Konjektur Goldbach: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Borgx (bicara | kontrib)
k ←Suntingan 202.70.55.162 (bicara) dikembalikan ke versi terakhir oleh TXiKiBoT
Baris 15: Baris 15:


== Sejarah ==
== Sejarah ==
Konjektur Goldbach pertama kali disebut oleh [[Christian Goldbach]] dalam suratnya kepada [[Euler]] pada tahun [[1742]]. Dalam suratnya, Goldbach melaporkan bahwa bilangan genap lebih dari atau sama dengan 4 bisa ditulis sebagai hasil penjumlahan dua buah bilangan prima, akan tetapi dia tidak berhasil membuktikan kebenaran daripada konjekturnya tersebut. Namun jika kita mencoba sebuah nomor misal 98. Jika kita kurangkan dengan 71 maka akan menghasilkan 27 sedangkan angka 27 bukan merupakan bilangan prima. Maka bagaimana hasilnya?
Konjektur Goldbach pertama kali disebut oleh [[Christian Goldbach]] dalam suratnya kepada [[Euler]] pada tahun [[1742]]. Dalam suratnya, Goldbach melaporkan bahwa bilangan genap lebih dari atau sama dengan 4 bisa ditulis sebagai hasil penjumlahan dua buah bilangan prima, akan tetapi dia tidak berhasil membuktikan kebenaran daripada konjekturnya tersebut.


{{matematika-stub}}
{{matematika-stub}}

Revisi per 7 Oktober 2009 04.42

Konjenktur Goldbach adalah salah satu persoalan yang belum terpecahkan dalam teori angka dan bahkan dalam matematika secara keseluruhan.

Konjektur Goldbach berbunyi:

Contoh:

  4 = 2 + 2
  6 = 3 + 3
  8 = 3 + 5
10 = 3 + 7 = 5 + 5
12 = 5 + 7
14 = 3 + 11 = 7 + 7
dst.

Sejarah

Konjektur Goldbach pertama kali disebut oleh Christian Goldbach dalam suratnya kepada Euler pada tahun 1742. Dalam suratnya, Goldbach melaporkan bahwa bilangan genap lebih dari atau sama dengan 4 bisa ditulis sebagai hasil penjumlahan dua buah bilangan prima, akan tetapi dia tidak berhasil membuktikan kebenaran daripada konjekturnya tersebut.