Keuskupan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan visualeditor-wikitext
Gorgyuio (bicara | kontrib)
Gada Yang Bisa Dibaca
Tag: kemungkinan vandalisme Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
Bagian Ini Kosong Jadilah Orang Pertama Yang Mengembangkan!
{{Hukum kanonik Katolik}}
[[Berkas:Alencastre Window.jpg|jmpl|ka|280px|[[Paus Pius XI]] memberkati [[Uskup]] [[Stephen Alencastre]] sebagai [[Uskup Honolulu Katolik Roma|Vikar Apostolik Kepulauan Hawai]] di [[jendela]] kaca berwarna pada [[Katedral Bunda Maria Perdamaian]].]]

Dalam beberapa gereja Kristen, '''keuskupan''' atau '''dioses''' adalah sebuah wilayah gerejawi yang diatur oleh seorang [[uskup]]. Dalam [[Gereja Katolik Roma]], terdapat pengelompokan beberapa keuskupan yang berdekatan menjadi suatu [[provinsi gerejawi]], di mana terdapat keuskupan tertentu di dalamnya yang berfungsi sebagai "pemersatu" dan disebut '''[[keuskupan agung]] ''[[Metropolis (yurisdiksi keagamaan)|metropolit]]''''', dan dipimpin oleh [[uskup agung]] ''[[Uskup metropolit|metropolit]]''. Uskup diangkat dan ditugaskan oleh Sri [[Paus (Gereja Katolik)|Paus]], yang juga sebagai uskup dari [[Keuskupan Roma]].

[[Gereja Inggris]] juga tetap menggunakan struktur keuskupan ini setelah [[reformasi]].


== Gereja Katolik Roma ==
== Gereja Katolik Roma ==

Revisi per 22 November 2021 02.54

Bagian Ini Kosong Jadilah Orang Pertama Yang Mengembangkan!

Gereja Katolik Roma

Menurut Hukum Gereja Katolik Roma, keuskupan atau dioses adalah bagian umat Katolik yang tinggal dalam suatu daerah dengan batas-batas tertentu, dengan seorang uskup yang adalah pengganti rasul Yesus Kristus mempersatukan mereka sebagai guru dalam pengajaran, imam dalam peribadatan suci dan hamba dalam kepemimpinan. Keuskupan merupakan bentuk dari gereja partikular dalam relasi dengan "gereja universal" yang dipimpin oleh Paus. Hanya Paus yang memiliki wewenang untuk mendirikan suatu keuskupan setelah mendengarkan alasan-alasan yang diajukan oleh para uskup di daerah tersebut. Pada umumnya suatu keuskupan dibagi menjadi wilayah-wilayah yang lebih kecil, yang disebut paroki, yang dipimpin oleh seorang imam/pastor paroki.

Keuskupan agung

Keuskupan agung adalah istilah untuk keuskupan yang dipimpin oleh uskup agung. Umumnya, keuskupan agung dibentuk sebagai "pemersatu" bagi keuskupan-keuskupan di sekitarnya untuk membentuk provinsi gerejawi. Namun, terdapat beberapa pengecualian di mana keuskupan agung tidak membentuk provinsi gerejawi.

Keuskupan metropolit

Keuskupan metropolit atau keuskupan agung metropolit adalah keuskupan agung yang membentuk provinsi gerejawi. Hampir seluruh keuskupan agung Katolik di dunia adalah keuskupan metropolit. Pemimpin dari keuskupan metropolit disebut uskup metropolit atau uskup agung metropolit.

Keuskupan sufragan

Keuskupan sufragan adalah istilah yang digunakan dalam relasi dengan keuskupan agung metropolit yang mengacu pada keuskupan yang bersama dengan keuskupan agung membentuk suatu provinsi gerejawi. Kedudukan keuskupan sufragan adalah setara dengan keuskupan agung, jadi keuskupan agung dan keuskupan sufragan tidak memiliki hubungan atasan-bawahan, melainkan sebagai mitra kerja untuk penggembalaan umat yang lebih luas.[1] Keuskupan sufragan dipimpin oleh uskup sufragan atau hanya uskup.

Referensi

Lihat juga

Sumber dan pranala luar