Asrama Dara: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Candy405 (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Tag: VisualEditor Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Tasyasays (bicara | kontrib)
Baris 9: Baris 9:
| aproducer =
| aproducer =
| writer =
| writer =
| starring = [[Aminah Cendrakasih]] <br/> [[Baby Huwae]] <br/> [[Bambang Hermanto]] <br/> Bambang Irawan <br/> [[Chitra Dewi]] <br/> [[Fifi Young]] <br/> [[Nun Zairina]] <br/> [[Nurbani Jusuf]] <br/> [[Rendra Karno]] <br/> [[Suzanna]]
| starring = [[Aminah Tjendrakasih]] <br/> [[Baby Huwae]] <br/> [[Bambang Hermanto]] <br/> Bambang Irawan <br/> [[Chitra Dewi]] <br/> [[Fifi Young]] <br/> [[Nun Zairina]] <br/> [[Nurbani Jusuf]] <br/> [[Rendra Karno]] <br/> [[Suzanna]]
| music =
| music =
| cinematography =
| cinematography =
Baris 32: Baris 32:
* '''Penyuntingan Terbaik''' : -
* '''Penyuntingan Terbaik''' : -
}}
}}
'''''Asrama Dara''''' adalah [[film drama]] [[film musikal|musikal]] [[Indonesia]] yang dirilis pada tahun [[1958]] dengan disutradarai oleh [[Usmar Ismail]]. Film ini dibintangi antara lain oleh [[Aminah Cendrakasih]], [[Baby Huwae]], dan [[Chitra Dewi]].
'''''Asrama Dara''''' adalah [[film drama]] [[film musikal|musikal]] [[Indonesia]] yang dirilis pada tahun [[1958]] dengan disutradarai oleh [[Usmar Ismail]]. Film ini dibintangi antara lain oleh [[Aminah Tjendrakasih]], [[Baby Huwae]], [[Bambang Hermanto]], Bambang Irawan, [[Chitra Dewi]], [[Fifi Young]], [[Nun Zairina]], [[Nurbani Jusuf]], [[Rendra Karno]], dan [[Suzzanna|Suzanna]].


== Sinopsis ==
== Sinopsis ==
Penghuni asrama yang dipimpin Bu Siti (Fifi Young) mempunyai persoalan sendiri-sendiri. Tari (Aminah Chendrakasih), seorang mahasiswi, jatuh cinta pada laki-laki yang pantas jadi ayahnya, meskipun teman kuliahnya, Yanto (Ismed M. Noor) menaruh hati padanya. Rahimah (Chitra Dewi), seorang calon dokter, akan dipaksa menikah di kampung, tetapi ditolong oleh Nasrul (Bambang Irawan).
Penghuni asrama yang dipimpin Bu Siti ([[Fifi Young]]) mempunyai persoalan sendiri-sendiri. Tari ([[Aminah Tjendrakasih]]), seorang mahasiswi, jatuh cinta pada laki-laki yang pantas jadi ayahnya, meskipun teman kuliahnya, Yanto (Ismed M. Noor) menaruh hati padanya. Rahimah ([[Chitra Dewi]]), seorang calon dokter, akan dipaksa menikah di kampung, tetapi ditolong oleh Masrul (Bambang Irawan).


Maria (Baby Huwae) si pramugari terlibat cinta segi empat, dicintai Imansyah (Bambang Hermanto) si kopilot, tetapi Maria lebih tertarik pada Broto (Rendra Karno) yang merupakan seorang saudagar, sedangkan Broto sendiri lebih menyenangi seorang guru tari, Sita (Nun Zairina). Masuk pula dua remaja, Ani (Nurbani Jusuf) dan Ina (Suzanna), yang dititipkan pada Bu Siti karena orang tuanya sibuk berpolitik. Segala persoalan tadi diselesaikan secara komedi.
Maria ([[Baby Huwae]]) si pramugari terlibat cinta segi empat, dicintai Imansyah ([[Bambang Hermanto]]) si kopilot, tetapi Maria lebih tertarik pada Broto ([[Rendra Karno]]) yang merupakan seorang saudagar, sedangkan Broto sendiri lebih menyenangi seorang guru tari, Sita ([[Nun Zairina]]). Masuk pula dua remaja, Anni ([[Nurbani Jusuf]]) dan Ina ([[Suzzanna|Suzanna]]), yang dititipkan pada Bu Siti karena orang tuanya sibuk berpolitik. Segala persoalan tadi diselesaikan secara komedi.


== Pemain ==
== Pemain ==
[[Aminah Cendrakasih]] sebagai Tari
[[Aminah Tjendrakasih]] sebagai Tari

[[Baby Huwae]] sebagai Maria

[[Bambang Hermanto]] sebagai Imansyah

Bambang Irawan sebagai Masrul Saleh

[[Chitra Dewi]] sebagai Rahimah

[[Fifi Young]] sebagai Bu Siti

[[Nun Zairina]] sebagai Sita

[[Nurbani Jusuf]] sebagai Anni

[[Rendra Karno]] sebagai Broto

[[Suzzanna|Suzanna]] sebagai Ina


== Pranala luar ==
== Pranala luar ==

Revisi per 15 Mei 2022 06.33

Asrama Dara
Berkas:Asrama-dara-sinematek.jpg
SutradaraUsmar Ismail
ProduserUsmar Ismail
PemeranAminah Tjendrakasih
Baby Huwae
Bambang Hermanto
Bambang Irawan
Chitra Dewi
Fifi Young
Nun Zairina
Nurbani Jusuf
Rendra Karno
Suzanna
DistributorPerfini
Tanggal rilis
1958 (1958)
Durasi125 menit
NegaraIndonesia
Penghargaan
Pekan Apresiasi Film Nasional 1960
  • Penyuntingan Terbaik : -

Asrama Dara adalah film drama musikal Indonesia yang dirilis pada tahun 1958 dengan disutradarai oleh Usmar Ismail. Film ini dibintangi antara lain oleh Aminah Tjendrakasih, Baby Huwae, Bambang Hermanto, Bambang Irawan, Chitra Dewi, Fifi Young, Nun Zairina, Nurbani Jusuf, Rendra Karno, dan Suzanna.

Sinopsis

Penghuni asrama yang dipimpin Bu Siti (Fifi Young) mempunyai persoalan sendiri-sendiri. Tari (Aminah Tjendrakasih), seorang mahasiswi, jatuh cinta pada laki-laki yang pantas jadi ayahnya, meskipun teman kuliahnya, Yanto (Ismed M. Noor) menaruh hati padanya. Rahimah (Chitra Dewi), seorang calon dokter, akan dipaksa menikah di kampung, tetapi ditolong oleh Masrul (Bambang Irawan).

Maria (Baby Huwae) si pramugari terlibat cinta segi empat, dicintai Imansyah (Bambang Hermanto) si kopilot, tetapi Maria lebih tertarik pada Broto (Rendra Karno) yang merupakan seorang saudagar, sedangkan Broto sendiri lebih menyenangi seorang guru tari, Sita (Nun Zairina). Masuk pula dua remaja, Anni (Nurbani Jusuf) dan Ina (Suzanna), yang dititipkan pada Bu Siti karena orang tuanya sibuk berpolitik. Segala persoalan tadi diselesaikan secara komedi.

Pemain

Aminah Tjendrakasih sebagai Tari

Baby Huwae sebagai Maria

Bambang Hermanto sebagai Imansyah

Bambang Irawan sebagai Masrul Saleh

Chitra Dewi sebagai Rahimah

Fifi Young sebagai Bu Siti

Nun Zairina sebagai Sita

Nurbani Jusuf sebagai Anni

Rendra Karno sebagai Broto

Suzanna sebagai Ina

Pranala luar