Hachiko: A Dog's Story: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Midori (bicara | kontrib)
baru
 
Midori (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 21: Baris 21:
}}
}}


'''''Hachiko: A Dog's Story''''' adalah [[film drama]] [[Sinema Amerika Serikat|Amerika Serikat]] produksi tahun [[2009]] yang ceritanya diambil dari kisah nyata anjing jenis [[Akita Inu]] bernama [[Hachikō]]. Film ini merupakan pembuatan ulang dari [[film Jepang]] ''[[Hachikō Monogatari]]'' produksi tahun 1987. [[Lasse Hallström]] kali ini bertindak sebagai sutradara untuk film yang dibintangi [[Richard Gere]], [[Joan Allen]], dan [[Sarah Roemer]].
'''''Hachiko: A Dog's Story''''' adalah [[film drama]] [[Sinema Amerika Serikat|Amerika Serikat]] produksi tahun [[2009]] yang ceritanya diambil dari kisah nyata anjing jenis [[Akita Inu]] bernama [[Hachikō]]. Film ini merupakan pembuatan ulang dari [[film Jepang]] ''[[Hachikō Monogatari]]'' produksi tahun 1987. [[Lasse Hallström]] bertindak sebagai sutradara untuk film yang dibintangi [[Richard Gere]], [[Joan Allen]], dan [[Sarah Roemer]].


Di Amerika Serikat, film ini pertama kali diputar di [[Festival Film Internasional Seattle]] pada 13 Juni 2009. Pemutaran perdana di luar negeri dilakukan di Jepang pada 8 Agustus 2009, sementara peredaran di bioskop Amerika Serikat tidak jadi dilakukan. [[Sony Pictures Entertainment]] memutuskan untuk langsung merilis film ini sebagai DVD di Amerika Serikat pada 9 Maret 2010.<ref name=releaseinfo>{{cite web |title=Release dates for Hachiko: A Dog's Story |url=http://www.imdb.com/title/tt1028532/releaseinfo |date= |work= |publisher=IMDb |accessdate=2010-04-13}}</ref> Sejak pertengahan 2009 hingga 2010, film ini telah dirilis di lebih dari 20 negara dan teritori.<ref name=releaseinfo /> Pemutaran di bioskop Britania Raya dimulai pada 12 Maret 2010.<ref>{{cite web |title=Hachi: A Dog's Tale |url=http://www.odeon.co.uk/fanatic/film_info/m12647/Hachi:_A_Dog's_Tale |date= |work= |publisher=Odeon |accessdate=2010-04-13}}</ref> Hingga April 2010, Box Office Mojo memperhitungkan pendapatan kotor film ini telah mencapai lebih dari AS$41 juta.<ref>{{cite web |title=Hachiko:
Di Amerika Serikat, pemutaran perdana film ini dilakukan di [[Festival Film Internasional Seattle]], 13 Juni 2009. Pemutaran perdana di luar Amerika Serikat dilakukan di Jepang pada 8 Agustus 2009. Peredaran di bioskop-bioskop Amerika Serikat tidak jadi dilakukan. Film ini langsung dirilis sebagai DVD oleh [[Sony Pictures Entertainment]] pada 9 Maret 2010.<ref name=releaseinfo>{{cite web |title=Release dates for Hachiko: A Dog's Story |url=http://www.imdb.com/title/tt1028532/releaseinfo |date= |work= |publisher=IMDb |accessdate=2010-04-13}}</ref> Sejak pertengahan 2009 hingga 2010, film ini telah dirilis di lebih dari 20 negara dan teritori.<ref name=releaseinfo /> Pemutaran di bioskop Britania Raya dimulai pada 12 Maret 2010.<ref>{{cite web |title=Hachi: A Dog's Tale |url=http://www.odeon.co.uk/fanatic/film_info/m12647/Hachi:_A_Dog's_Tale |date= |work= |publisher=Odeon |accessdate=2010-04-13}}</ref> Hingga April 2010, Box Office Mojo memperhitungkan pendapatan kotor film ini telah mencapai lebih dari AS$41 juta.<ref>{{cite web |title=Hachiko:
A Dog's Story |url=http://boxofficemojo.com/movies/intl/?page=&wk=2010W8&id=_fMADEINDANMARK01 |date= |work= |publisher= |accessdate=2010-04-13}}</ref>
A Dog's Story |url=http://boxofficemojo.com/movies/intl/?page=&wk=2010W8&id=_fMADEINDANMARK01 |date= |work= |publisher= |accessdate=2010-04-13}}</ref>



Revisi per 13 April 2010 13.11

Hachiko: A Dog's Story
Berkas:Hachi poster.jpg
Poster bioskop di Jepang
SutradaraLasse Hallström
ProduserRichard Gere
Bill Johnson
Vicki Shigekuni Wong
Ditulis olehStephen P. Lindsey
PemeranRichard Gere
Joan Allen
Sarah Roemer
Erick Avari
and Jason Alexander
Penata musikJan A. P. Kaczmarek
PenyuntingKristina Boden
Perusahaan
produksi
Hachiko,LLC
Grand Army Entertainment,LLC
Opperman Viner Chrystyn Entertainment
Scion Films
DistributorAmerika Serikat:
Stage 6 Films
Japan:
Inferno Production
Tanggal rilis
Durasi104 menit.
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
AnggaranAS$16 juta[1]

Hachiko: A Dog's Story adalah film drama Amerika Serikat produksi tahun 2009 yang ceritanya diambil dari kisah nyata anjing jenis Akita Inu bernama Hachikō. Film ini merupakan pembuatan ulang dari film Jepang Hachikō Monogatari produksi tahun 1987. Lasse Hallström bertindak sebagai sutradara untuk film yang dibintangi Richard Gere, Joan Allen, dan Sarah Roemer.

Di Amerika Serikat, pemutaran perdana film ini dilakukan di Festival Film Internasional Seattle, 13 Juni 2009. Pemutaran perdana di luar Amerika Serikat dilakukan di Jepang pada 8 Agustus 2009. Peredaran di bioskop-bioskop Amerika Serikat tidak jadi dilakukan. Film ini langsung dirilis sebagai DVD oleh Sony Pictures Entertainment pada 9 Maret 2010.[2] Sejak pertengahan 2009 hingga 2010, film ini telah dirilis di lebih dari 20 negara dan teritori.[2] Pemutaran di bioskop Britania Raya dimulai pada 12 Maret 2010.[3] Hingga April 2010, Box Office Mojo memperhitungkan pendapatan kotor film ini telah mencapai lebih dari AS$41 juta.[4]

Plot

Templat:Spoiler Film diangkat dari kisah nyata seekor anjing di Jepang. Di dalam sebuah kelas, murid-murid sedang memberikan presentasi mengenai pahlawan mereka. Seorang anak laki-laki bernama Ronnie menceritakan tentang anjing kakeknya yang bernama Hachiko. Bertahun-tahun lampau, anak anjing Akita tiba dari Jepang di Amerika Serikat. Kandang anjing tersebut terjatuh dari gerbong barang di stasiun kereta api. Anak anjing itu kemudian ditemukan oleh dosen bernama Parker Wilson (Richard Gere). Parker langsung menyukainya, dan ketika penjaga stasiun bernama Carl menolak untuk mengurusnya, anak anjing itu sementara dibawanya pulang. Cate (Joan Allen) istri Parker berkeberatan suaminya memelihara anak anjing.

Hari berikutnya, Parker berharap pemilik anak anjing itu telah menghubungi stasiun kereta api, namun pemilik sebenarnya tidak muncul. Parker secara diam-diam mengajak anak anjing itu naik kereta api yang membawanya ke kantor. Di kantor, Parker diberi tahu oleh rekan bernama Ken yang orang Jepang bahwa tanda di kalung anak anjing itu dibaca Hachiko yang berarti nasib baik dalam bahasa Jepang. Parker memutuskan untuk memberi nama anak anjing tersebut Hachi. Ken berkata bahwa sudah nasib bagi Parker dan Hachi untuk saling bertemu. Cate menerima telepon dari seseorang yang ingin memungut Hachi, namun ia akhirnya setuju memelihara Hachi setelah suaminya makin dekat dengan Hachi.

Beberapa waktu berlalu, Hachi telah menjadi anjing setia Parker. Meskipun demikian, Parker masih heran mengapa Hachi menolak untuk melakukan kebiasaan normal seekor anjing seperti mengejar dan mengambil bola. Ken memberi tahu bahwa Hachi hanya akan mau mengambil bola untuk alasan yang istimewa. Pada suatu pagi, Parker berangkat kerja. Hachi menyelinap ke luar, dan mengikutinya hingga ke stasiun kereta api. Hachi menolak pulang sendiri hingga Parker harus mengantarkannya pulang ke rumah. Sore itu, Hachi kembali pergi ke luar ke stasiun kereta api, dan menunggu hingga kereta api yang dinaiki Parker tiba. Akhirnya Parker menyerah, dan membiarkan Hachi mengantarnya ke stasiun setiap pagi. Hachi pulang sendiri ke rumah setelah kereta api tuannya berangkat, tapi kembali lagi ke stasiun pada sore hari untuk menjemput. Kebiasaan Hachi mengantar dan menjemput berlangsung beberapa lama hingga pada suatu siang, Hachi menolak untuk mengantar Parker yang ingin berangkat mengajar. Ia akhirnya berangkat sendirian, namun Hachi mengejarnya sambil membawa bola. Walaupun terkejut, Parker senang Hachi akhirnya mau diajak bermain bola. Parker yang tidak ingin terlambat mengajar, akhirnya berangkat juga walaupun Hachi terus menggonggong. Siang itu, Parker yang sedang mengajar sambil memegang bola kepunyaan Hachi, terjatuh sebelum akhirnya meninggal dunia.

Di stasiun, Hachi dengan sabar menunggu kedatangan kereta api, namun tak ada tanda-tanda tuannya pulang. Dia menunggu, dan menunggu hingga Michael menantu Parker membawanya pulang. Keesokan harinya, Hachi kembali ke stasiun dan menunggu tuannya. Ia menunggu sepanjang hari dan sepanjang malam. Cate menjual rumah mereka, dan Hachi diberikan untuk dipelihara oleh Andy anak perempuannya yang tinggal bersama suami bernama Michael dan bayi mereka Ronnie. Namun tak lama kemudian Hachi kabur dan akhirnya menemukan jalan pulang ke rumah tempat tinggal mereka dulu, dan lalu kembali menunggu tuannya yang tidak kunjung pulang di stasiun. Hachi selalu duduk di tempat biasanya, makan hot dog pemberian Jas, penjualan makanan di stasiun. Andy yang mencari Hachi tiba di stasiun dan mengajaknya pulang, namun membiarkannya keluar keesokan harinya untuk pergi ke stasiun.

Hachi mulai tidur di gerbong kereta yang rusak, berjaga menunggu tuannya sewaktu siang, dan hidup dari makanan dan air yang diberikan oleh Jas dan seorang tukang daging. Pada satu hari, laki-laki bernama Teddy yang ternyata wartawan surat kabar ingin tahu soal Hachi. Ia bertanya apakah dirinya dibolehkan menulis cerita tentang Hachi. Setelah itu, orang-orang mulai mengirimi Carl uang dengan pesan agar uang tersebut dibelikan makanan untuk Hachi. Artikel yang ditulis Carl dibaca Ken sahabat Parker yang menawarkan untuk membayari biaya hidup anjing itu. Ken sadar walaupun pemilik Hachi sudah setahun meninggal dunia, Hachi masih ingin dan merasa harus menunggu tuannya pulang, serta berharap tuannya masih hidup.

Tahun demi tahun berlalu, dan Hachi masih tetap menunggu di stasiun. Cate bertemu dengan Ken ketika mengunjungi makam Parker, dan berkata walaupun sudah sepuluh tahun, dirinya masih merasa kehilangan Parker. Setiba Cate di stasiun, ia terkejut melihat Hachi yang sudah tua, kotor, dan lemah, namun masih terus setia menunggu majikannya. Ketika kembali ke rumah, Cate bercerita kepada Ronnie yang sekarang sudah berusia 10 tahun tentang cerita Hachi. Malam itu, Hachi menunggu di tempat ia biasa menunggu, tempatnya berbaring dan jatuh terlelap, bermimpi bertemu Parker.

Ronnie selesai menyampaikan laporannya tentang Hachi di hadapan teman-teman sekelas. Kesetiaan Hachi menunggu Parker, kakek Ronnie, menjadikan Hachi sebagai pahlawan untuk selama-lamanya di mata Ronnie. Sore itu, Ronnie berjalan-jalan bersama seekor anak anjing Akita di tempat kakeknya pernah berjalan-jalan bersama Hachi.

Hachiko yang sebenarnya dilahirkan di Odate, Prefektur Akita, Jepang pada tahun 1923. Ketika pemiliknya, dosen di Universitas Tokyo bernama Dr. Eisaburo Ueno, meninggal dunia pada bulan Mei 1925, keesokan harinya Hachi kembali ke Stasiun Shibuya, dan begitu selanjutnya selama sembilan tahun berikutnya, Hachi terus menunggu kepulangan tuannya. Hachiko mati pada bulan Maret 1935. Kini, sebuah patung perunggu Hachiko ada di tempatnya menunggu di luar Stasiun Shibuya, Tokyo. Templat:Endspoiler

Pemeran

Produksi

Film ini mengambil latar belakang di Amerika Serikat zaman modern, dan bukan di Jepang pada zaman Showa seperti kisah aslinya.

Pengambilan gambar sebagian besar dilakukan di Bristol dan Woonsocket, Rhode Island. Lokasi lainnya termasuk Universitas Rhode Island di Kingston, Providence dan Worcester Railroad Mechanical, dan Columbus Theater di Providence, Rhode Island.[6] Unit produksi kedua melakukan pengambilan gambar beberapa adegan di Jepang.

Referensi

  1. ^ Gregg, Katherine. "Film folks eat well on state's tab". projo.com. Diakses tanggal 2010-04-13. 
  2. ^ a b "Release dates for Hachiko: A Dog's Story". IMDb. Diakses tanggal 2010-04-13. 
  3. ^ "Hachi: A Dog's Tale". Odeon. Diakses tanggal 2010-04-13. 
  4. ^ "Hachiko: A Dog's Story". Diakses tanggal 2010-04-13.  line feed character di |title= pada posisi 9 (bantuan)
  5. ^ a b Michael Fleming (2007-12-10). "Joan Allen fetches a 'Dog's' tale". Variety. Diakses tanggal 2008-07-24. 
  6. ^ "Filming locations for Hachiko: A Dog's Story". IMDb. Diakses tanggal 2010-04-13.  line feed character di |title= pada posisi 22 (bantuan)

Pranala luar