Burung perandai: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Borgxbot (bicara | kontrib)
k Robot: Cosmetic changes
Bhaskara (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
''Wader'', atau disebut dengan 'shorebird' di [[Amerika Utara]], adalah anggota ordo [[Charadriiformes]], di mana sekelompok burung laut seperti [[skua]] (Stercorariidae), [[gull]] (Laridae), [[tern]] (Sternidae), [[skimmer]] (Rhynchopidae), [[auk]] (Alcidae), [[pratincole]] (Glareolidae), dan [[crab plover]] (Dromadidae) terdapat di dalamnya. Terdapat 210 spesies, kebanyakan akrab dengan [[tanah basah]] dan lingkungan [[pantai]]. Banyak spesies [[arktik]] dan iklim sedang adalah [[migratori]], namun burung [[tropis]] menetap atau hanya berpindah untuk merespon [[musim hujan]]. [[Little Stint]] adalah migratori arktik terjauh, mereka menghabiskan musim non-kawin di [[belahan bumi selatan]].
{{periksaterjemahan|date=2010}}''Wader'', atau disebut dengan 'shorebird' di [[Amerika Utara]], adalah anggota ordo [[Charadriiformes]], di mana sekelompok burung laut seperti [[skua]] (Stercorariidae), [[gull]] (Laridae), [[tern]] (Sternidae), [[skimmer]] (Rhynchopidae), [[auk]] (Alcidae), [[pratincole]] (Glareolidae), dan [[crab plover]] (Dromadidae) terdapat di dalamnya. Terdapat 210 spesies, kebanyakan akrab dengan [[tanah basah]] dan lingkungan [[pantai]]. Banyak spesies [[arktik]] dan iklim sedang adalah [[migratori]], namun burung [[tropis]] menetap atau hanya berpindah untuk merespon [[musim hujan]]. [[Little Stint]] adalah migratori arktik terjauh, mereka menghabiskan musim non-kawin di [[belahan bumi selatan]].


Mayoritas memakan [[invertebrata]] kecil yang diambil dari [[lumpur]] atau [[tanah terbuka]]. Perbedaan panjang paruh memungkinkan spesies yang berbeda mencari makan di habitat yang sama tanpa terjadinya kompetisi memperebutkan makanan. Banyak spesies sensitif terhadap sentuhan di paruhnya sehingga memudahkan pencarian mangsa di dalam lumpur. Beberapa spesies yang beradaptasi pada habitat yang kering akan mencari mangsa yang lebih besar termasuk [[serangga]] dan [[reptil]] kecil.
Mayoritas memakan [[invertebrata]] kecil yang diambil dari [[lumpur]] atau [[tanah terbuka]]. Perbedaan panjang paruh memungkinkan spesies yang berbeda mencari makan di habitat yang sama tanpa terjadinya kompetisi memperebutkan makanan. Banyak spesies sensitif terhadap sentuhan di paruhnya sehingga memudahkan pencarian mangsa di dalam lumpur. Beberapa spesies yang beradaptasi pada habitat yang kering akan mencari mangsa yang lebih besar termasuk [[serangga]] dan [[reptil]] kecil.

Revisi per 7 Januari 2010 03.43

Wader, atau disebut dengan 'shorebird' di Amerika Utara, adalah anggota ordo Charadriiformes, di mana sekelompok burung laut seperti skua (Stercorariidae), gull (Laridae), tern (Sternidae), skimmer (Rhynchopidae), auk (Alcidae), pratincole (Glareolidae), dan crab plover (Dromadidae) terdapat di dalamnya. Terdapat 210 spesies, kebanyakan akrab dengan tanah basah dan lingkungan pantai. Banyak spesies arktik dan iklim sedang adalah migratori, namun burung tropis menetap atau hanya berpindah untuk merespon musim hujan. Little Stint adalah migratori arktik terjauh, mereka menghabiskan musim non-kawin di belahan bumi selatan.

Mayoritas memakan invertebrata kecil yang diambil dari lumpur atau tanah terbuka. Perbedaan panjang paruh memungkinkan spesies yang berbeda mencari makan di habitat yang sama tanpa terjadinya kompetisi memperebutkan makanan. Banyak spesies sensitif terhadap sentuhan di paruhnya sehingga memudahkan pencarian mangsa di dalam lumpur. Beberapa spesies yang beradaptasi pada habitat yang kering akan mencari mangsa yang lebih besar termasuk serangga dan reptil kecil.

Anggota terkecil dari kelompok ini adalah Sandpiper Terkecil, ukuran spesies dewasa hanya sekitar 13 cm dengan massa 15,5 gram. Spesies terbesar adalah Curlew Timur Jauh, sekitar 63 cm dengan massa 860 gram. Namun Beach Thick-knee dapat mencapai massa 1 kg.

Berdasarkan studi terkini (Ericson et al., 2003; Paton et al., 2003; Thomas et al., 2004a, b; van Tuinen et al., 2004; Paton & Baker, 2006) wader dibagi menjadi beberapa bagian:

  • Subordo Scolopaci
    • Famili Scolopacidae: snipe, sandpiper, phalarope, and sebagainya

Referensi

  • Ericson, P. G. P.; Envall, I.; Irestedt, M. & Norman, J. A. (2003): Inter-familial relationships of the shorebirds (Aves: Charadriiformes) based on nuclear DNA sequence data.
  • Paton, Tara A. & Baker, Allan J. (2006): Sequences from 14 mitochondrial genes provide a well-supported phylogeny of the Charadriiform birds congruent with the nuclear RAG-1 tree. Molecular Phylogenetics and Evolution
  • Paton, T. A.; Baker, A. J.; Groth, J. G. & Barrowclough, G. F. (2003): RAG-1 sequences resolve phylogenetic relationships within charadriiform birds. Molecular Phylogenetics and Evolution
  • Thomas, Gavin H.; Wills, Matthew A. & Székely, Tamás (2004a): Phylogeny of shorebirds, gulls, and alcids (Aves: Charadrii) from the cytochrome-b gene: parsimony, Bayesian inference, minimum evolution, and quartet puzzling. Molecular Phylogenetics and Evolution
  • Thomas, Gavin H.; Wills, Matthew A. & Székely, Tamás (2004b): A supertree approach to shorebird phylogeny.
  • van Tuinen, Marcel; Waterhouse, David & Dyke, Gareth J. (2004): Avian molecular systematics on the rebound: a fresh look at modern shorebird phylogenetic relationships. Journal of Avian Biology.