Betina (film): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
k infobox
Baris 30: Baris 30:
== Sinopis ==
== Sinopis ==
{{spoiler}}
{{spoiler}}
Betina ([[Kinaryosih]]) adalah seorang gadis pemerah [[susu]] di pangkalan susu milik Mamang Otig([[Otig Pakis]]). Ia seorang gadis berwajah cantik dan bertubuh molek. Tidak heran pria-pria di desanya (''Desa Antah-Berantah'') mengagumi, bahkan mencoba melakukan hal-hal yang tidak pantas padanya. Betina tinggal dengan ibunya ([[Tutie Kirana]]) yang telah menjadi agak sinting setelah ayah Betina ([[Zairin Zain]]) diciduk dari rumahnya. Ayah Betina adalah seorang [[tentara]] yang telah menuangkan pemikiran-pemikirannya dalam sebuah [[buku]] berjudul ''"NKRI Bukan Tuhan"'' yang dipandang sebagai tindakan [[subversif]]. Sepeninggal sang suami, ibu Betina tak pernah berhenti berharap lelakinya akan pulang ke rumah. Karenanya ia masih terus mencuci dan [[setrika|menyetrika]] [[seragam]] sang suami secara teratur dengan penuh kerinduan. Kepergian ayahnya yang tak kunjung kembali membuat Betina kehilangan figur lelaki. Hingga suatu hari, ia menemukan seorang lelaki yang dipikirnya ideal seperti ayahnya. Lelaki itu ([[Agastya Kandou]]) adalah seorang pemimpin prosesi [[pemakaman]]. Untuk melihat lelaki itu, Betina harus menunggu setiap kali di desanya terjadi [[kematian]]. Lelaki ini akan menuruni bukit dengan jubah putihnya yang aneh untuk menjemput para [[janda]] atau [[kerabat]] perempuan si mati.
Betina ([[Kinaryosih]]) adalah seorang gadis pemerah [[susu]] di pangkalan susu milik Mamang Otig ([[Otig Pakis]]). Betina adalah seorang gadis berwajah cantik dan bertubuh molek, tidak heran pria-pria di desanya (''Desa Antah-Berantah'') mengaguminya dan bahkan mencoba melakukan hal-hal yang tidak pantas padanya. Betina tinggal dengan ibunya ([[Tutie Kirana]]) yang telah menjadi agak sinting setelah ayah Betina ([[Zairin Zain]]) diciduk dari rumahnya. Ayah Betina adalah seorang [[tentara]] yang telah menuangkan pemikiran-pemikirannya dalam sebuah [[buku]] berjudul ''"NKRI Bukan Tuhan"'' yang dipandang sebagai tindakan [[subversif]]. Sepeninggal sang suami, ibu Betina tak pernah berhenti berharap lelakinya akan pulang ke rumah. Karenanya ia masih terus mencuci dan [[setrika|menyetrika]] [[seragam]] sang suami secara teratur dengan penuh kerinduan. Kepergian ayahnya yang tak kunjung kembali membuat Betina kehilangan figur lelaki. Hingga suatu hari, ia menemukan seorang lelaki yang dipikirnya ideal seperti ayahnya. Lelaki itu ([[Agastya Kandou]]) adalah seorang pemimpin prosesi [[pemakaman]]. Untuk melihat lelaki itu, Betina harus menunggu setiap kali di desanya terjadi [[kematian]]. Lelaki ini akan menuruni bukit dengan jubah putihnya yang aneh untuk menjemput para [[janda]] atau [[kerabat]] perempuan si mati.


Dikisahkan pada saat itu beberapa orang di desa tersebut tewas dibunuh. Antara lain Choky ([[Fahmi Alatas]]), bandar susu yang mencoba melecehkan Betina, dan Otig, pemilik peternakan [[sapi]] yang mencoba [[perkosaan|memerkosa]] Betina. Pada saat keduanya hendak dikuburkan di pemakaman bukit dengan nisan berbentuk [[segitiga]] dan dipimpin oleh lelaki idaman Betina, para istri mengantar jenazah sambil menumpang pedati yang diikuti sejumlah orang berbusana sarung dan karung, berkalung piring seng, dan bertopi serok sampah. Salah satu bagian prosesi ini adalah para janda dijemput si pemimpin pemakaman, dan setelah [[jenazah]] dikuburkan akan berhubungan [[Hubungan seksual|intim]] dengan si pemimpin pemakaman di kediamannya di tengah kuburan.
Dikisahkan pada saat itu beberapa orang di desa tersebut tewas dibunuh oleh sejenis [[racun]], antara lain Choky ([[Fahmi Alatas]]), bandar susu yang mencoba melecehkan Betina, dan Mamang Otig, pemilik peternakan [[sapi]] yang mencoba [[perkosaan|memerkosa]] Betina. Pada saat keduanya hendak dikuburkan di pemakaman bukit dengan nisan berbentuk [[segitiga]] dan dipimpin oleh lelaki idaman Betina, para istri mengantar jenazah sambil menumpang [[pedati]] yang diikuti sejumlah orang berbusana [[sarung]] dan [[karung]], berkalung piring [[seng]], dan bertopi [[serok sampah]]. Salah satu bagian prosesi ini adalah para [[janda]] dijemput si pemimpin pemakaman, dan setelah [[jenazah]] dikuburkan akan berhubungan [[Hubungan seksual|intim]] dengan si pemimpin pemakaman di kediamannya di tengah kuburan.


Kematian Luta ([[Subur Sukirman]]), lelaki penjaga sapi yang otaknya rada miring tapi tergila-gila pada pada kesemokan Betina, membuat ibu Betina sebagai kerabat menaiki [[pedati]] untuk mengantar Luta. Sehingga akhirnya, ibu Betina akan mendapatkan giliran berhubungan intim dengan si penjaga [[kuburan]]. Begitu mengetahuinya, Betina menjadi sangat marah dan cemburu. Di tengah perasaanya yang dibakar amarah, ia masih sangat mendambakan si pemimpin pemakaman sampai-sampai [[halusinasi|berhalusinasi]] tengah bercinta dengan lelaki tersebut. Hanya ada satu jalan buat Betina untuk mendapatkan kesempatan bercinta yang sebenarnya dengan lelaki itu, yaitu kematian ibunya.
Kematian Luta ([[Subur Sukirman]]), lelaki penjaga sapi yang otaknya rada miring tapi tergila-gila pada pada kesemokan Betina, membuat ibu Betina sebagai kerabat menaiki [[pedati]] untuk mengantar Luta. Sehingga akhirnya, ibu Betina akan mendapatkan giliran berhubungan intim dengan si penjaga [[kuburan]]. Begitu mengetahuinya, Betina menjadi sangat marah dan cemburu. Di tengah perasaanya yang dibakar amarah, ia masih sangat mendambakan si pemimpin pemakaman sampai-sampai [[halusinasi|berhalusinasi]] tengah bercinta dengan lelaki tersebut. Hanya ada satu jalan buat Betina untuk mendapatkan kesempatan bercinta yang sebenarnya dengan lelaki itu, yaitu kematian ibunya.


== Penghargaan ==
== Penghargaan ==

Revisi per 28 Juli 2009 20.14

Betina
Sampul DVD Betina oleh Cinekom
SutradaraLola Amaria
Produser9 Palm Pictures & TIT'S Film Workshop
Ditulis olehBE Raisuli
PemeranKinaryosih
Zairin Zain
Tutie Kirana
Otig Pakis
Subur Sukirman
Agastya Kandou
Penata musikSyaharani & Fahmi Alatas
DistributorCinekom
Tanggal rilis
16 Agustus 2006
Durasi70 menit
NegaraIndonesia

Betina adalah sebuah film drama independen Indonesia yang dirilis pada tahun 2006. Film perdana yang disutradarai oleh Lola Amaria ini dibintangi antara lain oleh Kinaryosih, Zairin Zain dan Tutie Kirana. Tagline film ini adalah "...dan aku merindukanmu dengan kematian orang lain" yang merupakan petikan puisi karya Afrizal Malna. Film ini diproduksi sejak tahun 2004 sebelum dirilis tanggal 16 Agustus 2006. Saat dirilis, film ini tidak diputar melalui bioskop-bioskop layaknya film panjang umumnya, namun hanya diputar di kampus-kampus dengan tajuk Roadshow on Campus.

Sinopis

Templat:Spoiler Betina (Kinaryosih) adalah seorang gadis pemerah susu di pangkalan susu milik Mamang Otig (Otig Pakis). Betina adalah seorang gadis berwajah cantik dan bertubuh molek, tidak heran pria-pria di desanya (Desa Antah-Berantah) mengaguminya dan bahkan mencoba melakukan hal-hal yang tidak pantas padanya. Betina tinggal dengan ibunya (Tutie Kirana) yang telah menjadi agak sinting setelah ayah Betina (Zairin Zain) diciduk dari rumahnya. Ayah Betina adalah seorang tentara yang telah menuangkan pemikiran-pemikirannya dalam sebuah buku berjudul "NKRI Bukan Tuhan" yang dipandang sebagai tindakan subversif. Sepeninggal sang suami, ibu Betina tak pernah berhenti berharap lelakinya akan pulang ke rumah. Karenanya ia masih terus mencuci dan menyetrika seragam sang suami secara teratur dengan penuh kerinduan. Kepergian ayahnya yang tak kunjung kembali membuat Betina kehilangan figur lelaki. Hingga suatu hari, ia menemukan seorang lelaki yang dipikirnya ideal seperti ayahnya. Lelaki itu (Agastya Kandou) adalah seorang pemimpin prosesi pemakaman. Untuk melihat lelaki itu, Betina harus menunggu setiap kali di desanya terjadi kematian. Lelaki ini akan menuruni bukit dengan jubah putihnya yang aneh untuk menjemput para janda atau kerabat perempuan si mati.

Dikisahkan pada saat itu beberapa orang di desa tersebut tewas dibunuh oleh sejenis racun, antara lain Choky (Fahmi Alatas), bandar susu yang mencoba melecehkan Betina, dan Mamang Otig, pemilik peternakan sapi yang mencoba memerkosa Betina. Pada saat keduanya hendak dikuburkan di pemakaman bukit dengan nisan berbentuk segitiga dan dipimpin oleh lelaki idaman Betina, para istri mengantar jenazah sambil menumpang pedati yang diikuti sejumlah orang berbusana sarung dan karung, berkalung piring seng, dan bertopi serok sampah. Salah satu bagian prosesi ini adalah para janda dijemput si pemimpin pemakaman, dan setelah jenazah dikuburkan akan berhubungan intim dengan si pemimpin pemakaman di kediamannya di tengah kuburan.

Kematian Luta (Subur Sukirman), lelaki penjaga sapi yang otaknya rada miring tapi tergila-gila pada pada kesemokan Betina, membuat ibu Betina sebagai kerabat menaiki pedati untuk mengantar Luta. Sehingga akhirnya, ibu Betina akan mendapatkan giliran berhubungan intim dengan si penjaga kuburan. Begitu mengetahuinya, Betina menjadi sangat marah dan cemburu. Di tengah perasaanya yang dibakar amarah, ia masih sangat mendambakan si pemimpin pemakaman sampai-sampai berhalusinasi tengah bercinta dengan lelaki tersebut. Hanya ada satu jalan buat Betina untuk mendapatkan kesempatan bercinta yang sebenarnya dengan lelaki itu, yaitu kematian ibunya.

Penghargaan

Anekdot

Pranala luar

Referensi

  1. ^ http://www.thejakartapost.com/news/2006/12/23/local-film-industry-undergoing-revival.html?1 (en) Industri Film Lokal Mengalami Pemulihan? (Diakses 29 Juli 2009)