Pameungpeuk, Bandung: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Suntingan seluler lanjutan
Baris 18: Baris 18:
==Topografi==
==Topografi==


Pameungpeuk berada di tengah-tengah [[cekungan Bandung]]. Kontur tanahnya datar dengan hamparan [[sawah]] yang cukup luas dengan perbukitan di sebelah timurnya. Sebelum pemekaran kecamatan [[Katapang, Bandung|Katapang]] pada tahun 1970-an wilayah Pameungpeuk cukup luas terbentang dari desa [[Parungserab, Soreang, Bandung|Parungserab]] di barat sampai desa [[Langonsari, Pameungpeuk, Bandung|Langonsari]] di timur. Sungai [[Cisangkuy]] yang berhulu di [[Pangalengan]] mengalir melewati kecamatan ini. Pada tahun 2018 Proyek [[Sodetan]] sungai Cisangkuy mulai dibangun dan melewati bagian barat Kecamatan Pameungpeuk di desa [[Bojongkunci, Pameungpeuk, Bandung|Bojongkunci]].
Pameungpeuk berada di tengah-tengah [[cekungan Bandung]]. Kontur tanahnya datar dengan hamparan [[sawah]] yang cukup luas dengan perbukitan di sebelah timurnya. Sebelum pemekaran kecamatan [[Katapang, Bandung|Katapang]] pada tahun 1980 wilayah Pameungpeuk cukup luas terbentang dari desa [[Parungserab, Soreang, Bandung|Parungserab]] di barat sampai desa [[Langonsari, Pameungpeuk, Bandung|Langonsari]] di timur. Sungai [[Cisangkuy]] yang berhulu di [[Pangalengan]] mengalir melewati kecamatan ini. Pada tahun 2018 Proyek [[Sodetan]] sungai Cisangkuy mulai dibangun dan melewati bagian barat Kecamatan Pameungpeuk di desa [[Bojongkunci, Pameungpeuk, Bandung|Bojongkunci]].


==Industri==
==Industri==

Revisi per 4 Mei 2022 20.37

Pameungpeuk
Pameungpeuk di Kabupaten Bandung
Pameungpeuk
Pameungpeuk
Peta lokasi Kecamatan Pameungpeuk
Pameungpeuk di Provinsi Jawa Barat
Pameungpeuk
Pameungpeuk
Pameungpeuk (Provinsi Jawa Barat)
Koordinat: 7°01′15″S 107°35′45″E / 7.0209355°S 107.5958192°E / -7.0209355; 107.5958192
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenBandung
Pemerintahan
 • CamatDrs. Asep Suryadi
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri32.04.14
Kode BPS3204170
Desa/kelurahan6

Pameungpeuk adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Pameungpeuk terletak 14 km di selatan Kota Bandung atau sekitar 13 km dari Soreang, Ibukota Kabupaten Bandung. Pameungpeuk terletak di tengah jalan raya Banjaran yang menghubungkan Kota Bandung ke Banjaran. Pameungpeuk juga dilintasi jalur kereta api Bandung-Ciwidey yang kini sudah tidak aktif.

Topografi

Pameungpeuk berada di tengah-tengah cekungan Bandung. Kontur tanahnya datar dengan hamparan sawah yang cukup luas dengan perbukitan di sebelah timurnya. Sebelum pemekaran kecamatan Katapang pada tahun 1980 wilayah Pameungpeuk cukup luas terbentang dari desa Parungserab di barat sampai desa Langonsari di timur. Sungai Cisangkuy yang berhulu di Pangalengan mengalir melewati kecamatan ini. Pada tahun 2018 Proyek Sodetan sungai Cisangkuy mulai dibangun dan melewati bagian barat Kecamatan Pameungpeuk di desa Bojongkunci.

Industri

Di kecamatan Pameungpeuk terdapat beberapa Pabrik Tekstil berskala besar. Pabrik-pabrik tersebut antara lain:

  • PT. Feng Tay Indonesia
  • PT. KTSM
  • PT. Industri Sandang Nusantara

Kelurahan/desa

  1. Bojongkunci
  2. Bojongmanggu
  3. Langonsari
  4. Rancamulya
  5. Rancatungku
  6. Sukasari