Dayak Tomun: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
HsfBot (bicara | kontrib)
k v2.04b - Fixed using Wikipedia:ProyekWiki Cek Wikipedia (Subbagian hanya satu "=")
Call Me Doli (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler Tugas pengguna baru
Baris 3: Baris 3:
{{More citations needed|date=April 2020}}
{{More citations needed|date=April 2020}}
}}
}}
'''Dayak tomun''' merupakan salah satu suku dayak yang terletak di kabupaten [[Lamandau]] [[Kalimantan Tengah]]. Suku ini hidup dengan cara berburu dan berladang. Ini terbukti dengan senjata [[sumpit (senjata)]] dan [[mandau]] yang digunakan masyarakat dayak tomun untuk berburu dan juga banyaknya lumbung padi di desa [[dayak]] tomun.
'''Dayak tomun''' merupakan salah satu [[Suku Dayak]] yang terletak di kabupaten [[Lamandau]] [[Kalimantan Tengah]]. Suku ini hidup dengan cara berburu dan berladang. Ini terbukti dengan senjata [[sumpit (senjata)]] dan [[mandau]] yang digunakan masyarakat dayak tomun untuk berburu dan juga banyaknya lumbung padi di desa [[dayak]] tomun.
[[Berkas:Lumbung_padi_desa_riam_peahan.jpg|jmpl|sebuah lumbung padi di desa Riam penahan kecamatan delang kabupaten lamandau]]
[[Berkas:Lumbung_padi_desa_riam_peahan.jpg|jmpl|sebuah lumbung padi di desa Riam penahan kecamatan delang kabupaten lamandau]]



Revisi per 1 September 2021 14.44

Dayak tomun merupakan salah satu Suku Dayak yang terletak di kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah. Suku ini hidup dengan cara berburu dan berladang. Ini terbukti dengan senjata sumpit (senjata) dan mandau yang digunakan masyarakat dayak tomun untuk berburu dan juga banyaknya lumbung padi di desa dayak tomun.

sebuah lumbung padi di desa Riam penahan kecamatan delang kabupaten lamandau

Etimologi

Tomun secara harafiah berarti "bertemu/berjumpa" yang diambil dari kata "betomu". orang-orang dayak tomun sediri jarang menggunakan kata tomun sebagai penyebutan identitas suku. mereka cenderung menggunakan nama tempat atau wilayah.

Budaya

Upacara Kematian

Babukung adalah sebuah upacara kematian yang dilakukan oleh beberapa pemuda pilihan untuk melakukan tarian dengan menggunakan topeng menurut legenda sebuah keluarga ditinggalkan oleh orang tersayang hingga menangis berhari hari suatu malam anggota keluarga bermimpi didatangi oleh seorang yang menggunakan topeng ia menyuruh para tetangga untuk menari menggunakan topeng yang ia kenakan untuk menghibur keluarga yang ditinggal kan .

seorang penari yang menggunakan topeng untuk ritual babukung

Refernsi

<ref.[1]. </ref> <ref.[2][pranala nonaktif permanen] </ref>