Katō Kiyomasa: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Thijs!bot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: es:Katō Kiyomasa Mengubah: fr:Kiyomasa Katō
VolkovBot (bicara | kontrib)
Baris 29: Baris 29:
[[ko:가토 기요마사]]
[[ko:가토 기요마사]]
[[mr:केटो कियोमासा]]
[[mr:केटो कियोमासा]]
[[th:คาโต คิโยมะสะ]]
[[zh:加藤清正]]
[[zh:加藤清正]]
[[zh-classical:加藤清正]]
[[zh-classical:加藤清正]]

Revisi per 25 Mei 2009 10.32

Berkas:KatoKiyomasa.jpg
Patung Kato Kiyomasa di depan Kastil Kumamoto

Kato Kiyomasa (1562-1611) adalah seorang daimyo/ penguasa perang semasa perang saudara Jepang/ periode Sengoku. Dia dilahirkan di Nakamura, Provinsi Owari dari keluarga seorang pandai besi. Dia bergabung dengan Toyotomi Hideyoshi yang masih mempunyai hubungan saudara dari pihak ibu. Karirnya bermula dalam Pertempuran Shizugatake (1583) dimana reputasinya terkenal sebagai satu dari ‘tujuh jago tombak’. Dia turut serta dalam penyerbuan ke Kyushu pada tahun 1587 dimana dia terlibat dalam pertarungan satu lawan satu melawan Niiro Tadamoto dari klan Shimazu dalam Pertempuran Sendaigawa.

Tahun 1588, ketika Sassa Narimasa dipaksa bunuh diri, daerah kekuasaannya, yaitu Higo sebagian jatuh padanya termasuk Kastil Kumamoto, sementara sebagian lainnya jatuh ke tangan rival beratnya, Konishi Yukinaga. Tahun 1590, bersama Konishi, dia mendapat tugas menumpas pemberontakan di Pulau Amakusa. Pasukannya bertindak brutal terhadap lawan-lawannya, terutama orang-orang Kristen.

Namanya semakin dikenal setelah keterlibatannya dalam invasi ke Korea (1592-1598). Dia menjadi satu dari tiga komandan utama yang bertugas menaklukan semenanjung itu. Dia menduduki kota-kota penting seperti Seoul, Busan, dll. Pasukannya terus maju hingga mendekati perbatasan Manchuria. Keadaan mulai berbalik di tahun-tahun terakhir perang, dia mendapatkan perlawanan sengit dari pasukan Korea yang dibantu Kerajaan Ming Tiongkok. Pasukannya yang berkekuatan 40.000 orang dikalahkan oleh kekuatan yang hanya sepersepuluh darinya, kerugian korban jiwa di pihaknya mencapai lebih dari 10.000. Kekalahan ini disebabkan karena dipotongnya jalur logistik dari Jepang oleh angkatan laut Korea yang dipimpin oleh pahlawan besar Korea, Laksamana Yi Sunsin yang menyebabkannya harus menarik mundur pasukannya dari Korea.

Dalam Pertempuran Sekigahara (1600) di berpihak pada Tokugawa Ieyasu. Bersama Kuroda Yoshitaka, dia mencaplok beberapa daerah di Kyushu. Setelah menang dalam pertempuran ini, Tokugawa menganugerahinya sisa tanah di Higo yang dulu dikuasai Konishi Yukinaga. Konishi sendiri telah dihukum mati setelah kalah di Sekigahara. Kato meninggal di Kumamoto pada tahun 1611. Dia adalah seorang jendral yang terkenal akan keberaniannya, dia sering berburu harimau dengan tombaknya sebagai rekreasi. Namun dia juga terkenal akan kekejamannya, dalam invasi Korea dia pernah membunuh dua orang bangsawan wanita Korea yang ditawannya dan mendapat julukan Kishokan yang berarti jendral setan. Sebagai penganut Budha sekte Nichiren yang taat, dia sering menyantuni pembangunan kuil-kuil Nichiren.

Lambang klan Kato

Kato Kiyomasa dalam budaya populer

  • Dalam film Azumi (2003) dia muncul sebagai tokoh antagonis
  • Dia juga muncul sebagai karakter yang bisa dipakai dalam game Kessen 3 produksi Koei

Pranala luar

Samurai Archives

Templat:Link FA