Katedral Kordoba: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
SieBot (bicara | kontrib)
Arkwatem (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
'''Mezquita''' atau '''Masjid Córdoba''' ialah sebuah [[gereja]] di Spanyol yang dahulu merupakan sebuah [[masjid]]. Pada masa dulu nama Cordoba (dibaca: Kordoba) sempat menjadi nama ibukota Spanyol pada masanya.
'''Mezquita''' atau '''Masjid Córdoba''' ialah sebuah [[katedral]] di Spanyol yang dahulu merupakan sebuah [[masjid]]. Pada masa [[Al-Andalus|kekuasaan Islam di Spanyol]] Córdoba adalah ibukota Spanyol dibawah pemerintahan dinasti [[Umayyah]].


== Sejarah Masjid Cordoba ==
== Sejarah Masjid Cordoba ==
Baris 11: Baris 11:


== Referensi ==
== Referensi ==
*''sumber: eramuslim.com, National Geographic Channel - Islam Art''
*''sumber: eramuslim.com''
*''National Geographic Channel - Islam Art''


== Lihat pula ==
== Lihat pula ==

Revisi per 12 Juli 2009 04.16

Mezquita atau Masjid Córdoba ialah sebuah katedral di Spanyol yang dahulu merupakan sebuah masjid. Pada masa kekuasaan Islam di Spanyol Córdoba adalah ibukota Spanyol dibawah pemerintahan dinasti Umayyah.

Sejarah Masjid Cordoba

Masjid Cordoba, pada 15 Desember 1994 ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu tempat peninggalan yang sangat bersejarah dan penting di dunia. Masjid itu pertama kali dibangun oleh Khalifah Muslim Abdurahman I pada tahun 787. Pembangunannya terus dilakukan oleh khalifah-khalifah penerusnya.

Masjid Cordoba memiliki ruangan dalam untuk sholat, berbentuk persegi panjang yang dikelilingi oleh lapangan terbuka, seperti model masjid-masjid peninggalan Umayyah dan Abbasiyah yang dibangun di Suriah dan Irak.

Pada saat pemerintahan Umayyah, Cordoba menjadi ibukota Spanyol di bawah pemerintahan khalifah Islam dan dikenal tidak ada tadingannya di Eropa dalam hal kemajuan peradabannya. Cordoba pada saat itu juga dikenal sebagai pusat ilmu pengetahuan, di mana volume kunjungan ke perpustakaannya mencapai 400.000 kunjungan. Sementara perpustakaan-perpustakaan besar di Eropa, volume pengunjungnya jarang mencapai angka seribu.

Warga Muslim di Spanyol saat ini diperkirakan mencapai 750.000 orang (sensus 2000) dari 40 juta jumlah total penduduk Spanyol. Spanyol mengakui Islam sebagai agama resmi di negeri itu, berdasarkan undang-undang kebebasan beragama yang disahkan pada Juli 1967.

Referensi

  • sumber: eramuslim.com
  • National Geographic Channel - Islam Art

Lihat pula

37°52′45.1″N 04°46′47″W / 37.879194°N 4.77972°W / 37.879194; -4.77972