Afgan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Andri.h (bicara | kontrib)
+kat
Baris 119: Baris 119:
[[Kategori:Penyanyi Indonesia]]
[[Kategori:Penyanyi Indonesia]]
[[Kategori:Tokoh dari Jakarta]]
[[Kategori:Tokoh dari Jakarta]]
[[Kategori:Alumni SMA Negeri 34 Jakarta]]


[[en:Afgan Syah Reza]]
[[en:Afgan Syah Reza]]

Revisi per 10 September 2009 16.36

Afgan Syah Reza
Genrepop, soul, R&B, jazz
Pekerjaanpenyanyi
Tahun aktif2008 - sekarang
LabelSony BMGMusic Entertainment Indonesia
Situs webhttp://www.afgan-wannab.com/

Afgan Syah Reza (lahir 27 Mei 1989) adalah penyanyi Indonesia. Anak kedua dari empat bersaudara pasangan Lola Purnama dan Loyd Yahya ini merilis debut albumnya berjudul Confession No.1 di bulan Januari 2008. Album yang diisi dengan 13 lagu ini kental terasa dipengaruhi pop, soul, R&B, dan jazz dan mengandalkan lagu "Terima Kasih Cinta", "Klise", "Sadis", dan "Tanpa Batas Waktu". Penggarapan video klip untuk lagu "Terima Kasih Cinta" dengan pendukung Thalita Latief dikerjakan oleh sutradara Jose Purnomo. Album ini diproduksi oleh Wanna B Production dan didistribusikan di bawah label PT Sony-BMG dan penggarapannya dibantu sejumlah musisi ternama antara lain Fajar LMN, Harry Budiman (produser Tangga), Deddy Dhukun, dan Dian Pramana Putra, dan Bebi Romeo sebagai komposer.[1][2]

Afgan dibesarkan di tengah keluarga yang suka menikmati musik. Bahkan mantan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini sejak di bangku sekolah menengah sudah sering didaulat untuk menyanyi meskipun selalu ditampiknya karena malu. Karirnya diawali ketika bersama teman-temannya berkunjung ke WannaB Instant Recording Studio. Di studio ini mereka menyanyi dan merekamnya dalam CD untuk koleksi pribadi. Di luar dugaan ternyata Afgan terpantau oleh Produser WannaB yang langsung menawarinya rekaman. Awalnya ia sempat ragu tapi akhirnya menerima juga dan ia langsung masuk dapur rekaman. Ternyata album pertamanya diminati khalayak dan mampu menempati posisi tertinggi di tangga lagu hit radio dan televisi terkemuka Indonesia. Tahun 2009 Afgan mulai menjajal kemampuannya di dunia film. Namun karena masih ragu dengan kemampuan aktingnya dia hanya berani bermain sebagai dirinya sendiri (Cameo) dalam film layar lebar berjudul "Bukan Cinta Biasa" yang pemeran utamanya pendatang baru Olivia Lubis Jensen. Dalam film ini Afgan juga menyumbang lagu sebagai soundtrack dengan judul lagu yang sama dengan judul film tersebut.

Afgan pernah digosipkan pacaran dengan Thalita Latief, Tyas Mirasih, Eva Celia Latjuba dan juga Arumi Bachsin. Saat ini Afgan tengah dekat dengan artis pendatang baru, Olivia Lubis Jensen.

Pada ajang Anugerah Musik Indonesia 2009, Afgan berhasil meraih penghargaan sebagai Penyanyi Pria Solo Terbaik melalui lagu Terima Kasih Cinta.

Sukses di album perdana, Afgan akan segera merilis album keduanya. Album keduanya ini akan dirilis pada Agustus 2009. Sementara itu, Afgan juga terlibat dalam film Bukan Cinta Biasa. Di sini Afgan selain tampil di film mengisi sountrack dengan judul lagu sama dengan judul filmnya.

Single

Single Pencipta Tahun Produksi
Terimakasih Cinta Mario Kacang 2008 Sony BMGMusic Entertainment Indonesia
Sadis Bebi Romeo 2008 Sony BMGMusic Entertainment Indonesia
PadaMu Kubersujud Bebi Romeo 2008 Sony BMGMusic Entertainment Indonesia
Bukan Cinta Biasa Bebi Romeo 2009 Sony BMGMusic Entertainment Indonesia
Wajahmu Mengalihkan Duniaku Bemby Noor 2009 Sony BMGMusic Entertainment Indonesia

Prestasi

Tahun Grup Kategori Catatan
2008 MTV Indonesia Awards Most Favorite Male Artist
2008 MTV Indonesia Awards Best Artist of The Year
2008 Nickelodeon Kid's Choice Awards Most Favorite Male Singer
2009 AMI Awards Penyanyi Solo Pria Terbaik
2009 SCTV Music Awards Album Solo Terbaik
2009 Anugerah Planet Muzik Album Terbaik
2009 Anugerah Planet Muzik Artis Lelaki Terbaik
2009 Nickelodeon Kid's Choice Awards Penyanyi Pria Terfavorit
2009 Nickelodeon Kid's Choice Awards Wannabe Awards
2009 SCTV Awards Penyanyi Paling Ngetop

Filmografi

Iklan

Pranala luar

Referensi