Hercule Poirot: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
VolkovBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: sh:Hercule Poirot
ArthurBot (bicara | kontrib)
k bot Menambah: eu:Hercule Poirot
Baris 24: Baris 24:
[[es:Hércules Poirot]]
[[es:Hércules Poirot]]
[[et:Hercule Poirot]]
[[et:Hercule Poirot]]
[[eu:Hercule Poirot]]
[[fa:هرکول پوآرو]]
[[fa:هرکول پوآرو]]
[[fi:Hercule Poirot]]
[[fi:Hercule Poirot]]

Revisi per 17 Desember 2008 08.47

Hercule Poirot adalah seorang tokoh fiksi yang merupakan tokoh utama yang berprofesi detektif dalam novel-novel karangan Agatha Christie dan muncul dalam lebih dari 30 bukunya. Karakter ini lahir di Belgia, dan pernah bekerja sebagai tentara di sana, tetapi kemudian pindah ke Inggris setelah Perang Dunia I dan memulai karirnya sebagai detektif swasta.

Poirot dikenali dari perawakannya yang kecil, kepalanya yang berbentuk telur, kumisnya yang tegas dan berminyak, kebiasaan dandannya yang necis, obsesinya akan kerapian dan keteraturan, dan ejekannya terhadap metode detektif yang seringkali harus merangkak mencari-cari petunjuk (ini merupakan semacam sindiran terhadap Sherlock Holmes, detektif ciptaan Sir Arthur Conan Doyle). Dia lebih suka menyelidiki aspek psikologis dari sebuah kejahatan, dan sesekali bertaruh dengan sahabatnya, Arthur Hastings, bahwa dia dapat memecahkan sebuah kasus dengan hanya duduk di kursi malas, dan menggunakan "sel-sel kecil kelabu"nya.

Seperti juga detektif-detektif besar di fiksi misteri lainnya, (termasuk Miss Marple, dan Sherlock Holmes), Poirot tidak menikah.

Alamat fiksinya (dari kartu namanya) adalah:

Hercule Poirot
56B Whitehaven Mansions, Sandhurst Square
London W1, Inggris.

Templat:Link FA