Perjalanan ke Barat: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
SilvonenBot (bicara | kontrib)
k bot Mengubah: pt:Journey to the West
SieBot (bicara | kontrib)
Baris 53: Baris 53:
[[mn:Баруун этгээдэд зорчсон тэмдэглэл]]
[[mn:Баруун этгээдэд зорчсон тэмдэглэл]]
[[ms:Perjalanan ke Barat]]
[[ms:Perjalanan ke Barat]]
[[my:အနောက်သို့ခရီးသွားခြင်း]]
[[nl:De reis naar het westen]]
[[nl:De reis naar het westen]]
[[no:Reisen mot Vest]]
[[no:Reisen mot Vest]]

Revisi per 29 Mei 2009 00.00

Sampul depan novel Xi You Ji

Perjalanan ke Barat (Hanzi: 西遊記, hanyu pinyin: xi you ji, bahasa Inggris: Journey to The West) adalah sebuah karya sastra terkenal dari zaman Dinasti Ming. Novel ini menceritakan banyak mitologi klasik pertentangan antara baik dan buruk yang bertemakan seorang pendeta dari zaman Dinasti Tang yang mengambil kitab suci ke barat, dalam hal ini ke India. Di kalangan Tionghoa di Indonesia, novel ini dikenal dengan nama See Yu Ki yang merupakan dialek Hokkian dari Xi You Ji.

Walaupun tokoh pendeta yang digambarkan di dalam novel ini merupakan pendeta Xuanzang, namun deskripsi pendeta Tong bertolak belakang dengan karakter asli Xuanzang yang hidup di masa Dinasti Tang itu.

Novel ini selesai ditulis oleh Wu Cheng-en (Hanzi: 吳承恩) sekitar pertengahan abad ke-16 dan kemudian populer sebagai bacaan di seluruh Tiongkok dan juga adalah salah satu dari 4 karya sastra terbaik di dalam sejarah sastra Tiongkok bersama Kisah Tiga Negara, Batas Air dan Impian Paviliun Merah.

Tokoh-tokoh novel

Tokoh utama yang diceritakan di dalam novel adalah:

Di dalam ekspedisi ke langit barat, empat tokoh ini melewati 14 musim panas dingin, 81 kali bahaya menghadapi gangguan dari siluman dan setan-setan yang ingin menawan Pendeta Tong sebelum akhirnya mencapai tujuan dan membawa kembali kitab suci pulang ke Tiongkok.