Intel: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Hitzeed ch (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Hitzeed ch (bicara | kontrib)
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 52: Baris 52:


Pada tanggal [[2 September]] [[2020]], Intel mengganti logonya untuk kedua kalinya.
Pada tanggal [[2 September]] [[2020]], Intel mengganti logonya untuk kedua kalinya.
==Produk dan sejarah pasar==
{{Main|Produk Intel}}

===SRAM, DRAM, dan mikroprosesor===
Produk pertama Intel adalah [[shift register]] memori dan akses acak [[Primary storage|memory]] sirkuit terintegrasi, dan Intel tumbuh menjadi pemimpin dalam [[dynamic random-access memory|DRAM]] yang sangat kompetitif, [ [static random-access memory|SRAM]], dan [[read-only memory|ROM]] dipasarkan sepanjang tahun 1970-an. Secara bersamaan, para insinyur Intel [[Marcian Hoff]], [[Federico Faggin]], [[Stanley Mazor]] dan [[Masatoshi Shima]] menemukan [[mikroprosesor]] pertama Intel. Awalnya dikembangkan untuk perusahaan Jepang [[Busicom]] untuk menggantikan sejumlah [[Application-specific integrated circuit|ASIC]] dalam kalkulator yang sudah diproduksi oleh Busicom, [[Intel 4004]] diperkenalkan ke pasar massal pada November 15 Agustus 1971, meskipun mikroprosesor tidak menjadi inti bisnis Intel sampai pertengahan 1980-an. (Catatan: Intel biasanya diberi penghargaan dengan [[Texas Instruments]] untuk penemuan mikroprosesor yang hampir bersamaan)

Pada tahun 1983, pada awal era komputer pribadi, keuntungan Intel mendapat tekanan yang meningkat dari produsen chip memori Jepang, dan presiden saat itu Andy Grove memfokuskan perusahaan pada mikroprosesor. Grove menggambarkan transisi ini dalam buku ''[[Only the Paranoid Survive]]''. Elemen kunci dari rencananya adalah gagasan, yang kemudian dianggap radikal, untuk menjadi sumber tunggal penerus mikroprosesor [[Intel 8086|8086]] yang populer.

Sampai saat itu, pembuatan sirkuit terpadu yang kompleks tidak cukup andal bagi pelanggan untuk bergantung pada satu pemasok, tetapi Grove mulai memproduksi prosesor di tiga pabrik yang berbeda secara geografis,{{yang|tanggal=Oktober 2013}} dan berhenti melisensikan desain chip untuk pesaing seperti [[Zilog]] dan [[Perangkat Mikro Lanjut|AMD]].{{rujukan?date=Oktober 2013}} Ketika industri PC berkembang pesat di akhir 1980-an dan 1990-an, Intel adalah salah satu penerima manfaat utama.


== Informasi finansial ==
== Informasi finansial ==

Revisi per 30 Agustus 2021 05.56

Koordinat: 37°23′16″N 121°57′49″W / 37.38778°N 121.96361°W / 37.38778; -121.96361

Intel
Sebelumnya
N M Electronics (1968)
Publik
Kode emiten
IndustriSemikonduktor
Didirikan18 Juli 1968; 55 tahun lalu (1968-07-18)
PendiriGordon Moore
Robert Noyce
Kantor
pusat
,
A.S.
Wilayah operasi
seluruh dunia
Tokoh
kunci
Omar Ishrak
(Chairman)
Pat Gelsinger
(CEO)
ProdukUnit pemrosesan pusats
Mikroprosesors
Unit pemrosesan grafis terintegrasi (iGPU)
Sistem aktif -chip (SoCs)
Motherboard chipsets
Network interface controllers
Modems
Ponsel
Solid state drives
Wi-Fi dan Bluetooth Chipsets
Flash memory
Otomatis kendaraan Sensor
PendapatanKenaikan US$77,87 billion (2020)[1]
Kenaikan US$23,68 Miliar (2020)[1]
Penurunan US$20,9 Miliar (2020)[1]
Total asetKenaikan US$153,09 Miliar (2020)[1]
Total ekuitasKenaikan US$81,04 Miliar (2020)[1]
Karyawan
110,600 (2020)[1]
Anak
usaha
Situs webwww.intel.com

Intel Corporation adalah perusahaan multinasional dan perusahaan teknologi Amerika yang berkantor pusat di Santa Clara, California, di Silicon Valley. Ini adalah produsen semiconductor chip terbesar di dunia berdasarkan pendapatan,[3][4] dan merupakan pengembang seri x86 dari mikroprosesors, prosesor yang ditemukan di sebagian besar komputer pribadi (PC). Incorporated in Delaware,[5] Intel berada di peringkat No. 45 di 2020 Fortune 500 daftar perusahaan Amerika Serikat terbesar berdasarkan total pendapatan selama hampir satu dekade, dari tahun fiskal 2007 hingga 2016.[6]

Intel memasok mikroprosesor untuk produsen sistem komputer seperti Lenovo, HP, dan Dell. Intel juga memproduksi motherboard chipsets, network interface controllers dan integrated circuits, flash memory, graphics chips, prosesor tertanam dan perangkat lain yang terkait dengan komunikasi dan komputasi.

Intel didirikan pada 18 Juli 1968, oleh perintis semikonduktor Gordon Moore (dari hukum Moore) dan Robert Noyce, dan dikaitkan dengan kepemimpinan eksekutif dan visi Andrew Grove. Nama perusahaan disusun sebagai portmanteau dari kata integrated dan electronics, dengan salah satu pendiri Noyce telah menjadi penemu kunci dari integrated circuit (mikrochip). Fakta bahwa "intel" adalah istilah untuk informasi intelijen juga membuat nama tersebut sesuai.[7] Intel adalah pengembang awal SRAM dan chip memori DRAM, yang mewakili sebagian besar bisnisnya hingga tahun 1981. Meskipun Intel menciptakan chip mikroprosesor komersial pertama di dunia pada tahun 1971, itu tidak sampai keberhasilan personal computer (PC) yang menjadi bisnis utamanya.

sejarah

tujuan robert noyce dan gordon moore mendirikan intel adalah untuk meraup keuntungan karena pada saat itu mikroprocessor harganya sangat mahal

Gordon Moore dan Robert Noyce awalnya mengusulkan gabungan nama mereka untuk dijadikan nama perusahaan: Moore Noyce. namun terdengar seperti more noice atau lebih berisik sebuah predikat buruk untuk kelas perangkat elektronik. Mereka kemudian menggunakan nama NM Electronics yang dipertahankan sebagai nama perusahaan dalam jangka waktu hampir setahun, kemudian Moore dan Noyce memutuskan untuk menggunakan sebutan INTegrated ELectronics atau disingkat menjadi Intel.

adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat di Amerika Serikat dan terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Intel juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Intel memiliki projek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

Pada tanggal 2 Januari 2006, Intel mengganti logo dan slogannya untuk pertama kalinya. Walaupun slogan lamanya "Intel inside" dipertahankan, slogan korporatnya diganti dengan "Leap ahead". Kemudian berganti slogan korporatnya menjadi "Sponsors of Tomorrow" pada tahun 2010, "Look Inside" pada tahun 2013 dan akhirnya "experience what's inside" pada tahun 2015.

Pada tanggal 2 September 2020, Intel mengganti logonya untuk kedua kalinya.

Produk dan sejarah pasar

SRAM, DRAM, dan mikroprosesor

Produk pertama Intel adalah shift register memori dan akses acak memory sirkuit terintegrasi, dan Intel tumbuh menjadi pemimpin dalam DRAM yang sangat kompetitif, [ [static random-access memory|SRAM]], dan ROM dipasarkan sepanjang tahun 1970-an. Secara bersamaan, para insinyur Intel Marcian Hoff, Federico Faggin, Stanley Mazor dan Masatoshi Shima menemukan mikroprosesor pertama Intel. Awalnya dikembangkan untuk perusahaan Jepang Busicom untuk menggantikan sejumlah ASIC dalam kalkulator yang sudah diproduksi oleh Busicom, Intel 4004 diperkenalkan ke pasar massal pada November 15 Agustus 1971, meskipun mikroprosesor tidak menjadi inti bisnis Intel sampai pertengahan 1980-an. (Catatan: Intel biasanya diberi penghargaan dengan Texas Instruments untuk penemuan mikroprosesor yang hampir bersamaan)

Pada tahun 1983, pada awal era komputer pribadi, keuntungan Intel mendapat tekanan yang meningkat dari produsen chip memori Jepang, dan presiden saat itu Andy Grove memfokuskan perusahaan pada mikroprosesor. Grove menggambarkan transisi ini dalam buku Only the Paranoid Survive. Elemen kunci dari rencananya adalah gagasan, yang kemudian dianggap radikal, untuk menjadi sumber tunggal penerus mikroprosesor 8086 yang populer.

Sampai saat itu, pembuatan sirkuit terpadu yang kompleks tidak cukup andal bagi pelanggan untuk bergantung pada satu pemasok, tetapi Grove mulai memproduksi prosesor di tiga pabrik yang berbeda secara geografis,Templat:Yang dan berhenti melisensikan desain chip untuk pesaing seperti Zilog dan AMD.Templat:Rujukan?date=Oktober 2013 Ketika industri PC berkembang pesat di akhir 1980-an dan 1990-an, Intel adalah salah satu penerima manfaat utama.

Informasi finansial

Pabrik Intel di Penang, Malaysia

Kapitalisasi pasarnya sekitar AS$154 miliar (Maret 2005).

Bursa saham

  • Intel diperdagangkan secara publik dan secara internasional di NASDAQ dengan simbol INTC.

Index

Logo Brand Intel
Corporate Logo Tanggal Logo Intel Inside Tanggal Keterangan
Original Intel corporate logo 1968–2007 Original Intel Inside brand logo Intel Pentium with MMX logo 1991–2002 Logo pertama "Intel Inside". Di pakai dalam produk sendiri dengan nama brand prosesor.
Modified Intel Inside logo with drop "e" Modified Intel Inside logo with included product name 2002-2007 Sangat mirip dengan logo Intel Inside, tetapi diubah menyerupai logo Intel yang asli dengan mengubah jenis huruf Intel "e".
The current logo, used since 2005. 2007-2020 Intel Core Duo brand logo Intel Core 2 Quad brand logo 2006–2009 Intel secara bertahap menghapus logo asli perusahaan Intel dan Intel Inside untuk logo dasar Intel baru yang serupa dengan logo Intel Inside yang lebih tua, tetapi menghilangkan kata inside. Jenis huruf diubah menjadi Neo Sans Intel.

[8] In some instances the slogan Leap ahead was added to the corporate logo.

Generic Intel Inside with exposed silicon. Still used as Celeron Branding Sticker Intel Inside Core i7 variation 2009–2011, 2011–2013 (Celeron OEM Branding Sticker) Pada tahun 2009, logo Intel Inside' diperbarui menjadi bentuk horizontal dengan paparan visual silikon di bawah label untuk membantu menggambarkan gagasan bahwa Intel ada dalam chip di dalam komputer. Berbagai nama merek digunakan pada bentuk dasar ini termasuk Core, i3, i5, i7, Atom, Pentium, dan Xeon. Logo lain termasukChipset' , Server Board, dan Workstation Board. Juga digunakan sebagai Stiker Celeron.
Intel Inside Core i7 with horizontal exposed silicon Intel Inside Core i7 Extreme Edition with horizontal variation 2011–2013 Logo Intel Inside sedikit dimodifikasi untuk memindahkan gambar silikon yang terbuka ke bagian tengah logo. Ini juga memindahkan kata inside di samping logo Intel lebih dekat dengan mereka. Nama merek produk ditampilkan di bagian bawah logo.

Lihat pula

Pranala luar

Data

Referensi

  1. ^ a b c d e f "Intel Corporation 2020 Annual Report Form (10-K)" (PDF). United States Securities and Exchange Commission. January 22, 2021. Diakses tanggal January 28, 2021. 
  2. ^ "INTC / Intel Corp. - EX-21.1 - Intel Corporation Subsidiaries - February 1, 2019". February 1, 2019. Diakses tanggal May 12, 2020. 
  3. ^ Vanian, Jonathan. com/2017/07/27/samsung-intel-chip-semiconductor/ "Samsung Menggulingkan Intel Sebagai Pembuat Chip Terbesar di Dunia" Periksa nilai |url= (bantuan). Fortune. 
  4. ^ irol/10/101302/2007annualReport/common/pdfs/intel_2007ar.pdf "Laporan Tahunan Intel 2007" Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF). Intel. 2007. Diakses tanggal 6 Juli 2011. 
  5. ^ -19-000007-index.htm "10-K" Periksa nilai |url= (bantuan). 10-K. Diakses tanggal 1 Juni 2019. 
  6. ^ "Fortune 500 Companies 2018: Siapa yang Membuat Daftar". Fortune (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal November 10, 2018. 
  7. ^ "Rahasia nama Intel terungkap". The Inquirer. 2007. Diarsipkan dari -revealed versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). Diakses tanggal Juni 11, 2012. 
  8. ^ http://theclosetentrepreneur.com/new-without-intel