Stieg Larsson: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
InternetArchiveBot (bicara | kontrib)
Rescuing 1 sources and tagging 0 as dead.) #IABot (v2.0.8.8
InternetArchiveBot (bicara | kontrib)
Rescuing 1 sources and tagging 0 as dead.) #IABot (v2.0.8.9
 
Baris 2: Baris 2:


== Riwayat Hidup ==
== Riwayat Hidup ==
Stieg Larsson lahir di [[Vasterbotten]], [[Swedia]] pada tanggal 15 Agusturs 1954. Stieg merupakan anak pertama dari dua bersaudara Larsson. Ayah dan kakek mereka, Erland dan Severin Larsson merupakan pekerja di suatu pabrik [[smelter]]. Ayah Larsson berhenti bekerja akibat keracunan arsenik dan memilih untuk memindahkan keluarganya ke [[Stockholm]]. Sayangnya, karena harga persewaan rumah yang cukup tinggi, kedua orangtuanya memilih untuk meninggalkan Larsson kecil yang berumur 1 tahun bersama kakek dan neneknya di suatu desa yang berada di utara Swedia, yakni [[Norsjo|Norsjö]].<ref name=":1">{{Cite web|url=http://web.archive.org/web/20111006153308/http://norran.se/2007/06/berattelsenomstieglarsson/|title=Norran, Skellefteå » Berättelsen om Stieg Larsson|date=2011-10-06|website=web.archive.org|access-date=2020-06-18|archive-date=2011-10-06|archive-url=https://web.archive.org/web/20111006153308/http://norran.se/2007/06/berattelsenomstieglarsson/|dead-url=no}}</ref> Larsson tinggal bersama kakek neneknya hingga berumur sembilan tahun.
Stieg Larsson lahir di [[Vasterbotten]], [[Swedia]] pada tanggal 15 Agusturs 1954. Stieg merupakan anak pertama dari dua bersaudara Larsson. Ayah dan kakek mereka, Erland dan Severin Larsson merupakan pekerja di suatu pabrik [[smelter]]. Ayah Larsson berhenti bekerja akibat keracunan arsenik dan memilih untuk memindahkan keluarganya ke [[Stockholm]]. Sayangnya, karena harga persewaan rumah yang cukup tinggi, kedua orangtuanya memilih untuk meninggalkan Larsson kecil yang berumur 1 tahun bersama kakek dan neneknya di suatu desa yang berada di utara Swedia, yakni [[Norsjo|Norsjö]].<ref name=":1">{{Cite web|url=http://norran.se/2007/06/berattelsenomstieglarsson/|title=Norran, Skellefteå » Berättelsen om Stieg Larsson|date=2011-10-06|website=web.archive.org|access-date=2020-06-18|archive-date=2011-10-06|archive-url=https://web.archive.org/web/20111006153308/http://norran.se/2007/06/berattelsenomstieglarsson/|dead-url=unfit}}</ref> Larsson tinggal bersama kakek neneknya hingga berumur sembilan tahun.


Menurut Erland Larsson, Severin Larsson merupakan seorang penyintas [[Kamp konsentrasi Nazi]], namun hal ini tidak dapat dikonfirmasi kebenarannya. Hal ini menyebabkan paham kuat Severin Larsson mengenai [[antifasisme]] berakar kuat di diri Stieg Larsson.<ref name=":0" /> Setelah kematian kakeknya di umur sembilan tahun, ia kembali tinggal bersama kedua orangtuanya. Sekembalinya Larsson, paham dan kemampuan politiknya diperluas oleh ayahnya dalam berbagai diskusi dan film-film di bioksop, seperti tentang [[Perang Vietnam]], kelaparan di [[Biafra]], dan topik-topik lainnya. Ayahnya juga mengarahkan Larsson bersaudara untuk tekun membaca buku.<ref name=":1" /> Kemampuan Stieg dalam menulis cerita disadari oleh kedua orang tuanya. Pada umur duabelas tahun, Stieg mendapat hadiah mesin ketik dan sejak saat itu Stieg rajin menulis cerita.
Menurut Erland Larsson, Severin Larsson merupakan seorang penyintas [[Kamp konsentrasi Nazi]], namun hal ini tidak dapat dikonfirmasi kebenarannya. Hal ini menyebabkan paham kuat Severin Larsson mengenai [[antifasisme]] berakar kuat di diri Stieg Larsson.<ref name=":0" /> Setelah kematian kakeknya di umur sembilan tahun, ia kembali tinggal bersama kedua orangtuanya. Sekembalinya Larsson, paham dan kemampuan politiknya diperluas oleh ayahnya dalam berbagai diskusi dan film-film di bioksop, seperti tentang [[Perang Vietnam]], kelaparan di [[Biafra]], dan topik-topik lainnya. Ayahnya juga mengarahkan Larsson bersaudara untuk tekun membaca buku.<ref name=":1" /> Kemampuan Stieg dalam menulis cerita disadari oleh kedua orang tuanya. Pada umur duabelas tahun, Stieg mendapat hadiah mesin ketik dan sejak saat itu Stieg rajin menulis cerita.

Revisi terkini sejak 3 Agustus 2022 09.51

Stieg Larsson merupakan seorang aktivis politik, anti-Perang Vietnam, dan penulis novel jurnalistik-kriminal berseri terkenal Millennium.[1] Larsson memfokuskan pekerjaannya pada dunia jurnalistik dan politik, serta penelitian independen mengenai politik ekstrimisme sayap kanan.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Stieg Larsson lahir di Vasterbotten, Swedia pada tanggal 15 Agusturs 1954. Stieg merupakan anak pertama dari dua bersaudara Larsson. Ayah dan kakek mereka, Erland dan Severin Larsson merupakan pekerja di suatu pabrik smelter. Ayah Larsson berhenti bekerja akibat keracunan arsenik dan memilih untuk memindahkan keluarganya ke Stockholm. Sayangnya, karena harga persewaan rumah yang cukup tinggi, kedua orangtuanya memilih untuk meninggalkan Larsson kecil yang berumur 1 tahun bersama kakek dan neneknya di suatu desa yang berada di utara Swedia, yakni Norsjö.[2] Larsson tinggal bersama kakek neneknya hingga berumur sembilan tahun.

Menurut Erland Larsson, Severin Larsson merupakan seorang penyintas Kamp konsentrasi Nazi, namun hal ini tidak dapat dikonfirmasi kebenarannya. Hal ini menyebabkan paham kuat Severin Larsson mengenai antifasisme berakar kuat di diri Stieg Larsson.[1] Setelah kematian kakeknya di umur sembilan tahun, ia kembali tinggal bersama kedua orangtuanya. Sekembalinya Larsson, paham dan kemampuan politiknya diperluas oleh ayahnya dalam berbagai diskusi dan film-film di bioksop, seperti tentang Perang Vietnam, kelaparan di Biafra, dan topik-topik lainnya. Ayahnya juga mengarahkan Larsson bersaudara untuk tekun membaca buku.[2] Kemampuan Stieg dalam menulis cerita disadari oleh kedua orang tuanya. Pada umur duabelas tahun, Stieg mendapat hadiah mesin ketik dan sejak saat itu Stieg rajin menulis cerita.

Steig remaja yang berumur empatbelas tahun mulai mencicipi aktivitas politiknya dengan bergabung sebagai anggota Kommunistiska Arbetarförbundet (Persatuan Buruh Komunis, disingkat KAF) dan aktif menulis serta menyebarkan harian Röd Soldat (Prajurit Merah).[3] Steig mengikuti pertemuan anti Perang Vietnam di Umeå dan bertemu dengan Eva Gabrielsson pada usia delapan belas tahun. Keduanya saling berbagi kesamaan paham dan menjadi pasangan aktivis hingga kematian Larsson. Seperti anggota KAF lainnya, Larsson bekeinginan untuk menyebarkan pahamnya ke belahan dunia lain dan memutuskan untuk pergi ke Etiopia dan Eritrea pada tahun 1977. Larsson bertugas untuk mengajar tentara perempuan di kedua negara dalam mengunakan granat. Akibat radang ginjal, Larsson terpaksa meninggalkan negara tersebut.[4]

Sekembalinya Larsson ke negara asalnya, ia kemudian bekerja sebagai tukang pos dan jurnalis untuk majalah Tidningarnas Telegrambyrå (TT) sebagai desainer grafis, kemudian sebagai jurnalis. Walaupun ia kembali ke Swedia, namun ia dan Gabrielsson dengan tekun mengikuti aktivitas politik luar negeri, seperti Revolusi Grenada. Pada tahun 1981 keduanya aktif dalam komunitas pendukung Grenada yang bercermin pada Pergerakan New Jewel. Pada tahun 1983 Larsson menjabat sebagai ilustrator dan jurnalis di majalah antifasis Inggris di Swedia, Searchlight. Tulisan-tulisan Larsson kemudian menjadi dasar dari majalah Expo yang dibangunnya pada tahun 1995.[5]

Selama bekerja sebagai ilustrator dan jurnalis, Larsson rajin menulis karya fiksi sebagai hobi. Seluruh paham politik dan pengalamannya tercermin dalam novel trilogi Millennium, seperti perjalanan Lisbeth Salander di Grenada dan beberapa anggota keluarga Vanger yang merupakan anggota Nazi Swedia. Draf ini pernah diajukan kepada beberapa penerbit, salah satunya Piratförlaget pada tahun 2003.[6] Setelah mengalami penolakan, akhirnya novel pertama Larsson diterbitkan oleh Norstedts Förlag padah tahun 2005. Novel tersebut kemudian memenangkan beberapa penghargaan, salah satunya Glass Key Award 2006.[7] Sayangnya, Larsson menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 9 November 2004 akibat serangan jantung.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b admin (2016-07-11). "Background". Stieg Larsson (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-14. 
  2. ^ a b "Norran, Skellefteå » Berättelsen om Stieg Larsson". web.archive.org. 2011-10-06. Archived from the original on 2011-10-06. Diakses tanggal 2020-06-18. 
  3. ^ "The Man Behind the Dragon Tattoo". jacobinmag.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-18. 
  4. ^ Khaleeli, Homa (2010-10-16). "Stieg Larsson 'spent year training Eritrean guerrillas'". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 2020-06-18. 
  5. ^ Cochrane, Kira (2011-10-04). "Stieg Larsson's partner: 'It's odd to have to prove our life together existed'". The Guardian (dalam bahasa Inggris). ISSN 0261-3077. Diakses tanggal 2020-06-18. 
  6. ^ "My role in Stieg Larsson's success, by partner who was left with". The Independent (dalam bahasa Inggris). 2011-02-17. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  7. ^ "Glass Key Award | Book awards | LibraryThing". www.librarything.com. Diakses tanggal 2020-06-19.