Layanan pesan multimedia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
←Membatalkan revisi 3014734 oleh 124.195.65.18 (Bicara)
Baris 1: Baris 1:
'''Multimedia Messaging Service''' (MMS) adalah sebuah standar layanan pesan telepon yang memungkinkan untuk mengirim pesan yang mengandung objek multimedia, seperti gambar, audio, video, dan rich text. Layanan ini berbeda dengan [[SMS]] (Short Messaging Service) yang hanya dapat mengirim pesan teks saja. MMS digunakan bersama-sama dalam sebuah jaringan selular dengan sistem perpesanan lainnya, seperti SMS, Mobile Instant Messaging, dan Mobile [[E-mail]]. Standarisasi MMS dilakukan oleh [[3GPP]] (3rd Genera
'''Multimedia Messaging Service''' (MMS) adalah sebuah standar layanan pesan telepon yang memungkinkan untuk mengirim pesan yang mengandung objek multimedia, seperti gambar, audio, video, dan rich text. Layanan ini berbeda dengan [[SMS]] (Short Messaging Service) yang hanya dapat mengirim pesan teks saja. MMS digunakan bersama-sama dalam sebuah jaringan selular dengan sistem perpesanan lainnya, seperti SMS, Mobile Instant Messaging, dan Mobile [[E-mail]]. Standarisasi MMS dilakukan oleh [[3GPP]] (3rd Generation Partnership Project), [[3GPP2]], dan [[OMA]] (Open Mobile Alliance).

== Aplikasi ==
Telepon selular ([[Handphone]]) yang telah memiliki fitur MMS memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengirim pesan dengan satu atau beberapa konten multimedia. Konten ini dapat berupa text, gambar, audio, dan video. Tipe konten ini harus memnuhi standar MMS. Sebagai contoh, suatu tipe handphone dapat mengirim sebuah video [[MPEG-4]] dalam format [[AVI]], tapi tipe telepon yang menerima pesan tersebut tidak dapat memainkan konten tersebut. Untuk menghindari hal ini, semua handphone harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh OMA.

== Sejarah ==
MMS pertama kali dikembangkan oleh 3GPP, organisasi yang bekerja untuk pembuatan standarisasi jaringan [[UMTS]]/[[GSM]]. Sejak itu, MMS dipakai di seluruh penjuru dunia dan digunakan antar jaringan GSM/GPRS dan [[CDMA]].
MMS kemudian juga telah mengalami standarisasi oleh 3GPP2, sebuah organisasi yang berfokus untuk pembuatan spesifikasi dari jaringan [[CDMA2000]].
Seperti halnya kebanyakan standar 3GPP lainnya, standar MMS memiliki 3 stage/tahapan :

* Tahapan 1 - Requirements / Persyaratan (3GPP TS 22.140)
* Tahapan 2 - System Functions / Fungsi Sistem (3GPP TS 23.140)
* Tahapan 3 - Technical Realizations / Realisasi Teknik


Baik 3GPP dan 3GPP2 telah menyerahkan pengembangan dari tahapan 3 (Technical Realizations) ke OMA, sebuah organisasi yang berfokus dalam spesifikasi jaringan nirkabel.

Selain itu, asosiasi GSM juga telah membuat dokumen panduan interkoneksi MMS (MMS Interworking Guidelines} IR.52 yang dipergunakan sebagai standar inter-koneksi antar operator GSM.

== Vendor MMSC ==
* [[Symsoft]]
* [[Openwave]]
* [[Ericsson]]
* [[Nokia Siemens Networks]]
* [[Motorola]]
* [[LG]]

== Open Source ==
* [http://www.mbuni.org Mbuni Open Source MMS Gateway]

== Protokol ==

* [[EAIF]]
* [[MM1]]
* [[MM2]]
* [[MM3]]
* [[MM4]]
* [[MM5]]
* [[MM6]]
* [[MM7]]
* [[MM8]]
* [[MM9]]
* [[MM10]]
* [[MM11]]

<!--
'''MMS''' atau '''Multimedia Messaging Service''' adalah jasa layanan pesan yang memfasilitasi para pengguna telepon selular untuk melalukan pertukaran pesan multimedia. MMS dapat dikatakan sebagai bentuk evolusi dari [[SMS]] atau Short Messaging Service, dimana pada layanan pesan tersebut terdapat transmisi jenis media tambahan yang meliputi teks, [[image]], [[audio]], [[animasi]], [[videoklip]] atau kombinasi antar media-media tersebut.

== Format pada MMS ==
Adapun format-format yang dapat disimpan melalui MMS yaitu:
* Text (dengan format fonts, warna, dan lain-lain)
* Image (format [[JPEG]], [[PNG]], [[WBMP]])
* Audio (format [[WAV]], [[AMR]])
* Video (format [[MPEG]])

Data-data yang digunakan tidak dapat lebih dari 30Kbyte dan untuk image digunakan dari dimensi kecil sampai dimensi besar namun ukurannya masih harus dibawah ukuran display 320x208 pixel.

== Mekanisme Pengiriman MMS ==

[[MMS distandarisasi]] [[WAP]] forum dan [[3GPP]] serta pesan MMS dapat dikirim dan diterima antara ''person to person'' dan ''person to email''. Mekanisme pengiriman MMS ''person to person'' yaitu pada tahap pertama, pihak originator melakukan send kepada receiver melalui [[MMSC]] dengan menggunakan WAP Post, dan pesan tersimpan dalam MMSC. Kemudian pada tahap kedua, MMSC memberitahukan atau memberikan notifikasi kepada receiver melalui SMS dengan WAP Push. Tahap ketiga, setelah receiver menerima notifikasi, untuk mengambil pesan MMS, receiver melakukan inisialisasi hubungan WAP Get untuk mengambil MMS yang ada didalam MMSC. Dan tahap terakhir, setelah semua proses tersebut berjalan maka ''report'' via SMS dikirim ke originator.

== Struktur Pesan MMS ==

Struktur pesan MMS sesuai dengan format yang biasa digunakan dalam sistem internet. pada MMS, setiap pesan terdiri dari bagian [[message envelope]] dan [[message content]]. Message envelope memiliki field-field yang diperlukan untuk proses penyampaian dan interpretasi isi pesan. Jika isi pesan terdiri dari [[non-textual]] seperti image, audio, dan video dalam pesan multimedia, maka format isi pesan tersebut berupa [[multipart message]] berdasarkan Multipurpose Internet Mail Extensions atau [[MIME]]. Sebuah pesan MMS dapat dibentuk seperti ''slide show presentation'', yaitu pesan MMS terdiri dari beberapa media tertentu yang memiliki durasi, layout dan bagaimana ditampilkannya.

== Pranala luar ==

[http://searchmobilecomputing.techtarget.com/sDefinition/0,,sid40_gci943702,00.html]
[http://www.3gpp.org]
[http://www.mobile-phones-uk.org.uk/mms.htm]
-->
[[Kategori:Telekomunikasi]]
[[Kategori:Telepon genggam]]

[[ar:خدمة رسائل الوسائط المتعددة]]
[[be-x-old:Паслуга мультымэдыйнага паведамленьня]]
[[ca:MMS]]
[[cs:MMS]]
[[da:MMS]]
[[de:Multimedia Messaging Service]]
[[en:Multimedia Messaging Service]]
[[es:Sistema de mensajería multimedia]]
[[fa:خدمات پیام چندرسانه‌ای]]
[[fi:Multimediaviesti]]
[[fr:Multimedia messaging service]]
[[glk:MMS]]
[[he:Multimedia Messaging Service]]
[[hr:MMS]]
[[hu:MMS]]
[[it:Multimedia Messaging Service]]
[[ja:マルチメディアメッセージングサービス]]
[[kn:ಬಹುಮಾಧ್ಯಮ ಸಂದೇಶ ಸೇವೆ]]
[[ko:멀티미디어 메시지 서비스]]
[[lb:Multimedia Messaging Service]]
[[lmo:MMS]]
[[lt:MMS]]
[[nl:Multimedia Messaging Service]]
[[no:Multimedia Messaging Service]]
[[pl:Multimedia Messaging Service]]
[[pt:Serviço de mensagens multimídia]]
[[ru:MMS]]
[[sk:Multimedia Messaging Service]]
[[sl:Multimedijski sporočilni sistem]]
[[sr:MMS]]
[[sv:Multimedia Messaging Service]]
[[ta:மல்டிமீடியா செய்திச் சேவை (MMS)]]
[[th:Multimedia Messaging Service]]
[[tr:Multimedya mesaj]]
[[uk:Послуга мультимедійних повідомлень]]
[[vi:Dịch vụ nhắn tin đa phương tiện]]
[[zh:多媒體短訊]]

Revisi per 24 Maret 2010 09.34

Multimedia Messaging Service (MMS) adalah sebuah standar layanan pesan telepon yang memungkinkan untuk mengirim pesan yang mengandung objek multimedia, seperti gambar, audio, video, dan rich text. Layanan ini berbeda dengan SMS (Short Messaging Service) yang hanya dapat mengirim pesan teks saja. MMS digunakan bersama-sama dalam sebuah jaringan selular dengan sistem perpesanan lainnya, seperti SMS, Mobile Instant Messaging, dan Mobile E-mail. Standarisasi MMS dilakukan oleh 3GPP (3rd Generation Partnership Project), 3GPP2, dan OMA (Open Mobile Alliance).

Aplikasi

Telepon selular (Handphone) yang telah memiliki fitur MMS memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengirim pesan dengan satu atau beberapa konten multimedia. Konten ini dapat berupa text, gambar, audio, dan video. Tipe konten ini harus memnuhi standar MMS. Sebagai contoh, suatu tipe handphone dapat mengirim sebuah video MPEG-4 dalam format AVI, tapi tipe telepon yang menerima pesan tersebut tidak dapat memainkan konten tersebut. Untuk menghindari hal ini, semua handphone harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh OMA.

Sejarah

MMS pertama kali dikembangkan oleh 3GPP, organisasi yang bekerja untuk pembuatan standarisasi jaringan UMTS/GSM. Sejak itu, MMS dipakai di seluruh penjuru dunia dan digunakan antar jaringan GSM/GPRS dan CDMA. MMS kemudian juga telah mengalami standarisasi oleh 3GPP2, sebuah organisasi yang berfokus untuk pembuatan spesifikasi dari jaringan CDMA2000. Seperti halnya kebanyakan standar 3GPP lainnya, standar MMS memiliki 3 stage/tahapan :

  • Tahapan 1 - Requirements / Persyaratan (3GPP TS 22.140)
  • Tahapan 2 - System Functions / Fungsi Sistem (3GPP TS 23.140)
  • Tahapan 3 - Technical Realizations / Realisasi Teknik


Baik 3GPP dan 3GPP2 telah menyerahkan pengembangan dari tahapan 3 (Technical Realizations) ke OMA, sebuah organisasi yang berfokus dalam spesifikasi jaringan nirkabel.

Selain itu, asosiasi GSM juga telah membuat dokumen panduan interkoneksi MMS (MMS Interworking Guidelines} IR.52 yang dipergunakan sebagai standar inter-koneksi antar operator GSM.

Vendor MMSC

Open Source

Protokol