut (dalam Bahasa Perancis)]


{{Departemen dan teritori seberang laut Perancis}}
{{Departemen dan teritori seberang laut Perancis}}

Revisi per 12 Mei 2010 06.49


Artikel ini merupakan bagian dari
Pembagian administratif Prancis

(termasuk region seberang laut)

(termasuk departemen seberang laut)

Komunitas urban
Komunitas aglomerasi
Komunitas komune
Sindikat Aglomerasi Baru

Gabungan komune
Arondisemen kota

Lainnya dalam Prancis Seberang Laut

Jajahan seberang laut
Jajahan sui generis
Negara seberang laut
Teritori seberang laut
Pulau Clipperton

Departemen seberang laut (Bahasa Perancis: départements d’outre-mer atau DOM) merupakan ketetapan dibawah Konstitusi Republik Keempat 1946 yang diberikan kepada koloni perancis di Guadeloupe, Martinik dan Guyana Perancis di Karibia, dan Réunion di Samudera Hindia. Departemen seberang laut tersebut memiliki status politik sederajat dengan departemen metropolitan dan merupakan bagian integral Perancis, seperti Hawaii yang menjadi negara bagian dan bagian integral Amerika Serikat. Mereka diwakili di Majelis Nasional, Senat dan Dewan Ekonomi dan Sosial, memilih seorang Anggota Parlemen Eropa (MEP), dan juga menggunakan Euro sebagai mata uangnya.

Saint Pierre dan Miquelon menjadi departemen seberang laut pada tahun 1976, tetapi statusnya berubah menjadi jajahan seberang laut pada tahun 1985. Status departemen seberang laut identik dengan departemen metropolitan, tetapi berbeda dengan jajahan seberang laut dan teritori seberang laut.

Sejak 1982, setelah kebijakan desentralisasi pemerintah Perancis, mereka telah memilih dewan kedaerahan dengan kekuatan sama dengan region di Perancis Metropolitan. Sebagai hasil dari amandemen konstitusional pada tahun 2003, region tersebut sekarang menjadi "region seberang laut"; memenuhi penamaan oleh Konstitusi tanpa memenuhi frasa departemen atau region seberang laut, meskipun "region seberang laut" tidak banyak digunakan oleh media Perancis.

Pranala luar