Kansai: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
TXiKiBoT (bicara | kontrib)
k bot Menambah: roa-rup:Kinki
TXiKiBoT (bicara | kontrib)
k bot Menambah: roa-rup:Kansai
Baris 40: Baris 40:
[[pt:Região de Kansai]]
[[pt:Região de Kansai]]
[[ro:Regiunea Kansai]]
[[ro:Regiunea Kansai]]
[[roa-rup:Kinki]]
[[roa-rup:Kansai]]
[[ru:Кинки (регион)]]
[[ru:Кинки (регион)]]
[[sk:Kansai]]
[[sk:Kansai]]

Revisi per 16 Maret 2009 18.14

Kansai (関西) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut wilayah Jepang di bagian barat Pulau Honshu yang terdiri dari 9 prefektur: Fukui, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Wakayama, dan Tokushima.

Walaupun daerah Kansai hanya menempati 11% dari luas wilayah Jepang, 19,2% dari seluruh populasi penduduk Jepang ada di daerah Kansai, dan 19,3% PNB Jepang berasal dari daerah Kansai.

Istilah lain untuk menyebut daerah di sekitar ibukota kekaisaran Jepang zaman kuno di Kyoto adalah Kinki Chiho (近畿地方). Daerah Kinki terdiri dari 6 prefektur: Shiga, Kyoto, Hyogo, Osaka, Nara, dan Wakayama. Istilah Kinki berasal dari kata "Kin" (近, sekitar) dan "Ki" (畿, istana kaisar). Dalam buku pelajaran Geografi, prefektur Mie dan Fukui juga dimasukkan ke dalam daerah Kinki.

Pada umumnya, istilah Kansai lebih populer dibandingkan dengan istilah Kinki Chiho. Istilah Kansai lebih banyak digunakan dalam hal-hal yang bersifat sosial kemasyarakatan, sedangkan istilah Kinki Chiho untuk hal yang bersifat ilmiah, seperti penulisan sejarah, kartografi, dan prakiraan cuaca. Istilah orang Kansai (関西人, Kansai-jin) mengacu pada orang yang tinggal di daerah Kansai, tetapi tidak pernah ada sebutan orang Kinki.

Dalam bahasa Inggris, istilah daerah "Kinki" juga biasanya tidak digunakan untuk menghindari salah pengertian.

Lihat pula