Numismatika: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Borgx (bicara | kontrib)
k merapikan
Baris 1: Baris 1:
Numismatik adalah suatu hobi mengumpulkan benda-benda kuno berupa koin, uang kertas, dan token yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat sebagai mata uang. Koleksi numismatik terdiri dari benda-benda kuno seperti uang kertas, koin dan token yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat. Contoh koleksi dalam negeri berasal dari masa kerajaan-kerajaan Indonesia kuno, masa kolonial Belanda, Portugis, Inggris dan Jepang hingga setelah masa kemerdekaan Indonesia. Selain koleksi numismatik dari dalam negeri, juga terdapat koleksi numismatik yang berasal dari negara-negara di benua Asia, Eropa, Afrika, Amerika dan Australia. Nilai suatu koleksi numismatik ditentukan oleh banyak faktor beberapa diantaranya adalah grade fisik uang (kemulusan mata uang yang bersangkutan), nilai historisnya, nilai intrinsik materi pembentuk mata uang (contohnya koin emas), dan jumlah yang masih beredar sampai sekarang.
'''Numismatik''' ({{lang-la|numisma, nomisma}}, "koin"; dari {{lang-el|νομίζειν ''nomízein''}}, "menggunakan sesuai hukum") adalah sebuah studi atau kegiatan mengumpulkan [[mata uang]], termasuk [[koin]], [[token]], [[uang kertas]], dan benda-benda terkait lainnya. Koleksi numismatik terdiri dari benda-benda kuno seperti uang kertas, koin dan token yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat. Numismatik mempelajari antara lain, sejarah mata uang itu sendiri, cara pembuatannya, ciri-cirinya, variasi yang ditemukan, pemalsuannya, sejarah politik terbentuknya mata uang tersebut dsb.


{{stub}}
== Pranala luar ==
[[Kategori:Numismatik| ]]
*[http://uangkuno.net/ Uangkuno.net - website koleksi mata uang]
[[Kategori:Koleksi]]
[[Kategori:Metode dan prinsip dalam arkeologi]]

[[ast:Numismática]]
[[az:Numizmatika]]
[[be-x-old:Нумізматыка]]
[[bs:Numizmatika]]
[[bg:Нумизматика]]
[[ca:Numismàtica]]
[[cv:Нумизматика]]
[[cs:Numizmatika]]
[[da:Numismatik]]
[[de:Numismatik]]
[[en:Numismatics]]
[[et:Numismaatika]]
[[el:Νομισματική]]
[[es:Numismática]]
[[eo:Numismatiko]]
[[eu:Numismatika]]
[[fa:سکه‌شناسی]]
[[fr:Numismatique]]
[[gl:Numismática]]
[[ko:화폐학]]
[[hr:Numizmatika]]
[[ia:Numismatica]]
[[is:Myntfræði]]
[[it:Numismatica]]
[[he:נומיסמטיקה]]
[[ka:ნუმიზმატიკა]]
[[lv:Numismātika]]
[[lt:Numizmatika]]
[[hu:Numizmatika]]
[[mk:Нумизматика]]
[[nl:Numismatiek]]
[[ja:貨幣学]]
[[no:Numismatikk]]
[[oc:Numismatica]]
[[pl:Numizmatyka]]
[[pt:Numismática]]
[[ro:Numismatică]]
[[ru:Нумизматика]]
[[sq:Numizmatika]]
[[simple:Numismatics]]
[[sk:Numizmatika (odbor)]]
[[sl:Numizmatika]]
[[fi:Numismatiikka]]
[[sv:Numismatik]]
[[ta:நாணயவியல்]]
[[tr:Nümismatik]]
[[uk:Нумізматика]]
[[wa:Manoyince]]
[[zh:货币学]]

Revisi per 18 Mei 2009 01.04

Numismatik (Latin: numisma, nomisma, "koin"; dari [νομίζειν nomízein] Error: {{Lang-xx}}: text has italic markup (help), "menggunakan sesuai hukum") adalah sebuah studi atau kegiatan mengumpulkan mata uang, termasuk koin, token, uang kertas, dan benda-benda terkait lainnya. Koleksi numismatik terdiri dari benda-benda kuno seperti uang kertas, koin dan token yang pernah beredar dan digunakan oleh masyarakat. Numismatik mempelajari antara lain, sejarah mata uang itu sendiri, cara pembuatannya, ciri-cirinya, variasi yang ditemukan, pemalsuannya, sejarah politik terbentuknya mata uang tersebut dsb.