Pemuda Batak Bersatu: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Call Me Doli (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Call Me Doli (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 1: Baris 1:
{{lindungidarianon2}}
{{Pp-semi-template|small=yes}}
{{Pp-semi-template|small=yes}}
{{redirect|PBB}}
{{redirect|PBB}}

Revisi per 1 September 2021 14.48

Pemuda Batak Bersatu
SingkatanPBB[1]
PenerusPemuda Batak Bersatu
Tanggal pendirian8 Oktober 2019; 4 tahun lalu (2019-10-08)[2]
PendiriLambok F. Sihombing, S.Pd[3]
Didirikan diBekasi, Jawa Barat[4]
StatusDilindungi Negara[5]
TipeOrganisasi Kemanusiaan
TujuanKemanusiaan Politik, sosial, dan kebudayaan
Kantor pusatGrand Galaxy City RSK 3 No 12, RT.001/RW.002, Jaka Setia, Bekasi Selatan, Bekasi City, West Java 17147
Lokasi
Wilayah layanan
Seluruh Indonesia dan beberapa negara luar negeri
Ketua Umum
Lambok F. Sihombing, S.Pd
Sekretaris Jenderal
Arnold Simamora
Wakil Ketua
  • Lintong Manurung, SH

(wakil Ketua I)

(Wakil Ketua II)

(Wakil Ketua III)

(Wakil Ketua IV)

  • Parlin Soni H.N. S.H.,M.H.
(Wakil Ketua V)
Situs webwww.pemudabatakbersatu.or.id

Pemuda Batak Bersatu atau di singkat dengan PBB (dibentuk pada 8 Oktober 2019; 4 tahun lalu (2019-10-08)) adalah sebuah organisasi masyarakat Batak berbentuk Kemanusiaan yang terbentuk dari berbagai lintas profesi.[6]

Tujuan

Pemuda Batak Bersatu yang di singkat dengan PBB ini adalah sebuah ormas yang benar-benar konsen dan respek dengan keadaan sosial sekitarnya.

Mulai dari pendampingan hukum gratis bagi masyarakat yang membutuhkan, membantu orang sakit, membantu dengan tulus kala masyarakat kemalangan, membantu pemerintah mengawal penerapan prokes, dan lain-lain.

Seperti dituturkan Ir. Polmas R Sihombing, MM Wakil Ketua DPC PBB Kota Depok. “PEMUDA BATAK BERSATU itu memang beda bangat. Mengapa? karena kegiatannya berbasis Satu Rasa Satu Jiwa yg diwujudkan dalam bentuk Solidaritas, Toleransi, Rukun, dan Gotong Royong. Beda yg kedua, kegiatan PBB dominan mengandalkan swadaya dari anggota PBB[7].”

Polmas R Sihombing mengharapkan, Semoga Pemuda Batak Bersatu tetap kokoh dan jaya, serta tetap setiap menjaga NKRI dengan titik darah penghabisan (NKRI Harga Mati).[8]

Sejarah

Sejarah berdirinya organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) salah satu kumpulan kecil orang Batak di Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, diawali prinsip hidup Satahi Sapartinaonan. Maka organisasi kemasyarakatan Pemuda Batak Bersatu pun terbentuk pada tahun 2017 lalu.[9]

Seiring berkembangnya zaman, Organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) melakukan berbagai kegiatan bakti sosial yang berhubungan dengan orang Batak. Organisasi ini memberikan bantuan kepada bakti sosial kepada pekerja harian lepas (PHL) dari berbagai perusahaan.

Satahi Sapartinaonan, begitu berkembang pesat, seiring berjalannya waktu. Nama Satahi Sapartinaonan (Satu Jiwa Satu Rasa)[10] mereka ubah menjadi Paguyuban Pemuda Batak Bersatu yang bakal mereka kembangkan sampai ke lingkup Jabodetabek.[11]

Setelah berganti nama pada tahun 2019, Paguyuban Pemuda Batak Bersatu, kegiatan untuk pertamakalinya langsung viral yaitu menolak dengan menolak wacana Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang mau menjadikan Danau Toba menjadi Wisata Syariah. Para pengurus dan anggota langsung turun gunung ke Medan dan menemui Gubernur Sumatra Utara (Gubsu) Eddy Rahmayadi, menyampaikan pernyataan wacana tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, menjelaskan bahwa dirinya beserta Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprovsu) tidak pernah mengeluarkan wacana tersebut. Itu hanya akal-akalan media saja. Sekali lagi, Paguyuban Pemuda Batak Bersatu (PPBB) serta anak-anak perantau asal Sumut menolak menolak wacana Danau Toba menjadi Wisata Syariah.

Paguyuban Pemuda Batak Bersatu yang berawal dari Kota Bekasi, semakin percaya diri dalam mengembangkan dan melebarkan sayap Paguyuban Pemuda Batak Bersatu. Kepercayaan diri mereka semakin kuat dan berkobar. Ternyata semua orang Batak dapat berkumpul dan bersatu dalam satu wadah yang patut dipertimbangkan untuk diperhitungkan.

Dengan modal semangat dan kepercayaan diri tadi, pengurus Paguyuban Pemuda Batak Bersatu merekomendasikan melebarkan sayap ke lingkup nasional dengan terlebih dahulu mengubah nama Paguyuban Pemuda Batak Bersatu menjadi Pemuda Batak Bersatu (PBB). Pada Oktober 2019, organisasi yang memiliki legalitas dan sah berubah nama menjadi Pemuda Batak Bersatu.

Pemuda Batak Bersatu mempunyai visi, pertama mempererat tali persaudaraan orang Batak yang sudah dikenal bersatu dan terorganisir. Bukti orang Batak selalu dikenal bersatu dan terorganisir terlihat dari banyaknya perkumpulan orang Batak di mana pun mereka berada seperti Kumpulan Satu Daerah Sekitar (Punguan Parsahutaon), punguan marga atau mungkin punguan yang sifatnya dari satu keturunan atau satu oppung.[12]

Visi kedua adalah menciptakan Pemuda Batak Bersatu menjadi kader-kader pemimpin bangsa yang dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara kita tercinta ini dengan menciptakan bangsa yang benar-benar toleran, rukun dan mempunyai semangat kegotongroyongan.[13]

Ketiga, Pemuda Batak Bersatu dapat menjadi sosial kontrol bagi negara untuk menciptakan pemerintahan yang baik bagi pejabat negara di mana pun mereka berada. Hal ini sesuai dengan artikel atau sejarah Terbentuknya Pemuda Batak Besatu (PBB)[14][15][16]

Referensi

  1. ^ KOMPASIANA. "Singkatan Pemuda Batak Bersatu". kompasiana.com. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  2. ^ UBAHLAKU. "Berdirinya organisasi Pemuda Batak Bersatu". ubahlaku.id. Diakses tanggal 2021-07-13. 
  3. ^ MEDIAREALITAS. "Ketua Umum Organisasi Masyarakat Pemuda Batak Bersatu biodata". mediarealitas.com. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  4. ^ Templat:Https://pemudabatakbersatu.or.id/sejarah-berdirinya-pemuda-batak-bersatu/
  5. ^ AGAARANEWS. "BADAN Hukum Pemuda Batak Bersatu". agaaranews.com. Diakses tanggal 2021-06-05. 
  6. ^ "Menakar Solidaritas Pemuda Batak Bersatu di Tengah Masyarakat". monitorriau (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-13. 
  7. ^ Fakta, Data Media (2021-06-09). "Pemuda Batak Bersatu". DATA MEDIA FAKTA. Diakses tanggal 2021-06-09. 
  8. ^ Munthe, Maulen. "Organisasi Pemuda Batak Bersatu Berdiri Untuk Memperkokoh Tali Persaudaraan". Ubahlaku.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-09. 
  9. ^ Kompasiana.com (2020-06-05). "Pemuda Batak Bersatu, Mempererat Orang Batak Tanpa Sekat Agama". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2021-07-13. 
  10. ^ redaksi (2021-04-20). "Organisasi Pemuda Batak Bersatu (PBB) Sumut : "Satu Rasa Satu Jiwa"". Bratapos.com. Diakses tanggal 2021-07-13. 
  11. ^ inforajawali. "Terungkap Mendengar "Yel Yel " Pemuda Batak Bersatu, Ibunda Satgas Hendriko Silitonga yang Rumahnya Ludes Terbakar, Semakin Semangat | Info Rajawali". Diakses tanggal 2021-06-09. 
  12. ^ "Ormas Pemuda Batak Bersatu Siap Bersinergi dengan Pemkot Jakarta Timur". Situs Resmi Kota Administrasi Jakarta Timur (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-06-09. 
  13. ^ "Visi Dan Misi Sapma Pemuda Batak Bersatu DPD Sumatra Utara". Scribd. Diakses tanggal 2021-06-08. 
  14. ^ £https://ubahlaku.id/read/110146/organisasi-pemuda-batak-bersatu-berdiri-untuk-memperkokoh-tali-persaudaraan
  15. ^ "SEJARAH PEMUDA BATAK BERSATU – PEMUDA BATAK BERSATU" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-13. 
  16. ^ "Hadir Pemuda Batak bersatu menjadikan wadah bagi suku Batak » Bangka Belitung, Daerah » MITRATODAY". MITRATODAY. 2021-02-16. Diakses tanggal 2021-07-13.