SCADA: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Sandijatmika (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
{{rapikan}}
[[Berkas:Scada std anim.gif|right|frame|Animasi SCADA yang tipikal
[[Berkas:Scada std anim.gif|right|frame|Animasi SCADA yang tipikal
<ref>[http://www.integraxor.com/en/screens.htm?sl=wk&lang=id Animasi SCADA yang tipikal]</ref>]]
<ref>[http://www.integraxor.com/en/screens.htm?sl=wk&lang=id Animasi SCADA yang tipikal]</ref>]]

'''SCADA''' (kependekan dari ''Supervisory Control And Data Acquisition'') adalah [[sistem kendali]] [[industri]] berbasis [[komputer]] yang dipakai untuk pengontrolan suatu proses, seperti:
'''SCADA''' (kependekan dari ''Supervisory Control And Data Acquisition'') adalah [[sistem kendali]] [[industri]] berbasis [[komputer]] yang dipakai untuk pengontrolan suatu proses, seperti:
* proses industri: manufaktur, pabrik, produksi, generator tenaga listrik.
* proses industri: manufaktur, pabrik, produksi, generator tenaga listrik.
Baris 31: Baris 31:
# Modbus
# Modbus
# Proprietary solution, misalnya KIM LIPI, HNZ, INDACTIC, PROFIBUS dan lain-lain
# Proprietary solution, misalnya KIM LIPI, HNZ, INDACTIC, PROFIBUS dan lain-lain

<B>SCADA PLN</B>

Perkembangan teknologi sering diidentikkan dengan penciptaan perbagai produk elektronik yang kian hari kian canggih. Alat-alat canggih ini dipastikan membutuhkan listrik untuk dapat memberi kemudahan pada para penggunanya. Tak banyak yang tahu perkembangan teknologi juga terjadi pada sistem penyaluran energi listrik ke rumah pelanggan dan siap dimanfaatkan.

Salah satu dari teknologi tersebut adalah SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition). Dulu bila terjadi gangguan listrik, lokasi akurat gangguan baru diketahui dari informasi pelanggan yang mengalami gangguan. Kini tidak lagi. Teknologi SCADA membuat pemulihan gangguan dapat dilakukan lebih baik dan lebih cepat.

Begitu terjadi gangguan, otomatis sistem SCADA akan memberi sinyal, sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengetahui posisi gangguan, dengan cepat daerah yang mengalami gangguan dapat dilokalisir dan dipulihkan segera. Kenapa bisa begitu? Sebab operasi pembukaan dan pemasukan peralatan pemutus listrik dilakukan dari jarak jauh (master station) dan dilakukan secara real time.

Dalam operasional distribusi listrik, problem utama yang muncul adalah bagaimana mengatasi gangguan dengan cepat. Dengan adanya teknologi SCADA yang sudah dimanfaatkan oleh PLN Jawa Tengah dan DIY, hal itu kini bukan masalah lagi. SCADA membuat gangguan dapat dengan cepat dipulihkan.

<B>Tentang SCADA</B>

SCADA merupakan alat bantu supervisi dan monitor sistem jaringan agar bekerja sesuai pola operasi yang diharapkan. Boleh dikata SCADA adalah sistem pengendalian alat secara jarak jauh, dengan kemampuan memantau data-data dari alat yang dikendalikan. Jadi secara kontinu kondisi kelistrikan dapat dipantau. SCADA merupakan bidang yang secara kontinyu selalu dikembangkan di seluruh bagian dunia pada berbagai tipe industri.

Kalau masih bingung, kira-kira fungsinya bisa diibaratkan seperti remote control televisi di rumah Anda. Dengan remote, mau mematikan atau menghidupkan televisi dari jarak 10 meter pun tak masalah serta dapat dilakukan seketika. Begitupun kurang lebih prinsip kerja SCADA. Langsung menangani gangguan listrik dari jarak jauh.

Untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY, saat ini SCADA baru ada di Semarang. Namun nantinya juga akan dikembangkan di kota-kota besar lain di Jateng DIY. Sebab, keberadaan SCADA akan semakin penting untuk mempercepat pemulihan gangguan. Semua itu tentu demi Anda semua pelanggan PLN tercinta.

Di samping itu, adanya SCADA juga mempermudah kami melakukan evaluasi. Baik evaluasi mengenai pelayanan kami, maupun untuk menganalisa losses (hilangnya energi listrik). Dengan begitu kami bisa berbenah untuk meningkatkan kinerja agar lebih optimal.

Perlu diketahui, dalam distribusi listrik ada yang disebut losses. Yaitu energi listrik yang hilang saat pendistribusiannya. Jadi misalkan 100 kWH listrik yang diproduksi di pembangkit, maka dalam perjalanan menuju rumah Anda, jumlah kWH-nya tidak sebesar itu lagi. Penyebabnya bisa faktor teknis (seperti kabel yang menyentuh pohon) maupun non-teknis (seperti pencurian listrik). Makin besar losses, maka itu makin merugikan kita semua. PLN rugi karena tidak mampu menutup biaya produksi, pelanggan pun rugi karena bisa jadi tegangan listrik tak stabil atau bahkan terjadi pemadaman.

Berbagai Manfaat
Diharapkan nantinya, dengan beroperasinya sistem SCADA akan dapat mempercepat proses kembali normalnya kondisi jaringan saat gangguan. Sehingga petugas lapangan yang biasa bertugas untuk operasi pada jaringan tegangan menengah (JTM), perannya dapat digantikan SCADA. Dan petugas tersebut dapat lebih berkonsentrasi pada pemulihan gangguan di jaringan tegangan rendah (JTR).

Selain itu, pencatatan jenis gangguan, lama gangguan secara otomatis melalui komputer akan meningkatkan kualitas analisa dan pelaporan (reporting management). Dan pada akhirnya akan mempermudah evaluasi demi peningkatan layanan.

{{stub}}
{{stub}}


== Rujukan ==
== Rujukan ==
{{Reflist}}
{{Reflist}}
SCADA, Alat Otomatis Pemulih Gangguan, http://www.plnjateng.co.id/?p=160


[[Kategori:Otomasi]]
[[Kategori:Otomasi]]

Revisi per 1 Maret 2010 04.52

Berkas:Scada std anim.gif
Animasi SCADA yang tipikal [1]

SCADA (kependekan dari Supervisory Control And Data Acquisition) adalah sistem kendali industri berbasis komputer yang dipakai untuk pengontrolan suatu proses, seperti:

  • proses industri: manufaktur, pabrik, produksi, generator tenaga listrik.
  • proses infrastruktur: penjernihan air minum dan distribusinya, pengolahan limbah, pipa gas dan minyak, distribusi tenaga listrik, sistem komunikasi yang kompleks, sistem peringatan dini dan sirine
  • proses fasilitas: gedung, bandara, pelabuhan, stasiun ruang angkasa.

Beberapa contoh lain dari sistem SCADA ini banyak dijumpai di lapangan produksi minyak dan gas (Upstream), Jaringan Listrik Tegangan Tinggi dan Tegangan Menengah (Power Transmission and Distribution) dan beberapa aplikasi yang dipakai untuk memonitor dan mengontrol areal produksi yang cukup luas.

Suatu sistem SCADA biasanya terdiri dari:

  • antarmuka manusia mesin (Human-Machine Interface)
  • unit terminal jarak jauh yang menghubungkan beberapa sensor pengukuran dalam proses-proses di atas
  • sistem pengawasan berbasis komputer untuk pengumpul data
  • infrastruktur komunikasi yang menghuhungkan unit terminal jarak jauh dengan sistem pengawasan, dan
  • PLC atau Programmable Logic Controller

Yang dimaksud dengan Supervisory Control atau Master Terminal Unit (MTU) adalah kendali yang dilakukan diatas kendali lokal atau Remote Terminal Unit (RTU), sebagai ilustrasi, pada suatu ladang minyak dan gas (Oil and Gas Field) ada beberapa sumur minyak (Oil Well) yang berproduksi. Hasil minyak mentah (Crude Oil) dari masing-masing sumur produksi tersebut dikumpulkan di stasium pengumpul atau Gathering Station (GS) di mana proses lanjutan terhadap minyak mentah yang terkumpul tersebut dilakukan. Biasanya pada masing-masing sumur minyak produksi terpasang suatu sistem (RTU) yang memonitor dan mengontrol beberapa kondisi dari sumur minyak produksi tersebut. Kendali lokal dilakukan pada masing-masing production well dan supervisory control yang berada di stasiun pengumpul, melakukan control dan monitoring kepada semua production well yang ada di bawah supervisi. Jika salah satu production well mengalami gangguan, dan stasiun pengumpul tetap harus memberikan dengan production rate tertentu, maka supervisory control akan melakukan koordinasi pada production well lainnya agar jumlah produksi bisa tetap dipertahankan.

Pada umumnya jarak antara RTU dengan MTU cukup jauh sehingga diperlukan media komunikasi antara keduanya. Cara yang paling umum dipakai adalah Komunikasi Radio (Radio Communication) dan Komunikasi Serat Optik (Optical Fiber Communication).

Pada sistem tenaga listrik, media komunikasi yang dipergunakan adalah Power Line Communication, Radio Data, Serat optik dan kabel pilot. Pemilihan media komunikasi sangat bergantung kepada jarak antar site, media yang telah ada dan penting tidaknya suatu titik ( gardu ).

Pengaturan sistem tenaga listrik yang komplek, sangat bergantung kepada SCADA. Tanpa adanya sistem SCADA, sistem tenaga listrik dapat diibaratkan seperti seorang pilot membawa kendaraan tanpa adanya alat instrumen dihadapannya. Pengaturan sistem tenaga listrik dapat dilakukan secara manual ataupun otomatis. Pada pengaturan secara manual, operator mengatur pembebanan pembangkit dengan melihat status peralalatan listrik yang mungkin dioperasikan misalnya Circuit Breaker ( CB ), beban suatu pembangkit, beban trafo, beban suatu transmisi atau kabel dan mengubah pembebanan sesuai dengan frekuensi sitem tenaga listrik. Pengaturan secara otomatis dilakukan dengan aplikasi Automatic Generating Control ( AGC ) atau Load Frequency Control ( LFC ) yang mengatur pembebanan pembangkit berdasar setting yang dihitung terhadap simpangan frekuensi.

Salah satu hal yang penting pada sistem SCADA adalah komunikasi data antara sistem remote ( remote station / RTU ) dengan pusat kendali. Komunikasi pada sistem SCADA mempergunakan protokol khusus, walaupun ada juga protokol umum yang dipergunakan. Protokol yang dipergunakan pada sistem SCADA untuk sistem tenaga listrik diantaranya :

  1. IEC Standar meliputi IEC 60870-5-101 yang berbasis serial komunikasi dan IEC 60870-5-104 yang berbasis komunikasi ethernet.
  2. DNP 3.0
  3. Modbus
  4. Proprietary solution, misalnya KIM LIPI, HNZ, INDACTIC, PROFIBUS dan lain-lain

SCADA PLN

Perkembangan teknologi sering diidentikkan dengan penciptaan perbagai produk elektronik yang kian hari kian canggih. Alat-alat canggih ini dipastikan membutuhkan listrik untuk dapat memberi kemudahan pada para penggunanya. Tak banyak yang tahu perkembangan teknologi juga terjadi pada sistem penyaluran energi listrik ke rumah pelanggan dan siap dimanfaatkan.

Salah satu dari teknologi tersebut adalah SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition). Dulu bila terjadi gangguan listrik, lokasi akurat gangguan baru diketahui dari informasi pelanggan yang mengalami gangguan. Kini tidak lagi. Teknologi SCADA membuat pemulihan gangguan dapat dilakukan lebih baik dan lebih cepat.

Begitu terjadi gangguan, otomatis sistem SCADA akan memberi sinyal, sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengetahui posisi gangguan, dengan cepat daerah yang mengalami gangguan dapat dilokalisir dan dipulihkan segera. Kenapa bisa begitu? Sebab operasi pembukaan dan pemasukan peralatan pemutus listrik dilakukan dari jarak jauh (master station) dan dilakukan secara real time.

Dalam operasional distribusi listrik, problem utama yang muncul adalah bagaimana mengatasi gangguan dengan cepat. Dengan adanya teknologi SCADA yang sudah dimanfaatkan oleh PLN Jawa Tengah dan DIY, hal itu kini bukan masalah lagi. SCADA membuat gangguan dapat dengan cepat dipulihkan.

Tentang SCADA

SCADA merupakan alat bantu supervisi dan monitor sistem jaringan agar bekerja sesuai pola operasi yang diharapkan. Boleh dikata SCADA adalah sistem pengendalian alat secara jarak jauh, dengan kemampuan memantau data-data dari alat yang dikendalikan. Jadi secara kontinu kondisi kelistrikan dapat dipantau. SCADA merupakan bidang yang secara kontinyu selalu dikembangkan di seluruh bagian dunia pada berbagai tipe industri.

Kalau masih bingung, kira-kira fungsinya bisa diibaratkan seperti remote control televisi di rumah Anda. Dengan remote, mau mematikan atau menghidupkan televisi dari jarak 10 meter pun tak masalah serta dapat dilakukan seketika. Begitupun kurang lebih prinsip kerja SCADA. Langsung menangani gangguan listrik dari jarak jauh.

Untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY, saat ini SCADA baru ada di Semarang. Namun nantinya juga akan dikembangkan di kota-kota besar lain di Jateng DIY. Sebab, keberadaan SCADA akan semakin penting untuk mempercepat pemulihan gangguan. Semua itu tentu demi Anda semua pelanggan PLN tercinta.

Di samping itu, adanya SCADA juga mempermudah kami melakukan evaluasi. Baik evaluasi mengenai pelayanan kami, maupun untuk menganalisa losses (hilangnya energi listrik). Dengan begitu kami bisa berbenah untuk meningkatkan kinerja agar lebih optimal.

Perlu diketahui, dalam distribusi listrik ada yang disebut losses. Yaitu energi listrik yang hilang saat pendistribusiannya. Jadi misalkan 100 kWH listrik yang diproduksi di pembangkit, maka dalam perjalanan menuju rumah Anda, jumlah kWH-nya tidak sebesar itu lagi. Penyebabnya bisa faktor teknis (seperti kabel yang menyentuh pohon) maupun non-teknis (seperti pencurian listrik). Makin besar losses, maka itu makin merugikan kita semua. PLN rugi karena tidak mampu menutup biaya produksi, pelanggan pun rugi karena bisa jadi tegangan listrik tak stabil atau bahkan terjadi pemadaman.

Berbagai Manfaat Diharapkan nantinya, dengan beroperasinya sistem SCADA akan dapat mempercepat proses kembali normalnya kondisi jaringan saat gangguan. Sehingga petugas lapangan yang biasa bertugas untuk operasi pada jaringan tegangan menengah (JTM), perannya dapat digantikan SCADA. Dan petugas tersebut dapat lebih berkonsentrasi pada pemulihan gangguan di jaringan tegangan rendah (JTR).

Selain itu, pencatatan jenis gangguan, lama gangguan secara otomatis melalui komputer akan meningkatkan kualitas analisa dan pelaporan (reporting management). Dan pada akhirnya akan mempermudah evaluasi demi peningkatan layanan.

Rujukan

SCADA, Alat Otomatis Pemulih Gangguan, http://www.plnjateng.co.id/?p=160