XPS Annotator: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Wq-man (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Wq-man (bicara | kontrib)
Baris 21: Baris 21:


==Fitur==
==Fitur==
Installer dari XPS Annotator sangatlah kecil, kurang dari 550 kB. Pada versi-versi awal, installernya menggunakan [[Windows Installer]], dan sejak versi 1.20 sampai sekarang (versi 1.21) menggunakan [[Inno Setup]] untuk membuat installernya. File .exe yang dihasilkan oleh Inno Setup kemudian dikompres kedalam format ZIP, ada dua buah macam file yang terdapat didalam installer dari XPS Annotator, yaitu readme.html dan file installer yang berbentuk file .exe.
Installer dari XPS Annotator sangatlah kecil, kurang dari 550 [[kB]]. Pada versi-versi awal, installernya menggunakan [[Windows Installer]], dan sejak versi 1.20 sampai sekarang (versi 1.21) menggunakan [[Inno Setup]] untuk membuat installernya. File .exe yang dihasilkan oleh Inno Setup kemudian dikompres kedalam format ZIP, ada dua buah macam file yang terdapat didalam installer dari XPS Annotator, yaitu readme.html dan file installer yang berbentuk file .exe.


===Menganotasi XPS===
===Menganotasi XPS===

Revisi per 29 Desember 2009 03.48

XPS Annotator
Berkas:XPS Annotator screenshot.jpg
XPS Annotator versi 1.21
Tipeperangkat lunak
Versi pertama12 Maret 2009
GenreDokumen Managemen, XPS Viewer
LisensiFreeware (bebas digunakan untuk tujuan pribadi, pendidikan, pekerjaan dan bisnis)
Bahasa
Daftar bahasa
Karakteristik teknis
Bahasa pemrogramanC#
Informasi tambahan
Situs webxpsdev.com
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

XPS Annotator adalah dokumen manajemen software untuk Microsoft yang mangijinkan pengguna untuk melihat (membaca, membuka), menganotasi, mengkonversi, menandatangani digital dan mencetak sebuah XPS dokumen. Lisensi dari XPS Annotator adalah freeware (bebas digunakan untuk tujuan pribadi, pendidikan, pekerjaan dan bisnis). Software pertama kali dirilis pada 12 Maret 2009 (versi 1.0).

Program dibuat oleh Danang Probo Sayekti[1] asal Indonesia, tinggal di Magelang. XPS Annotator hanya bisa berjalan di Windows XP dengan Service pack 2 dan Windows Server 2003 dengan Service pack 1 atau Service pack terbaru (contoh: Service pack 3) dan sistem operasi terbaru dari Microsoft (contoh: Windows Vista, Windows 2008, Windows 7).

XPS Annotator ditulis menggunakan bahasa pemrograman C# dan XAML, menggunakan Microsoft Visual Studio Express yang menyebabkan ketergantungan terhadap Microsoft .NET Framework. XPS Annotator merupakan XPS Viewer yang berdiri sendiri, tidak dihosting oleh Internet Explorer.

Fitur

Installer dari XPS Annotator sangatlah kecil, kurang dari 550 kB. Pada versi-versi awal, installernya menggunakan Windows Installer, dan sejak versi 1.20 sampai sekarang (versi 1.21) menggunakan Inno Setup untuk membuat installernya. File .exe yang dihasilkan oleh Inno Setup kemudian dikompres kedalam format ZIP, ada dua buah macam file yang terdapat didalam installer dari XPS Annotator, yaitu readme.html dan file installer yang berbentuk file .exe.

Menganotasi XPS

XPS Annotator mempunyai kemampuan untuk menambahkan anotasi ke dalam XPS dokumen. Layaknya PDF dokumen, XPS dokumen juga mendukung fitur anotasi[2], akan tetapi fitur anotasi yang ada di XPS dokumen masih terbatas. XPS anotasi itu sendiri dapat menyertakan bermacam-macam konten seperti ketikan teks, tulisan tangan, dan Web link.

Ada tiga opsi yang pengguna bisa tambahkan: highlight anotasi, anotasi teks, dan anotasi tinta.

  • Highlight anotasi: mengijinkan pengguna untuk mewarnai baris teks ataupun paragraph untuk menarik perhatian pembaca.
  • Anotasi teks dan anotasi tinta: dengan fitur ini pengguna dapat menambahkan catatan yang bisa berupa ketikan teks maupun tulisan tangan untuk informasi kepada pembaca.

Menandatangani digital

XPS dokumen juga mendukung tanda tangan digital. Pengguna dapat menandatangani atau mengenkripsi sebuah dokumen untuk keamanan, sertifikat keamanan yang didukung adalah X.509.

Mengkonversi XPS

Adanya konverter untuk mengkonversi XPS dokumen ke format gambar. Saat ini XPS Annotator mendukung konversi XPS dokumen ke beberapa format gambar populer seperti PNG, JPEG, GIF, BMP dan TIFF.

Fitur lain

  • Dapat menambahkan dokumen properti.
  • Dapat mencetak anotasi.
  • Mendukung operasi umum seperti save, zoom, print, copy dan paste.

Fitur yang hilang

  • Tidak bisa mengganti warna dari highlight anotasi.
  • Tidak bisa memilih ukuran dan kualitas gambar ketika mengkonversi XPS dokumen ke file gambar.

Keterbatasan

  • Tidak mendukung sistem operasi yang lebih tua dari Windows XP.
  • Perlu Microsoft .NET Framework 3.0 atau versi terbaru terinstall (contoh: .NET Framework 3.5).

Lihat pula

Pranala luar

Referensi