Keuskupan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Gorgyuio (bicara | kontrib)
Gada Yang Bisa Dibaca
Tag: kemungkinan vandalisme Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Gorgyuio (bicara | kontrib)
H
Tag: Menghilangkan referensi Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
Bagian Ini Kosong Jadilah Orang Pertama Yang Mengembangkan!
Bagian Ini Kosong Jadilah Orang Pertama Yang Mengembangkan!


==Apa Ini Payah?==
== Gereja Katolik Roma ==
Hey Orang Yang Baca Ini Seorang Karena Aku melepaskan Virus ke sini Virus Trojan
Menurut Hukum [[Gereja Katolik Roma]], keuskupan atau ''dioses'' adalah bagian umat Katolik yang tinggal dalam suatu daerah dengan batas-batas tertentu, dengan seorang [[uskup]] yang adalah pengganti rasul Yesus Kristus mempersatukan mereka sebagai guru dalam pengajaran, imam dalam peribadatan suci dan hamba dalam kepemimpinan. Keuskupan merupakan bentuk dari [[gereja partikular]] dalam relasi dengan "[[Katolik|gereja universal]]" yang dipimpin oleh [[Paus]]. Hanya Paus yang memiliki wewenang untuk mendirikan suatu keuskupan setelah mendengarkan alasan-alasan yang diajukan oleh para uskup di daerah tersebut. Pada umumnya suatu keuskupan dibagi menjadi wilayah-wilayah yang lebih kecil, yang disebut [[paroki]], yang dipimpin oleh seorang imam/[[pastor paroki]].

=== Keuskupan agung ===
{{main|Keuskupan agung}}
'''[[Keuskupan agung]]''' adalah istilah untuk keuskupan yang dipimpin oleh ''uskup agung''. Umumnya, keuskupan agung dibentuk sebagai "pemersatu" bagi keuskupan-keuskupan di sekitarnya untuk membentuk [[provinsi gerejawi]]. Namun, terdapat beberapa pengecualian di mana keuskupan agung tidak membentuk provinsi gerejawi.

=== Keuskupan metropolit ===
'''Keuskupan metropolit''' atau '''keuskupan agung metropolit''' adalah keuskupan agung yang membentuk provinsi gerejawi. Hampir seluruh keuskupan agung Katolik di dunia adalah keuskupan metropolit. Pemimpin dari keuskupan metropolit disebut ''[[uskup metropolit]]'' atau ''uskup agung metropolit''.

=== Keuskupan sufragan ===
'''Keuskupan sufragan''' adalah istilah yang digunakan dalam relasi dengan [[Keuskupan agung|keuskupan agung metropolit]] yang mengacu pada keuskupan yang bersama dengan keuskupan agung membentuk suatu provinsi gerejawi. Kedudukan keuskupan sufragan adalah setara dengan keuskupan agung, jadi keuskupan agung dan keuskupan sufragan tidak memiliki hubungan atasan-bawahan, melainkan sebagai mitra kerja untuk penggembalaan umat yang lebih luas.<ref>[http://www.vatican.va/archive/ENG1104/__P1J.HTM Code of Canon Law, canons 435–436]</ref> Keuskupan sufragan dipimpin oleh ''[[uskup sufragan]]'' atau hanya ''uskup''.


== Referensi ==
== Referensi ==

Revisi per 22 November 2021 02.57

Bagian Ini Kosong Jadilah Orang Pertama Yang Mengembangkan!

       ==Apa Ini Payah?==

Hey Orang Yang Baca Ini Seorang Karena Aku melepaskan Virus ke sini Virus Trojan

Referensi

Lihat juga

Sumber dan pranala luar