Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Danu Widjajanto untuk pengurus 29 April 2010: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Rheka (bicara | kontrib)
Fadhil2007 (bicara | kontrib)
Baris 64: Baris 64:
# {{vote|Y}}, [[Pengguna:Willy2000|Willy2000]] 12:56, 1 Mei 2010 (UTC)
# {{vote|Y}}, [[Pengguna:Willy2000|Willy2000]] 12:56, 1 Mei 2010 (UTC)
# {{vote|Y}} yah, agak2 gak nyambung sih pertanyaan ama jawabannya (yg no.1.1) tapi memang pada dasarnya setuju sih ya, cape juga kebanyakan tanya jawab :p Nobody's perfect and everybody can be changed, grown up. And as my age on Indonesian wikipedia, I have no objection to vote [[Pengguna:Mimihitam|Mimihitam]] as an opsis. Don't forget to keep all your words when the time is coming ;) [[Pengguna:Rheka|<font color="SaddleBrown">Rheka</font>]][[Pembicaraan_Pengguna:Rheka|<font color="DarkOrange"><sup><small>レーカ</small></sup>✍</font>]] 09:28, 2 Mei 2010 (UTC)
# {{vote|Y}} yah, agak2 gak nyambung sih pertanyaan ama jawabannya (yg no.1.1) tapi memang pada dasarnya setuju sih ya, cape juga kebanyakan tanya jawab :p Nobody's perfect and everybody can be changed, grown up. And as my age on Indonesian wikipedia, I have no objection to vote [[Pengguna:Mimihitam|Mimihitam]] as an opsis. Don't forget to keep all your words when the time is coming ;) [[Pengguna:Rheka|<font color="SaddleBrown">Rheka</font>]][[Pembicaraan_Pengguna:Rheka|<font color="DarkOrange"><sup><small>レーカ</small></sup>✍</font>]] 09:28, 2 Mei 2010 (UTC)
# {{vote|Y}} [[Pengguna:Fadhil2007|Fadhil]] ([[Pembicaraan Pengguna:Fadhil2007|bicara]]) 15:08, 2 Mei 2010 (UTC)


===Tidak setuju===
===Tidak setuju===

Revisi per 2 Mei 2010 15.08

Saya mengusulkan Mimihitam (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth) (statistik - akun global - kontribusi global) untuk diangkat sebagai pengurus di Wikipedia bahasa Indonesia.

Adapun seperti yang telah banyak diketahui ybs. cukup aktif di dalam proyek Wikipedia Bahasa Indonesia, salah satu Wikipediawan non-pengurus yang paling senior, perintis artikel terbanyak (5000+), dan banyak berpartisipasi dalam berbagai ProyekWiki maupun Diskusi/Permohonan Pendapat.

Yang bersangkutan telah menyatakan kesediaannya.
βέννψλιν 05:35, 29 April 2010 (UTC)

Konfirmasi persetujuan

Yang bersangkutan harap membubuhkan tanda tangannya di bawah ini sebagai tanda persetujuan:

[1]  Mimihitam  08:18, 29 April 2010 (UTC)

Mekanisme

  • Sesi tanya jawab
    • Pengguna lain dipersilakan mengajukan pertanyaan (jika ada) sebelum pemungutan suara dimulai.
    • Jika tanya jawab dirasa sudah cukup atau sudah lebih dari satu bulan sejak 05:35, 29 April 2010 (UTC) maka sesi pemungutan suara dapat dimulai.
  • Hak suara
    • Hanya pengguna terdaftar yang berhak mengajukan pertanyaan kepada calon pengurus yang bersngkutan.
  • Sesi pemungutan suara:
    • Pemungutan suara dimulai tanggal 05:35, 30 April 2010 (UTC)
    • Pemungutan suara dapat berakhir secepat-cepatnya 1 minggu setelah tanggal 05:35, 30 April 2010 (UTC) dan bila sudah jumlah pengguna yang memberikan suara mencapai lebih dari atau sama dengan 60 orang
    • Bila hingga batas waktu 2 minggu setelah tanggal 05:35, 30 April 2010 (UTC) pengguna yang memberikan suara belum mencapai 60 orang, maka pemungutan suara akan ditutup dan suara akan dihitung.
  • Syarat pengangkatan:
    • Bila jumlah suara yang masuk kurang dari 25 maka pemungutan suara dianggap batal.
    • Bila jumlah suara yang masuk lebih dari 25 namun kurang dari 70% suara menyetujui pengangkatan maka calon belum dapat diangkat menjadi pengurus
    • Bila jumlah suara yang masuk lebih dari 25 dan lebih dari 70% suara menyetujui pengangkatan maka calon akan diangkat menjadi pengurus
  • Hak suara:
    • Pengguna yang telah terdaftar minimal 1 minggu dengan suntingan minimal 30 di WBI pada 05:35, 29 April 2010 (UTC)
    • Bukan pengguna sedang diusulkan.
    • Abstain dihitung sebagai suara masuk.

Sesi tanya jawab

Pengguna Wikipedia dipersilakan memberikan pertanyaan kepada calon pengurus. Calon yang diajukan diharapkan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

  1. Saya mulai dengan yang gampang. Dengan kata-kata Anda sendiri (jangan mencontek ya) dan istilah yang sederhana, tolong jelaskan apa itu jabatan pengurus di Wikipedia.
    βέννψλιν 05:36, 29 April 2010 (UTC)
  2. Saya ingin bertanya kepada anda, menurut anda bagaimana perkembangan Wikipedia Bahasa Indonesia saat ini dan bagiamana cara membuat WBI lebih ramah kepada pengguna baru? Aldo samulo (bicara) 05:42, 29 April 2010 (UTC)
  3. Barapa jam kah waktu dalam sehari yang dapat anda sediakan bagi WBI dalam kapasitas anda sebagai pengurus nantinya ?  Ę-oиė  >>>  ™ 06:42, 29 April 2010 (UTC)
  4. Apa yang anda lakukan jika dimaki-maki oleh seorang pengguna senior yang lebih tua dari anda? Atas alasan apapun. Meursault2004ngobrol 08:29, 29 April 2010 (UTC)
  5. Mengapa Anda ingin jadi pengurus Wikipedia bahasa Indonesia ? ·· Kenrick ( ) 08:49, 29 April 2010 (UTC)
  6. Menurut anda bagaimana cara meningkatkan jumlah artikel dengan cukup cepat di Wikipedia Bahasa Indonesia? Aldo samulo (bicara) 12:09, 29 April 2010 (UTC)
  7. Lebih enak mana, jadi koordinator biologi atau jadi pengurus? ESCa :-)/ 12:56, 29 April 2010 (UTC)
  8. Bagaimana cara anda melakukan sosialisasi kepada pengguna baru dan masyarakat umum mengenai Wikipedia dan bagaimana cara kerja di Wikipedia? Aldo samulo (bicara) 13:10, 29 April 2010 (UTC)
  9. Menurut Anda, apakah sebuah artikel yang subjeknya sedang berlangsung dan terkenal, perlu dikunci dari semua pengguna dan anon kecuali untuk pengguna yang masuk ke ProyekWikinya (mis : Piala Dunia FIFA 2010 hanya dapat disunting oleh pengurus dan pengguna anggota ProyekWiki sepak bola) ? Albertus Aditya (bicara) 15:58, 29 April 2010 (UTC)
  10. Pertanyaan saya borongan ;)
    1. Akhir-akhir ini sepertinya sedang tren diadakan diskusi pencabutan hak opsis, pertanyaan : Jika suatu saat nanti *apapun alasannya* anda sudah tidak bisa seaktif sekarang, manakah yang akan anda pilih, mengundurkan diri atau diadakan diskusi pencabutan hak opsis (jawaban beserta alasannya)
      1. Memang pertanyaannya tidak spesifik, perhatikan penekanan di "apapun alasannya". Jadi saya simpulkan jawabannya: mengundurkan diri, alasannya? Rhekaレーカ 12:17, 30 April 2010 (UTC)
    2. Diantara pengurus yang pernah ada (yang ada sekarang, yang sedang diusulkan dicabut hak opsisnya, maupun yang sudah tidak lagi berstatus pengurus), siapakah yang paling anda kagumi (jawaban beserta alasan)
    3. Apabila tidak terpilih menjadi pengurus, apa pengaruhnya terhadap kontribusi anda di wikipedia? Rhekaレーカ 11:29, 30 April 2010 (UTC)
  11. Anda selama ini cukup banyak membuat artikel baru (meskipun banyak berupa stub dan terjemahan ;) ). Dari pengalaman saya menjadi pengurus cenderung menurunkan produksi artikel baru, meskipun jumlah suntingan memang meningkat. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah ini? Gombang (bicara) 06:37, 2 Mei 2010 (UTC)

Jawaban saya (singkat aja ya):

  1. Kalimat gw sendiri kan? Pengurus ya semacam polisi, yang mengatur tata tertib wikipedia, dan sudah dipercaya oleh pengguna wiki untuk mengatur tata tertib
  2. Perkembangan? Menurut saya, sangat lambat, hanya bergantung pada pengguna tertentu, dan penambahan jumlah artikel bergantung pada orang yang hobi membuat rintisan kota. Kalo masalah keramahan, mungkin dalam labeling templat-templat tertentu, penggunanya perlu diinformasikan dan dibimbing.
  3. Depends... saya bisa online setiap hari, dan sehari bisa lebih dari 1 jam
  4. Satu kata: cuek :D peduli bagong mau dibilang apa, yang penting saya terus maju :) kalo saya salah saya minta maaf, kalo saya merasa benar saya akan tetap ekspresikan apa yang ada di kepala saya, tapi kalau dia masih ngotot ya pilih jalan tengah, atau diemin aja alias ngalah
  5. Satu: prihatin dengan insiden Saturnus, dua: kan banyak yang bilang jumlah pengurus semakin berkurang
  6. Ya bikin artikel kota, spesies dan disambiguasi yang banyak.. cuma menurutku, daripada kejar-kejaran dengan SDM yang kurang banyak, lebih baik aktif menjaring pengguna baru, karena dengan semakin banyaknya pengguna, otomatis jumlah artikel akan bertambah dengan sendirinya.  Danu Widjajanto  13:03, 29 April 2010 (UTC)
  7. Lol, pertanyaannya... jujur dua-duanya ya enggak enak, kalo pengurus harus memantau setiap hari & berperang melawan vandal, kalo biologi harus aktif membuat newsletter, mengklasifikasikan artikel yang bejibun, expand artikel.
  8. Kepada pengguna baru: halaman selamat datang, meskipun tidak semua dari mereka membacanya. Kepada masyarakat umum: bisa melalui seminar dan event seperti INAICTA 2010 nanti
  9. Kalau banyak tukang vandalnya aja dilindungi, contoh: Malaysia dan Israel
  10. Wedew :D
    1. Pertanyaannya kurang specify.. kalau sibuk karena pekerjaan, ya tentu saja seperti rekan pengurus lain, spare time sedikit untuk disini. kalau yang dimaksud tidak aktif berbulan-bulan seperti opsis-opsis yang mau dicabut, tergantung keadaan, mungkin saya bisa mengundurkan diri kalau keadaan sudah tidak memungkinkan
      1. Kalau keadaannya memang sudah tidak memungkinkan lagi, ya.. dulu saya pernah jadi moderator di suatu forum, tapi karena keadaan tidak memungkinkan lagi saya mundur  Danu Widjajanto  01:09, 2 Mei 2010 (UTC)
    2. Meursault2004, ramah, baik, kapabel, kompeten
    3. Gak ada pengaruh. Gak kepilih? Ya sudah lah ya :D so gak bakal berpengaruh  Danu Widjajanto  11:54, 30 April 2010 (UTC)
  11. Jangan khawatir :p saya selama ini begitu selesai menyunting atau membuat artikel, langsung memencet perubahan terbaru.. jadi bisa sejalan, dan menurut saya tidak akan banyak berpengaruh terhadap kontribusi saya.  Danu Widjajanto  06:47, 2 Mei 2010 (UTC)

Sesi komentar

Sori nambah sesi komentar, soalnya ngga tau gimana cara nyunting sesi tanya jawabnya, ditaruh dimana sih? Ada dua keberatan saya Mimihitam jadi pengurus, dia pernah tercatat memvandal halaman pengguna saya, 12 Januari 2008, dan seharusnya menurut hemat saya sih, catatan pengurus sebaiknya "bersih" dari awal.

Keberatan kedua, dan tidak pribadi, adalah hobinya mimihitam membuat dan memilih sendiri artikel pilihannya. Walaupun hal ini saya rasa baik sebagai bentuk partisipasi, namum partisipasinya "mematikan" semangat wiki sebelumnya dimana artikel pilihan dibuat secara kolaboratif. Saat mimihitam mulai berpartisipasi, secara berturut-turut artikel pilihan adalah artikel perang semua, hasil terjemahan dia *slaps head*, ini sempat terjadi selama beberapa waktu, sampai akhirnya berhenti karena diprotes (saya). Lalu lebih parah lagi, artikel pilihan di voting, sehingga partispasi orang jadi terbatas pilih ya atau tidak, dan bukan memperbaiki *slaps head dua kali*

Ternyata kemampuan menulisnya juga tidak atau belum baik, melihat dari hasil tulisannya sendiri di ex menteri kesehatan. Sekarang, apa hubungannya sama dia jadi pengurus? Evaluasi. Kemampuan evaluasinya ngga bagus. Sebagai pengurus, harus mampu mengevaluasi artikel lain secara netral. Jadi Mi *pat your back* bukannya tidak layak jadi pengurus, tapi belum layak, menurut saya. Mungkin jadi pengguna yang baik dulu, dan mulai memerangi vandal lebih baik. Karena semenjak borgx tidak ada, kita kekurangan pengurus yang memerangi vandalisme di setiap artikel perubahan terbaru. Serenity (bicara) 06:16, 1 Mei 2010 (UTC)

Itulah asyiknya seorang Mimi hitam yang punya standar sendiri. Standarnya cukup dinamis juga. ESCa :-)/ 08:13, 1 Mei 2010 (UTC)
Sesi tanya jawab halaman ini berada di /STJ. ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 08:58, 1 Mei 2010 (UTC)

Pemungutan suara

Saat ini pemungutan suara tengah berlangsung. Silakan cantumkan Setuju atau Tidak Setuju atau Abstain di bawah ini.

  1. Setuju Aldo samulo (bicara) 05:35, 30 April 2010 (UTC)
  1. Setuju Relly Komaruzaman Bicara 14:49, 30 April 2010 (UTC)
  2. Setuju   Αλαγος |   15:02, 30 April 2010 (UTC)
  3. Setuju •• Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 15:24, 30 April 2010 (UTC)
  4. Setuju --BlackKnight(kirim pesan) 15:41, 30 April 2010 (UTC)
  5. Setuju Mi, kenapa baru sekarang jadi pengurus? NoiX180 (bicara) 15:53, 30 April 2010 (UTC)
  6. Setuju Albertus Aditya (bicara) 16:22, 30 April 2010 (UTC)
  7. Setuju Setuju βέννγλιν 16:46, 30 April 2010 (UTC)
  8. Setuju Tanpa pertanyaan. •• ivanlanin 17:07, 30 April 2010 (UTC)
  9. Setuju ESCa :-)/ 22:18, 30 April 2010 (UTC)
  10. Setuju --  -iNu-  ►  22:39, 30 April 2010 (UTC)
  11. Setuju - satu alasan saya dari dulu yang tidak pernah berubah sampai saat ini, Regenerasi. Satu pesan saya, bijaklah jika terpilih menjadi pengurus. Pengurus bukanlah sarana buat gengsi-gengsian tapi posisi yang harus mengemban tanggung jawab yang tidak mudah. Sukses!!! --Andri.h (bicara) 03:44, 1 Mei 2010 (UTC)
  12. Setuju setujex ma bunk Andri.h . Nenk Serenity btl ea ? tpi krank stu ma umr ah blum tentuk yg muda g biza, liad Iwan Novirion ru 1 blan dh kmana2 namanya (btl ea ¿)  MasrudinNgomong Saat ini Hari, Rabu 24 April, 00:38 WIT 06:24, 1 Mei 2010 (UTC)
  13. ¡¡¡Setuju!!! Setuju sekalee, Mimihitam ? Siapa yang ga kenal Mimihitam...?   Eh, namaku disebut-sebut ya ?  Ę-oиė  >>>  ™ 06:39, 1 Mei 2010 (UTC)
  14. Setuju, ternyata Mimi Hitam udah ada artkelnya.. Kia 80 06:52, 1 Mei 2010 (UTC)
  15. Setuju, memberi kesempatan pada yang muda. Tapi memang yang senior harus memantau. Meursault2004ngobrol 07:34, 1 Mei 2010 (UTC)
  16. Setuju, perlu menambah pengurus dan untuk regenerasi agar WBI tetap terjaga. Maqi (bicara) 09:57, 1 Mei 2010 (UTC)
  17. Setuju, Willy2000 12:56, 1 Mei 2010 (UTC)
  18. Setuju yah, agak2 gak nyambung sih pertanyaan ama jawabannya (yg no.1.1) tapi memang pada dasarnya setuju sih ya, cape juga kebanyakan tanya jawab :p Nobody's perfect and everybody can be changed, grown up. And as my age on Indonesian wikipedia, I have no objection to vote Mimihitam as an opsis. Don't forget to keep all your words when the time is coming ;) Rhekaレーカ 09:28, 2 Mei 2010 (UTC)
  19. Setuju Fadhil (bicara) 15:08, 2 Mei 2010 (UTC)

Tidak setuju

  1. Tidak setuju Masih terlalu muda, emosi belum stabil, masih belum mampu menilai suatu artikel secara instan harus dihapus atau tidak. Kalau mau dibandingkan dengan pengguna seusianya, made malah lebih stabil dan tidak mudah "terpancing". Sebagai ahli pancing yang halaman penggunanya pernah di vandal oleh mimihitam, sampai harus minta pengurus global untuk mengunci. Saya pikir bukan ide bagus untuk menambah jajaran pengurus dengan yang terlalu muda. Serenity (bicara) 05:59, 1 Mei 2010 (UTC)
  2. Tidak setuju Saya juga mengamini ketidaksetujuan dari Serenity. Selain itu, dia kurang bijak dan (cenderung) keras kepala. Ezagren 請談談 07:33, 1 Mei 2010 (UTC)
  3. Tidak setuju Aldo samulo (bicara) 07:37, 1 Mei 2010 (UTC)

Abstain

  1. Abstain Amelia samulo (bicara) 07:41, 1 Mei 2010 (UTC)