Hari Australia: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
kTidak ada ringkasan suntingan
Kevdave (bicara | kontrib)
kTidak ada ringkasan suntingan
Baris 1: Baris 1:
[[Image:Sydney Opera House, Australia Day.JPG|thumb|[[Gedung Opera Sydney]] saat Hari Australia]]
[[Image:Sydney Opera House, Australia Day.JPG|thumb|[[Gedung Opera Sydney]] saat Hari Australia]]
'''Hari Australia''' ([[bahasa Inggris]]: ''Australia Day'') ialah [[hari kebangsaan]] resmi di [[Australia]]. Hari Australia memperingari tibanya [[Armada Pertama]] di [[Sydney]] pada tahun [[1788]]. Hari Australia diperingati pada tanggal [[26 Januari]] dan dapat dibandingkan dengan [[Hari Kanada]] di [[Kanada]]. [[Suku]]-suku [[Aborigin]] menentang perayaan Hari Australia, dan menyebutnya sebagai Hari Invasi (bahasa Inggris: ''Invasion Day'')<ref>{{en}} [http://news.bbc.co.uk/2/hi/asia-pacific/7850440.stm BBC: Rudd rejects Australia Day change]</ref>, karena memandangnya sebagai peringatan penghancuran budaya setempat. Di Australia, Hari Australia merupakan hari libur.
'''Hari Australia''' ([[bahasa Inggris]]: ''Australia Day'') ialah [[hari kebangsaan]] resmi di [[Australia]]. Hari Australia memperingari tibanya [[Armada Pertama]] di [[Sydney]] pada tahun [[1788]]. Hari Australia diperingati pada tanggal [[26 Januari]] dan dapat dibandingkan dengan [[Hari Kanada]] di [[Kanada]]. [[Suku]]-suku [[Aborigin]] menentang perayaan Hari Australia, dan menyebutnya sebagai Hari Penjajahan (bahasa Inggris: ''Invasion Day'')<ref>{{en}} [http://news.bbc.co.uk/2/hi/asia-pacific/7850440.stm BBC: Rudd rejects Australia Day change]</ref>, karena memandangnya sebagai peringatan penghancuran budaya setempat. Di Australia, Hari Australia merupakan hari libur.


== Sejarah ==
== Sejarah ==

Revisi per 27 Januari 2009 13.27

Gedung Opera Sydney saat Hari Australia

Hari Australia (bahasa Inggris: Australia Day) ialah hari kebangsaan resmi di Australia. Hari Australia memperingari tibanya Armada Pertama di Sydney pada tahun 1788. Hari Australia diperingati pada tanggal 26 Januari dan dapat dibandingkan dengan Hari Kanada di Kanada. Suku-suku Aborigin menentang perayaan Hari Australia, dan menyebutnya sebagai Hari Penjajahan (bahasa Inggris: Invasion Day)[1], karena memandangnya sebagai peringatan penghancuran budaya setempat. Di Australia, Hari Australia merupakan hari libur.

Sejarah

Pada tanggal 26 Januari 1788, Kapten Arthur Phillip mengklaim secara resmi koloni New South Wales di bawah Britania Raya.

Sejak tahun 1808, hari itu telah diperingati sebagai hari raya. Pada tahun 1818 (hari peingatan 30 tahun pendaratan), para pegawai negeri menerima libur pertama dari perayaan tersebut. Dengan cepat tradisi tersebut diikuti oleh bank dan lembaga umum lainnya.

Pada tahun 1888, semua ibukota negara bagian di Australia (selain Adelaide) memperingati Hari Australia. Sejak tahun 1935, Hari Australia diperingati di seluruh negara bagian. pemerintah Persemakmuran dan negara memutuskan pada tahun 1946 untuk menyeragamkan dan kemudian hari tersebut diperingati sebagai Hari Australia di seluruh negeri pada hari Senin yang paling dekat dengan 26 Januari. Pada tahun 1994, hari tersebut menjadi hari raya umum resmi di seluruh negeri.

Referensi dan pranala luar