Kapa: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Borgxbot (bicara | kontrib)
k Robot: Cosmetic changes
kappa
Baris 4: Baris 4:


{{bahasa-stub}}
{{bahasa-stub}}
Kappa adalah legenda yang sangat diyakini oleh sebagian besar masyarakat Jepang. Kappa dipercaya bertubuh anak-anak seusia 6-12 tahun dengan fisik hampir menyerupai kura-kura. Kappa tinggal lama di sungai dan indera penciumannya sangat tajam, apalagi jika tercium darah segar anak-anak.
Bagian yang paling kappa suka dari mangsanya ialah Hati. Kappa suka menculik anak-anak yang bermain didekat sungai, menenggelamkannya sampai ke dasar sungai, dan sewaktu-waktu tinggal memangsanya.
Konon jika manusia dapat menangkap dan memakan daging kappa maka manusia itu akan memiliki umur yang sangat panjang.


[[Kategori:Huruf Yunani]]
[[Kategori:Huruf Yunani]]
Baris 63: Baris 66:
[[zh:Κ]]
[[zh:Κ]]
[[zh-yue:Κ]]
[[zh-yue:Κ]]
—'''Teks ini akan dicetak tebal'''

Revisi per 28 Agustus 2009 11.33

Kapa
Alfabet Yunani
A Alfa N Nu
B Beta Ξ Ksi
Γ Gama O Omikron
Δ Delta Π Pi
E Epsilon R Ro
Z Zeta Σ Sigma
H Eta T Tau
Θ Teta Y Upsilon
I Iota Φ Fi
K Kapa X Khi
L Lambda Ψ Psi
M Mu Ω Omega
Huruf yang tidak dipakai lagi
F Digama San
Heta Syo
Huruf numerik
Stigma Sampi
Q Kopa

Diakritik Yunani

Kappa atau κάππα (huruf besar Κ; huruf kecil κ) adalah huruf kesepuluh dalam abjad Yunani. Huruf ini dalam bahasa Yunani Klasik melambangkan fonem /k/.

Kappa adalah legenda yang sangat diyakini oleh sebagian besar masyarakat Jepang. Kappa dipercaya bertubuh anak-anak seusia 6-12 tahun dengan fisik hampir menyerupai kura-kura. Kappa tinggal lama di sungai dan indera penciumannya sangat tajam, apalagi jika tercium darah segar anak-anak. Bagian yang paling kappa suka dari mangsanya ialah Hati. Kappa suka menculik anak-anak yang bermain didekat sungai, menenggelamkannya sampai ke dasar sungai, dan sewaktu-waktu tinggal memangsanya. Konon jika manusia dapat menangkap dan memakan daging kappa maka manusia itu akan memiliki umur yang sangat panjang. —Teks ini akan dicetak tebal