Varietas: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Ptbotgourou (bicara | kontrib)
k bot Menambah: sk:Odroda
Xqbot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: ar:ضرب (نبات)
Baris 21: Baris 21:
[[Kategori:Pertanian]]
[[Kategori:Pertanian]]


[[ar:ضرب (نبات)]]
[[ca:Varietat biològica]]
[[ca:Varietat biològica]]
[[cs:Varieta (biologie)]]
[[cs:Varieta (biologie)]]

Revisi per 31 Oktober 2009 20.22

Istilah varietas memiliki dua arti. Arti pertama adalah arti secara botani dan arti kedua adalah arti secara agronomi.

Varietas (arti botani)

Secara botani, varietas adalah suatu populasi tanaman dalam satu spesies yang menunjukkan ciri berbeda yang jelas. Penulisan namanya dicetak miring (atau digaris bawah jika tulisan tangan) dan didahului dengan singkatan "var." Contoh: Oryza sativa var. indica.

Dalam taksonomi tumbuhan, spesies merupakan unit terkecil dalam hierarki klasifikasi. Semua anggota spesies yang sama dapat secara alamiah saling kawin dan menghasilkan keturunan. Namun demikian, untuk sejumlah spesies tertentu terdapat variasi yang sangat jelas di dalamnya. Untuk itu dibuat sejumlah takson infraspesies (di bawah spesies). Aturan dan definisi mengenai taksonomi tumbuhan ditentukan dalam "Aturan Internasional bagi Tatanama Botani" (International Code of Botanical Nomenclature, ICBN)[1]. Pengertian varietas semacam ini dipakai oleh ahli taksonomi tumbuhan agar tidak terjadi ambiguitas dalam pengelompokan suatu populasi sejenis. Taksonomi hewan hanya mengenal subspesies sebagai takson di bawah spesies.

Varietas (arti agronomi)

Dalam pertanian, varietas adalah sinonim bagi kultivar, yang batasan dan penamaannya diatur dalam "Aturan Internasional bagi Tatanama Tanaman Budidaya" (International Code of Nomenclature for Cultivated Plants, ICNCP). Kultivar (Inggris cultivar, dari cultivated variety) merupakan pengelompokan dasar ("culton", dari cultivated plant taxon) bagi tanaman budidaya, dan diciptakan oleh L.H. Bailey pada tahun 1923. Kultivar diartikan sebagai sekelompok tanaman yang memiliki satu atau lebih ciri yang dapat dibedakan secara jelas, dan tetap mempertahankan ciri-ciri khas ini ini jika direproduksi (secara seksual maupun aseksual). Yang dapat disebut kultivar dengan demikian adalah populasi terseleksi, galur, klon, atau hibrida. Contoh penamaan: Oryza sativa 'Cisadane'.

Yang dimaksud dengan tanaman budidaya adalah tanaman yang dibudidayakan oleh manusia yang dapat dibedakan dengan jelas dari cikal-bakal liarnya atau, jika diambil langsung dari alam liar untuk dibudidayakan, layak untuk diberikan nama khusus yang berbeda dari populasi liar bagi kepentingan hortikultura (W.T. Stearn, 1986).

Lihat pula