Morfofonologi: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
rintisan
 
k tambah contoh
Baris 1: Baris 1:
'''Morfofonologi''' atau '''morfonologi''' adalah cabang [[linguistik]] yang menelaah perubahan [[fonem]] akibat pertemuan atau hubungan [[morfem]] dengan morfem lainnya. Cabang ilmu ini juga disebut ''[[morfofonemik]]'' yang dapat bermakna subjek telaahnya, yaitu perubahan fonem akibat pertemuan atau hubungan morfem dengan morfem lainnya.
'''Morfofonologi''' atau '''morfonologi''' adalah cabang [[linguistik]] yang menelaah perubahan [[fonem]] akibat pertemuan atau hubungan [[morfem]] dengan morfem lainnya. Cabang ilmu ini juga disebut '''morfofonemik''' yang dapat bermakna subjek telaahnya, yaitu perubahan fonem akibat pertemuan atau hubungan morfem dengan morfem lainnya.

Dalam [[bahasa Indonesia]], contoh morfofonemik antara lain adalah perubahan bentuk [[prefiks]] ''meng-'', ''per-'', ''ber-'', dan ''ter-'' sesuai dengan fonem [[kata dasar]] yang dilekatinya. Misalnya perubahan ''meng-'' menjadi ''men-'' jika kata dasarnya dimulai dengan fonem /d/ atau /t/: ''meng-'' dan ''duga'' menjadi ''menduga'' dan bukan ''mengduga''.


{{linguistik-stub}}
{{linguistik-stub}}

Revisi per 28 November 2009 14.52

Morfofonologi atau morfonologi adalah cabang linguistik yang menelaah perubahan fonem akibat pertemuan atau hubungan morfem dengan morfem lainnya. Cabang ilmu ini juga disebut morfofonemik yang dapat bermakna subjek telaahnya, yaitu perubahan fonem akibat pertemuan atau hubungan morfem dengan morfem lainnya.

Dalam bahasa Indonesia, contoh morfofonemik antara lain adalah perubahan bentuk prefiks meng-, per-, ber-, dan ter- sesuai dengan fonem kata dasar yang dilekatinya. Misalnya perubahan meng- menjadi men- jika kata dasarnya dimulai dengan fonem /d/ atau /t/: meng- dan duga menjadi menduga dan bukan mengduga.