Perdamaian: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
FianM (bicara | kontrib)
menambahkan isi artikel
Tag: Menghapus pengalihan VisualEditor
FianM (bicara | kontrib)
k Menambah Kategori:Perdamaian menggunakan HotCat
Baris 9: Baris 9:
== Referensi ==
== Referensi ==
<references />
<references />

[[Kategori:Perdamaian]]

Revisi per 15 Juni 2022 05.21

Perdamaian adalah segala hal yang membahas mengenai pencapaian kesejahteraan hidup manusia melalui keadilan dan kondisi damai. Pemaknaan perdamaian ditentukan oleh sudut pandang manusia mengenai dunia. Perdamaian dapat dicapai oleh politikus untuk tujuan pencegahan konflik.

Pemaknaan

Perdamaian tidak hanya berkaitan dengan tidak terjadinya perang. Dalam arti luas, perdamaian adalah terciptanya keadilan dalam segala aspek kehidupan manusia yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan manusia. Aspek ini meliputi aspek ekonomi, sosial, politik, lingkungan dan spiritual. Makna perdamaian didasarkan kepada pandangan manusia tentang dunia.[1]

Pencegahan konflik

Terjadinya konflik antar-umat beragama maupun antar-umat manusia dapat dicegah oleh para politikus. Pencegahan terjadinya konflik dapat dilakukan oleh politik dalam tingkat struktural maupun operasional.[2]

Referensi

  1. ^ Zainal, S., Yunus, S., dan Fadli (2019). Irawan, ed. Pendidikan Perdamaian: Model Pembelajaran, Tantangan dan Solusinya (PDF). Banda Aceh: Bandar Publishing. hlm. 1. ISBN 978-623-7499-29-9. 
  2. ^ Abdullah, A., dkk. (2010). Mustaqim, A., dan Ruswantoro, A., ed. Antologi Isu-Isu Global dalam Kajian Agama dan Filsafat (PDF). Bantul: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. hlm. 3. ISBN 978-602-8869-072.