Peramalan (bisnis): Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tyagita (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi ''''Peramalan''' (bahasa inggris: ''forecasting'') dalam dunia bisnis adalah kegiatan atau proses memprediksi nilai masa depan berdasarkan data masa lalu. Kegiatan ini mencakup penggunaan data historis dengan memproyeksikannya untuk masa depan yang menggunakan jenis model matematis. Beberapa jenis peramalan dapat bersifat jangka panjang (beberapa tahun atau lebih) dan jangka pendek (beberapa minggu atau bulan). Kebanyakan peramalan memanfaatkan an...'
Tag: VisualEditor-alih pranala ke halaman disambiguasi
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 8 Januari 2022 23.24

Peramalan (bahasa inggris: forecasting) dalam dunia bisnis adalah kegiatan atau proses memprediksi nilai masa depan berdasarkan data masa lalu. Kegiatan ini mencakup penggunaan data historis dengan memproyeksikannya untuk masa depan yang menggunakan jenis model matematis. Beberapa jenis peramalan dapat bersifat jangka panjang (beberapa tahun atau lebih) dan jangka pendek (beberapa minggu atau bulan). Kebanyakan peramalan memanfaatkan analsis terhadap fenomena yang berulang atau tren. Umumnya dalam bisnis, peramalan dijadikan dasar untuk penyusunan anggaran atau budget, perencanaan kapasitas, perencanaan penjualan, produksi dan inventori, perencanaan personalia serta perencanaan pembelian.

Jenis peramalan

Peramalan diklasifikasikan berdasarkan cakupan lamanya atau horizon waktu kedepan. Umumnya horizon waktu ke depan dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu:[1]

  • Peramalan jangka pendek. Peramalan ini mencakup jarak waktu dari tiga bulan hingga satu tahun. Peramalan jangka pendek digunakan dalam penyusunan pembelian, penjadwalan tugas pekerjaan (job scheduling), penetapan tingkat tenaga kerja (workforce levels), pemberian tugas (job assignment), dan tingkat produksi (production levels).
  • Peramalan jangka menengah. Peramalan ini memiliki jarak waktu satu hingga tiga tahun. Peramalan jangka menengah digunakan dalam penyusunan rencana penjualan, perencanaan produksi, dan budgeting atau pengganggaran yang meliputi anggaran kas dan analisis berbagai rencana produksi.
  • Peramalan jangka panjang, mencakup jarak watu tiga tahun atau lebih. Peramalan jangka panjang digunakan untuk produk baru, anggaran pengeluatan modal (capital expenditure), perencanaan lokasi fasilitas ekspansi, serat penelitian dan pengembangan (research and development).

Referensi

  1. ^ Assauri 2016, hlm. 73.

Daftar pustaka

  • Assauri, Sofjan (2016). Manajemen Operasi Produksi: Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan Edisi 3. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. ISBN 9786024250034.