Impian di Tengah Musim: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
SieBot (bicara | kontrib)
SieBot (bicara | kontrib)
Baris 75: Baris 75:
[[lt:Vasarvidžio nakties sapnas]]
[[lt:Vasarvidžio nakties sapnas]]
[[mk:Сон на летната ноќ]]
[[mk:Сон на летната ноќ]]
[[nl:A Midsummer Night's Dream (toneelstuk)]]
[[nl:Een midzomernachtsdroom]]
[[nn:A Midsummer Night’s Dream]]
[[nn:A Midsummer Night’s Dream]]
[[no:En midtsommernattsdrøm]]
[[no:En midtsommernattsdrøm]]

Revisi per 17 Juli 2009 07.35

Sampul muka cetakan tahun 1600.

A Midsummer Night's Dream adalah sandiwara komedi karya William Shakespeare yang ditulis sekitar tahun 1590an. Terjemahan ke dalam bahasa Indonesia Impian di Tengah Musim dilakukan oleh Trisno Sumardjo.

Komedi ini berkisah tentang sepasang kekasih Hermia dan Lysander yang dilarang untuk menikah. Demetrius berusaha untuk mengejar Hermia, dan Helena tergila-gila dengan Demetrius. Bahkan raja dan ratu peri juga bertengkar. Lalu raja peri menggunakan ramuan cinta, dan pada akhirnya kisah ini berkutat tentang siapa yang jatuh cinta dengan siapa ..., atau apa.

Kisah Impian di Tengah Musim

Tokoh utama

Tokoh lain

Waktu dan tempat

Athena kuno, Yunani.

Sinopsis

Templat:Spoiler

Lukisan "Study for The Quarrel of Oberon and Titania" oleh Sir Joseph Noel Paton

Theseus dan Hippolyta sedang merencanakan pernikahan mereka. Ketika itu Egeus, ayah Hermia, datang kepada Theseus untuk melaporkan bahwa Lysander berpacaran dengan Hermia, sedangkan Egeus bermaksud untuk menjodohkan Hermia dengan Demetrius. Setelah Theseus memberi dua pilihan kepada Hermia, antara menikahi Demetrius atau hidup lajang, Hermia dan Lysander bermaksud untuk bersembunyi di hutan dan menikah di sana.

Mereka memberi tahu rencana mereka kepada Helena, teman Hermia yang bekas pacar Demetrius. Helena diam-diam membocorkan rahasia ini kepada Demetrius dengan tujuan agar Demetrius kembali jatuh cinta kepadanya.

Malam itu Lysander dan Hermia tiba di hutan dan tertidur. Demetrius dan Helena juga berada di hutan itu mencari Lysander dan Hermia. Demetrius merasa terganggu karena diikuti oleh Helena ke manapun ia pergi, dan mereka bertengkar. Pertengkaran ini didengar oleh Oberon, sang raja peri.

Sementara itu Oberon sedang bersitegang dengan Titania istrinya, karena Titania menculik seorang anak kecil dari Oberon. Oberon menyuruh Puck untuk mengambil sejenis bunga yang bila dioleskan ke mata seseorang yang sedang tidur akan membuat orang itu jatuh cinta pada mahluk pertama yang dilihatnya ketika bangun. Selain itu Oberon juga memerintahkan Puck untuk mencari Demetrius dan mengoles matanya dengan bunga itu agar jatuh cinta pada Helena.

Puck membuat kesalahan dan mengoleskan bunga itu ke mata Lysander. Ketika Lysander bangun, orang pertama yang ia lihat adalah Helena yang sedang tersesat di hutan. Lysander pun jatuh cinta pada Helena dan meninggalkan Hermia yang sedang tidur. Ketika Oberon melihat hal ini, ia memarahi Puck dan menyuruhnya untuk mencari Demetrius sekali lagi. Demetrius pun terkena pengaruh bunga itu dan jatuh cinta pada Helena.

Hermia yang ditinggalkan sendiri bangun dan mencari kekasihnya Lysander. Ketika menemukan Lysander, ia ditolak mentah-mentah karena Lysander sekarang jatuh cinta pada Helena. Helena merasa curiga karena tiba-tiba dirayu oleh dua orang laki-laki, dan mengira bahwa ini adalah permainan Lysander, Demetrius, dan Hermia untuk memperolok-oloknya.

Kembali di desa, beberapa pekerja ingin memeriahkan acara pernikahan Theseus dan berlatih drama untuk memainkan sandiwara Pyramus and Thisbe. Nick Bottom yang memainkan Pyramus dan teman-temannya pergi ke hutan untuk berlatih agar tidak diganggu oleh orang lain. Puck kemudian mengutuk Bottom menjadi keledai. Teman-temannya merasa takut dan kabur meninggalkannya sendiri.

Titania yang baru bangun dari tidurnya melihat Bottom dan jatuh cinta pada keledai itu. Iapun memanjakan Bottom dengan peri-perinya.

Setelah pengaruh bunga tersebut hilang, Lysander kembali kepada Hermia, Demetrius kepada Helena, dan Titania kepada Oberon. Pesta pernikahan Theseus dan Hippolyta kemudian dimeriahkan oleh penampilan dari para pekerja yang memainkan pertunjukan drama mereka.