Departemen seberang laut Prancis: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Taylorbot (bicara | kontrib)
per BPA : ejaan : samudra meledakkan di atas | t=2'233 su=334 in=344 at=334 -- only 536 edits left of totally 871 possible edits | edr=000-0000 ovr=010-1111 aft=000-0000
Alza Inna (bicara | kontrib)
alihkan
Tag: Pengalihan baru Suntingan perangkat seluler Suntingan aplikasi seluler Suntingan aplikasi Android
 
Baris 1: Baris 1:
#ALIH [[Region di Prancis]]
{{Pembagian administratif di Prancis}}
{{Pembagian administratif di Prancis}}



Revisi terkini sejak 7 Juli 2022 09.13

Mengalihkan ke:


Artikel ini merupakan bagian dari
Pembagian administratif Prancis

(termasuk region seberang laut)

(termasuk departemen seberang laut)

Komunitas urban
Komunitas aglomerasi
Komunitas komune
Sindikat Aglomerasi Baru

Gabungan komune
Arondisemen kota

Lainnya dalam Prancis Seberang Laut

Jajahan seberang laut
Jajahan sui generis
Negara seberang laut
Teritori seberang laut
Pulau Clipperton

Departemen seberang laut (Bahasa Prancis: département et région d’outre-mer atau DOM) merupakan departemen Prancis yang terletak di luar Prancis Metropolitan. Wilayah-wilayah ini memiliki status politik yang sama dengan departemen metropolitan. Sebagai bagian integral dari Prancis dan Uni Eropa, departemen seberang laut memiliki perwakilan di Majelis Nasional, Senat dan Dewan Ekonomi dan Sosial, memilih Parlemen Eropa (MEP), dan juga menggunakan Euro sebagai mata uangnya. Setiap departemen seberang laut juga merupakan region seberang laut.

Setelah referendum pada 29 Maret 2009, Mayotte menjadi sebuah departemen seberang laut pada 31 Maret 2011 setelah sebelumnya merupakan jajahan seberang laut.

Per Maret 2011, departemen seberang laut Prancis terdiri dari:

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan Konstitusi Republik Keempat 1946, koloni Aljazair[1] di Afrika Utara (merdeka sejak 1962), Guadeloupe, dan Martinik di Karibia, Guyana Prancis di Amerika Selatan, dan Réunion di Samudra Hindia dinyatakan sebagai departemen seberang laut.

Sejak 1982, setelah adanya kebijakan desentralisasi oleh pemerintah Prancis, departemen seberang laut memilih dewan regional dengan kekuasaan yang sama dengan region di Prancis Metropolitan. Sebagai hasil dari amendemen konstitusional pada tahun 2003, region tersebut sekarang disebut "region seberang laut"; sebenarnya, kata-kata baru pada konstitusi tidak menyebutkan istilah "departemen seberang laut" ataupun "region seberang laut", tetapi "region seberang laut" tidak banyak lagi digunakan oleh media Prancis.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Israel in Search of a War: The Sinai Campaign, 1955-1956, page 39, Moti Golani, Avi Shlaim, Sussex Academic Press 1998

Pranala luar[sunting | sunting sumber]