Ratatouille: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Kenrick95Bot (bicara | kontrib)
k Bot: perubahan kosmetika !
Xqbot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: ar:راتاتويل
Baris 12: Baris 12:
[[Kategori:Masakan Perancis]]
[[Kategori:Masakan Perancis]]


[[ar:راتاتويل]]
[[bg:Рататуй]]
[[bg:Рататуй]]
[[bn:রাতাতুই]]
[[bn:রাতাতুই]]

Revisi per 20 Februari 2010 21.09

Ratatouille

Ratatouille (dari bahasa Perancis dilafazkan sebagai /ʁataˈtuj/) adalah sebuah makanan Perancis provençal yang berasal dari daerah Nice. Dalam bahasa Perancis oleh karena itu makanan ini umum disebut sebagai ratatouille niçoise. Makanan ini adalah semacam semur yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti Perancis.

Versi Perancis

Kata ratatouille berasal dari touiller yang artinya adalah "melempar makanan". Ratatouille berasal dari daerah Nice dan sekitarnya. Makanan ini aslinya adalah makanan para petani miskin yang dimasak pada musim panas dengan sayuran musim panas. Ratatouille yang asli tidak memuat terong (yang bukan sayuran musim panas seperi sayuran lainnya). Isinya adalah courgette atau zucchini (semacam ketimun), tomat, cabai merah dan hijau, bawang dan bawang putih. Seringkali ratatouille yang dikenal sekarang menambahkan terong.

Ratatouille Perancis dihidangkan begini saja atau dengan nasi, kentang atau roti. Biasanya dihidangkan sebagai makanan makan siang dengan roti. Biasanya juga disertai dengan masakan kentang sebagai pelengkap. Biasanya hanya dihidangkan sebagai makanan samping saja. Semua isi makanan ini ditumis memakai minyak zaitun.