Al-Amin: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
VolkovBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: tr:Emin (Abbasi)
VolkovBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: he:אל-אמין
Baris 25: Baris 25:
[[es:Al-Amin]]
[[es:Al-Amin]]
[[fr:Muhammad ibn Harun al-Amin]]
[[fr:Muhammad ibn Harun al-Amin]]
[[he:אל-אמין]]
[[hu:Al-Amín kalifa]]
[[hu:Al-Amín kalifa]]
[[it:Al-Amin]]
[[it:Al-Amin]]

Revisi per 21 Februari 2010 14.05

Muhammad bin Harun al-Amin (Arab محمد الأمين بن هارون الرشيد) (787813) adalah seorang khalifah dari Bani Abbasiyah. Ia menggantikan ayahnya Harun ar-Rasyid pada 809 dan berkuasa sampai ia terbunuh pada 813.

Harun ar-Rasyid telah memutuskan pergantian kekuasaan putranya selama haji ke Makkah. Al-Amin, akan menerima jabatan khalifah dan al-Ma'mun akan menjadi gubernur Khurasan di Persia Timur. Pada kematian al-Amin, menurut keputusan Harun, al-Mamun akan menjadi khalifah.

Segera setelah Harun meninggal pada 809 dan al-Amin dibai’at sebagai khalifah, al-Amin mengumumkan bahwa putranya akan mewarisi dari al-Ma'mun, menyebabkan perang saudara keempat. Lebih lanjut permusuhan di antara para saudara digelorakan oleh para ibu mereka masing-masing.

Al-Ma'mun, yang ibunya orang Persia, menerima dukungan terutama dari Persia, dan sebagai gubernur, pusat militer Khurasan. Memainkan dirinya sebagai juara kebebasan orang Persia, dataran tinggi Iran bersatu di belakangnya. Jenderalnya yang terpercaya, Tahir bin Husain (m. 822) memimpin pasukannya ke Irak.

Al-Amin memohon ibunya Zubaidah, menengahi pergantian kekuasaan dan memperjuangkan maksudnya sebagaimana yang telah dilakukan Aisyah 2 abad sebelumnya. Zubaida menolak untuk melakukannya, dan al-Amin mengundurkan diri. Pada 813, Tahir mengambil Baghdad, dan al-Amin dipenggal.

Didahului oleh:
Harun Ar-Rasyid
Khalifah Bani Abbasiyah
(809813)
Diteruskan oleh:
Al-Ma'mun