Embrio: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
JAnDbot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: la:Embryo
Kembangraps (bicara | kontrib)
Baris 3: Baris 3:
'''Embrio''' ([[bahasa Yunani]]: ''έμβρυον'') adalah sebuah [[eukariota]] [[diploid]] [[multisel]] dalam tahap paling awal dari [[perkembangan biologi|perkembangan]].
'''Embrio''' ([[bahasa Yunani]]: ''έμβρυον'') adalah sebuah [[eukariota]] [[diploid]] [[multisel]] dalam tahap paling awal dari [[perkembangan biologi|perkembangan]].


Dalam organisme yang berkembang biak secara [[seks]]ual, ketika satu sel [[sperma]] membuahi [[ovum]], hasilnya adalah satu sel yang disebut [[zigot]] yang memiliki seluruh [[DNA]] dari kedua orang tuanya. Dalam tumbuhan, hewa, dan beberapa [[protista]], zigot akan mulai membelah oleh [[mitosis]] untuk menghasilkan organisme multisel. Hasil dari proses ini disebut embrio.
== Keterangan ==
Dalam organisme yang berkembang biak secara seksual, ketika sebuah [[sperma]] membuahi sebuah [[ovum]], hasilnya adalah sebuah sel yang disebut [[zygot]] yang memiliki seluruh [[DNA]] dari kedua orang tuanya. Dalam tumbuhan, hewa, dan beberapa [[protista]], zygot akan mulai membelah oleh [[mitosis]] untuk menghasilkan organisme multisel. Hasil dari proses ini disebut embrio.


Dalam hewan, perkembangan zygot menjadi embrio terjadi melalui tahapan yang dikenal sebagai [[blastula]], [[gastrula]], dan [[organogenesis]].
Dalam hewan, perkembangan zigot menjadi embrio terjadi melalui tahapan yang dikenal sebagai [[blastula]], [[gastrula]], dan [[organogenesis]].


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 28 Juli 2009 09.28

Embryos (and one tadpole) of the wrinkled frog (Rana rugosa).

Embrio (bahasa Yunani: έμβρυον) adalah sebuah eukariota diploid multisel dalam tahap paling awal dari perkembangan.

Dalam organisme yang berkembang biak secara seksual, ketika satu sel sperma membuahi ovum, hasilnya adalah satu sel yang disebut zigot yang memiliki seluruh DNA dari kedua orang tuanya. Dalam tumbuhan, hewa, dan beberapa protista, zigot akan mulai membelah oleh mitosis untuk menghasilkan organisme multisel. Hasil dari proses ini disebut embrio.

Dalam hewan, perkembangan zigot menjadi embrio terjadi melalui tahapan yang dikenal sebagai blastula, gastrula, dan organogenesis.

Lihat pula

Didahului oleh:
Zygot
Tahap perkembangan manusia
Embrio
Diteruskan oleh:
Fetus


Pranala luar