Medusa: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 16: Baris 16:
| Roman_equivalent =
| Roman_equivalent =
}}
}}
'''Medusa''' ({{lang-el|Μέδουσα (Médousa)}} yang berarti "penjaga" atau "pelindung") adalah [[makhluk mitologis|makhluk]] [[mitologi Yunani]] yang berwujud seorang wanita cantik dengan [[ular]] sebagai rambutnya. Siapapun yang menatap langsung pada matanya akan berubah menjadi [[batu]]. Medusa tewas dibunuh [[Perseus]] yang kemudian menggunakan kepalanya sebagai senjata sebelum diberikan kepada [[Athena]] untuk ditempatkan pada perisai atau tameng[[Aigis], kemudian digunakan untuk menakut-nakuti musuh
'''Medusa''' yang berarti "penjaga" atau "pelindung" adalah [[makhluk mitologis|makhluk]] [[mitologi Yunani]] yang berwujud seorang wanita cantik dengan [[ular]] sebagai rambutnya. Siapapun yang menatap langsung pada matanya akan berubah menjadi [[batu]]. Medusa tewas dibunuh [[Perseus]] yang kemudian menggunakan kepalanya sebagai senjata sebelum diberikan kepada [[Athena]] untuk ditempatkan pada perisai atau tameng[[Aigis].


== Dalam mitologi ==
== Dalam mitologi ==

Revisi per 12 April 2022 11.56

Medusa
Lukisan Medusa karya Caravaggio pada tahun 1595.
Informasi pribadi
Poseidon
AnakPegasus dan Khrisaor
Orang tuaForkis dan Keto
SaudaraThe Hesperides, Stheno, Euriale, The Graea, Thoosa, Skilla, dan Ladon

Medusa yang berarti "penjaga" atau "pelindung" adalah makhluk mitologi Yunani yang berwujud seorang wanita cantik dengan ular sebagai rambutnya. Siapapun yang menatap langsung pada matanya akan berubah menjadi batu. Medusa tewas dibunuh Perseus yang kemudian menggunakan kepalanya sebagai senjata sebelum diberikan kepada Athena untuk ditempatkan pada perisai atau tameng[[Aigis].

Dalam mitologi

Tiga Gorgon (Medusa, Stheno dan Euriale) adalah anak dari dewa laut kuno Forkis dan adiknya Keto. Stheno dan Euriale diceritakan sebagai makhluk abadi, sedangkan Medusa tidak. Oleh karena itu, Medusa dapat dibunuh oleh Perseus.

Medusa pada awalnya adalah seorang perawan cantik, dan merupakan pendeta wanita di kuil milik Athena. Namun, suatu ketika ia menjalin asmara dengan Poseidon di dalam kuil Athena. Hal ini membuat Athena marah, ia pun mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa sehingga siapapun yang melihat matanya, akan menjadi batu.

Kematian

Medusa mati di Bunuh oleh Perseus atas perintah Raja Polidektes dari Serifos yang meminta kepala Medusa sebagai hadiah. Dengan bantuan dari Athena, dan Hermes yang memberinya sandal bersayap, Helm Gaib, pedang, dan perisai cermin. Perseus berhasil melaksanakan tugasnya membunuh Medusa dengan cara melihat bayangan Medusa di cermin agar Medusa tidak mengubahnya jadi batu lalu Perseus memenggal kepala Medusa. Kemudian Pegasus dan Khrisaor keluar dari tubuh Medusa.

Pranala luar