Dawud bin Ali: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
A154 (bicara | kontrib)
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
A154 (bicara | kontrib)
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
Baris 47: Baris 47:


[[Kategori:Kelahiran 701]]
[[Kategori:Kelahiran 701]]
[[Kategori:Kematian 751]]
[[Kategori:Kematian 750]]
[[Kategori:Abbasiyah]]
[[Kategori:Abbasiyah]]

Revisi per 5 Agustus 2022 12.44

Dawud bin Ali
Lahir 82 H / 701 M
Asy-Syarah, Yordania
Meninggal 113 H / 751 M
Madinah
Orang tua Ali bin Abdullah bin Abbas
Nama panggilan Abu Sulaiman
Saudara kandung Isa bin Ali
Pasangan
  • Ummul Hasan binti Ali bin Husain
  • Fatimah binti Ali bin Husain
Anak-anak Musa, Kaltsam, Fatimah

Abu Sulaiman Dawud bin Ali bin Abdullah bin Abbas (Arab: أبو سليمان داود بن علي بن عبد الله بن عباس) adalah seorang pemimpin dari Bani Hasyim.[1]

Biografi

Dawud adalah putra dari Ali bin Abdullah bin Abbas, salah satu ulama dari kalangan tabi'in dan ibunya adalah ummu walad.[2] Ia dilahirkan pada tahun 82 H / 701 M di Asy-Syarah, Yordania.[3] Dawud memiliki saudara kandung yang bernama Isa bin Ali.[4]

Dawud adalah seorang orator yang fasih[1] dan salah satu pemimpin revolusi melawan Bani Umayyah.[5]

Ia merupakan paman dari As-Saffah.[6] As-Saffah mengangkatnya menjadi gubernur Kufah pada tahun 132 H. Kemudian dia memberhentikannya[5] dan mengangkatnya menjadi gubernur Makkah, Madinah, Yamamah, Yaman, dan Thaif.[1] Selama menjadi gubernur, ia menjadi orang pertama dari keturunan Abbas bin Abdul-Muththalib yang memimpin haji bersama orang-orang di tahun yang sama.[7] Kemudian, Dawud pergi ke Madinah dan tinggal di sana selama berbulan-bulan sampai ia meninggal pada tahun 133 H[7] dan dimakamkan di pemakaman al-Baqi'.[8] Putranya, Musa menggantikannya sebagai gubernur Hijaz selama tiga bulan dan ketika ia mendekati kematiannya, As-Saffah segera menggantinya dengan pamannya yang bernama Ziyad bin Ubaidillah al-Haritsi.[9]

Sifat

Keluarga

Dawud menikah dengan Ummul Hasan, putri dari Ali bin Husain dan memiliki anak-anak yang bernama Musa dan Kaltsam. Saudara perempuan Ummul Hasan, Fatimah, menikah dengan Dawud setelah ia meninggal dan melahirkan seorang anak perempuan yang bernama Fatimah binti Dawud.[10][11]

Catatan kaki

  1. ^ a b c Tarajm, Bab Al-A'lam Az-Zarkali
  2. ^ Mush'ab az-Zubairi. "Nasab Quraisy". islamport.com (dalam bahasa Arab). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-04. Diakses tanggal 2022-06-13. 
  3. ^ Tarajm, Dawud bin Ali
  4. ^ Ibnu Sa'ad. "Ath-Thabaqat al-Kubra tha al-Ilmiyah - Isa bin Ali". al-maktaba.org (dalam bahasa Arab). Al-Maktaba al-Shamela al-Haditha. hlm. 383. 
  5. ^ a b (Arab) Dr. Abdel Salam al-Termanini, "Peristiwa sejarah Islam dalam urutan tahun: juz pertama dari tahun 1 H sampai tahun 250 H", jilid kedua (dari tahun 132 H sampai tahun 250 H), Dar Thalas, Damaskus.
  6. ^ "Siyar A'lam an-Nubala - Dawud bin Ali". islamweb.net (dalam bahasa Arab). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-02. Diakses tanggal 2022-06-30. 
  7. ^ a b Tarajm, Bab Ath-Thabaqat al-Kubra oleh Ibnu Sa'ad al-Bashri al-Baghdadi
  8. ^ Tarajm, Bab Bughyat al-Talab fi Tarikh Halab oleh Ibnu al-Adim (meninggal:660 H)
  9. ^ "البداية والنهاية >> ثم دخلت سنة ثلاث وثلاثين ومائة" [Al-Bidayah wan Nihayah >> Kemudian saya memasuki tahun seratus tiga puluh tiga]. islamweb.net (dalam bahasa Arab). hlm. 286. 
  10. ^ Mush'ab az-Zubairi. "Nasab Quraisy". islamport.com (dalam bahasa Arab). 
  11. ^ Ibnu Hazm. "Jamharah Ansab Al-Arab oleh Ibnu Hazm - Dan inilah anak-anak Al-Husain bin Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu Anhuma". al-maktaba.org (dalam bahasa Arab). hlm. 52. 

Referensi