Kendaraan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
VolkovBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: te:వాహనము
Relly Komaruzaman (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Kendaraan''' atau '''angkutan''' adalah alat transportasi selain makhluk hidup. Mereka biasanya buatan manusia ([[mobil]], [[motor]], [[kereta]], [[perahu]], [[pesawat]]), tetapi bukan buatan manusia juga bisa disebut kendaraan, seperti [[gunung es]], dan batang pohon yang mengambang. [[Kendaraan tidak bermotor]] dapat digerakan oleh [[manusia]] atau ditarik oleh [[hewan]], seperti [[gerobak]].
'''Kendaraan''' atau '''angkutan''' adalah alat [[transportasi]] selain makhluk hidup. Mereka biasanya buatan manusia ([[mobil]], [[motor]], [[kereta]], [[perahu]], [[pesawat]]), tetapi bukan buatan manusia juga bisa disebut kendaraan, seperti [[gunung es]], dan batang pohon yang mengambang. [[Kendaraan tidak bermotor]] dapat digerakkan oleh [[manusia]] atau ditarik oleh [[hewan]], seperti [[gerobak]].


== Definisi Kendaraan berdasarkan PP Nomor 44 Tahun 1993 ==
== Definisi Kendaraan berdasarkan PP Nomor 44 Tahun 1993 ==

Revisi per 14 Juli 2009 12.39

Kendaraan atau angkutan adalah alat transportasi selain makhluk hidup. Mereka biasanya buatan manusia (mobil, motor, kereta, perahu, pesawat), tetapi bukan buatan manusia juga bisa disebut kendaraan, seperti gunung es, dan batang pohon yang mengambang. Kendaraan tidak bermotor dapat digerakkan oleh manusia atau ditarik oleh hewan, seperti gerobak.

Definisi Kendaraan berdasarkan PP Nomor 44 Tahun 1993

  • Kendaraan Bermotor adalah kendaraan yang digerakkan oleh peralatan teknik yang berada pada kendaraan itu.
  • Sepeda Motor adalah kendaraan bermotor beroda dua, atau tiga tanpa rumah-rumah baik dengan atau tanpa kereta samping.
  • Mobil Penumpang adalah setiap kendaraan bermotor yang dilengkapi sebanyak-banyaknya 8 (delapan) tempat duduk tidak termasuk tempat duduk pengemudi, baik dengan maupun tanpa perlengkapan pengangkutan bagasi.
  • Mobil Bus adalah setiap kendaraan bermotor yang dilengkapi lebih dari 8 (delapan) tempat duduk tidak termasuk tempat duduk pengemudi, baik dengan maupun tanpa perlengkapan pengangkutan bagasi.
  • Mobil Barang adalah setiap kendaraan bermotor selain dari yang termasuk dalam sepeda motor, mobil penumpang dan mobil bus.
  • Kendaraan Khusus adalah kendaraan bermotor selain daripada kendaraan bermotor untuk penumpang dan kendaraan bermotor untuk barang, yang penggunaannya untuk keperluan khusus atau mengangkut barang-barang khusus.

Jenis Kendaraan