Aksesibilitas: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Coris (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
SieBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: ms:Ketersampaian
Baris 45: Baris 45:
[[ja:アクセシビリティ]]
[[ja:アクセシビリティ]]
[[ko:접근성]]
[[ko:접근성]]
[[ms:Ketersampaian]]
[[nl:Toegankelijkheid]]
[[nl:Toegankelijkheid]]
[[pl:Dostępność (projektowanie)]]
[[pl:Dostępność (projektowanie)]]

Revisi per 25 November 2009 06.23

Aksesibilitas adalah derajat kemudahan dicapai oleh orang, terhadap suatu objek, pelayanan ataupun lingkungan. Aksesibilitas juga difokuskan pada kemudahan bagi penderita cacat untuk menggunakan fasilitas seperti pengguna kursi roda harus bisa berjalan dengan mudah di trotoar ataupun naik keatas angkutan umum.

Penderita cacat

Penderita cacat baik yang menggunakan kursi roda ataupun yang buta harus bisa menggunakan semua fasilitas umum, seperti tulisan braile untuk menjelaskan fasilitas umum seperti di lift, stasiun, trotoar bagi pejalan kaki yang buta dengan menggunakan ubin dengan bentuk tertentu yang dapat dirasakan bila diinjak. demikian pula bagi pengguna kursi roda yang harus bisa berjalan di trotoar, naik dan turun ke angkutan umum dan memasuki kantor-kantor pelayanan umum tanpa dibantu.

Transportasi

Aksesibilitas menuju bus di kota Curitiba, Brasil

Didalam transportasi aksesibilitas adalah kemudahan mencapai suatu tujuan, sehingga alternatip rute menuju suatu tempat banyak sehingga dapat dicapai dengan gampang dari beberapa tujuan.

Ukuran yang biasa digunakan dalam analisis lalu lintas i adalah

Dimana:

  • = indeks zona asal
  • = indeks zona tujuan
  • = fungsi biaya perjalanan

Model aksesibilitas tersebut diatas bisa dibuat untuk pengguna kendaraan pribadi maupun pengguna kendaraan umum. Secara lebih mudah akssesibilitas bisa dihitung atas dasar panjang jalan per kilometer persegi, semakin panjang berarti semakin tinggi aksesibilitasnya.

Lihat pula