Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Jeromi Mikhael untuk pengurus 11 September 2021/STJ: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Baris 33: Baris 33:
|J=}}
|J=}}
Nuwun, <span style="font-family:Garamond; color:blue">[[Pengguna:RaFaDa20631|RFD]]</span> ([[User talk:RaFaDa20631|arep ngopi lurr?]]) 26 Agustus 2021 01.51 (UTC)
Nuwun, <span style="font-family:Garamond; color:blue">[[Pengguna:RaFaDa20631|RFD]]</span> ([[User talk:RaFaDa20631|arep ngopi lurr?]]) 26 Agustus 2021 01.51 (UTC)
:{{re|RaFaDa20631}} Jawaban atas pertanyaan di atas ada dalam video [https://www.youtube.com/watch?v=fvlJ2sxyvos&feature=youtu.be berikut]. Nuwun. --[[Pengguna:Jeromi Mikhael|Jeromi Mikhael]] ([[Pembicaraan Pengguna:Jeromi Mikhael|bicara]]) 27 Agustus 2021 06.40 (UTC)


=== S264 ===
=== S264 ===

Revisi per 27 Agustus 2021 06.40

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2021 yang kedua, Jeromi Mikhael (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth.

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 26 Agustus hingga 8 September. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani pada bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Format

Tambahkan pertanyaan di bawah baris dengan menggunakan format berikut: #{{PP pertanyaan
|T=Pertanyaan
|J=Jawaban}}

Pertanyaan

RaFaDa20631

Saya memberikan pertanyaan umum sebanyak dua untuk rencana kepengurusan, dua untuk peralatan kepengurusan, dua hal untuk pemahaman kebijakan dan pedoman.

  1. Jelaskan visi-misi Saudara sebagai Pengurus 2021 periode kedua. Apakah permasalahan yang dihadapi Wikipedia menurut Saudara?
  2. Sebagai pengurus, Saudara akan merancang atau melaksanakan program kerja, yang perlu diketahui komunitas. Program kerja apakah yang akan Saudara laksanakan jika Saudara sudah menjadi pengurus.
  3. Alat kepengurusan apa yang paling Saudara unggulkan untuk menjalankan tugas sebagai Pengurus?
  4. Apakah Saudara bersedia untuk membantu kami menata "infrastruktur" yang dibutuhkan komunitas? Lihat templat {{Permintaan perhatian}} dan juga {{Templat peringatan isu tunggal}} sebagai contoh.
  5. Saudara mungkin percaya bahwa Wikipedia memiliki persoalan terkait topik mainstream, seperti TV atau Transportasi, atau topik yang Saudara asuh. Saudara punya rencana apa saja untuk mengatasi persoalan tersebut?
  6. Saat ini ada sekitar lebih dari 20 ribu berkas yang masuk dalam Kategori:Gambar tanpa informasi sumber. Bagaimana cara Saudara menata berkas bermasalah sumber dan/atau lisensi? Perlu diketahui bahwa berkas dengan lisensi Penggunaan Wajar (fair use) yang tidak memenuhi Sepuluh kriteria isi nonbebas, akan dihapus secara bertahap dari Wikipedia.

Nuwun, RFD (arep ngopi lurr?) 26 Agustus 2021 01.51 (UTC)[balas]

@RaFaDa20631: Jawaban atas pertanyaan di atas ada dalam video berikut. Nuwun. --Jeromi Mikhael (bicara) 27 Agustus 2021 06.40 (UTC)[balas]

S264

Halo! Saya ucapkan selamat karena telah lolos verifikasi! Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan:

  1. Bagaimana pandangan Anda mengenai Wikipedia bahasa Indonesia saat ini?
  2. Seandainya Anda menjadi pengurus, apakah yang akan Anda lakukan apabila memperoleh pelecehan/fitnah dari pengguna lain?
  3. Makin kesini, semakin banyak penyalahguna bermunculan. Sudah jangka panjang, malah pergerakannya lintas wiki pula. Apakah kiat Anda untuk mencegah hal ini terus terjadi?
  4. Sebagai kontributor aktif, artikel bertopik apakah yang sering Anda kontribusikan? Kemudian, adakah usaha tertentu yang akan Anda lakukan untuk topik tersebut apabila nantinya menjadi pengurus? Jika ada, harap dijelaskan rencananya.
  5. Pada waktu yang lalu, fitur mentoring telah diintegrasikan di Wikipedia bahasa Indonesia. Namun, jumlah mentor di WBI masih tergolong sedikit. Apakah Anda bersedia untuk bergabung menjadi mentor dan aktif membantu para pendatang baru?

Mungkin itu dulu, matur nuwun. – S264 [badhé ngobrol?] 26 Agustus 2021 02.45 (UTC)[balas]

Ronniecoln Loudtiago

Halo. Saya ingin memberikan beberapa pertanyaan untuk Anda.

  1. Akhir-akhir ini ada banyak pengurus yang dicabut karena ketidakaktifan. Nah, apakah menurut Anda kebijakan pencabutan status pengurus sudah tepat untuk mencabut pengurus yang sudah lama tidak aktif. Jelaskan alasannya mengapa?
  2. Sistem pending changes protection saat ini sudah diterapkan di WBI menggantikan fitur Validasi artikel sebelumnya. Apakah fitur tersebut cukup efektif dalam memerangi vandalisme? Jika tidak, jelaskan alasannya.
  3. Bagaimana cara Anda menyelesaikan konflik dengan pengguna lain?
  4. Bagaimana Anda menyikapi kasus vandalisme dan penyalahgunaan jangka panjang (long-term abuse) yang terjadi akhir-akhir ini, terutama banyaknya informasi palsu di artikel-artikel bertopik pertelevisian?
  5. Apa pandangan Anda mengenai artikel-artikel perusahaan kecil di Wikipedia dan juga kontribusi berbayar di Wikipedia?
  6. Seandainya jika Anda terpilih menjadi pengurus, apakah Anda memiliki ide kebijakan/pedoman yang ingin diterapkan WBI? Jika ya, tolong jelaskan alasannya.

Sekian pertanyaan dari saya. Salam. Pengguna:Ronniecoln Loudtiago/tt 26 Agustus 2021 pukul 13.47 WIB

RianHS

Halo. Pertanyaan saya cukup banyak karena saya ingin lebih mengenal Anda. Sebisa mungkin mohon jawab semua pertanyaan yang diajukan (bukan hanya oleh saya) karena pemilihan pengurus periode ini sangat kompetitif. Tidak perlu langsung dijawab sekaligus. Semoga proses STJ ini menjadi pengalaman yang menyenangkan.

  1. Ada seorang calon pengurus yang sudah memahami kebijakan, pedoman, dan teknis Wikipedia, tetapi saat pemungutan suara, mayoritas pengguna lain tidak setuju dengan alasan “belum saatnya menjadi pengurus”. Menurut Anda, apa kekurangan calon tersebut sehingga dinilai masih perlu menambah jam terbang nge-Wiki beberapa tahun lagi?
  2. Seandainya Anda terpilih menjadi pengurus, lalu setelah beberapa lama, muncul pemungutan suara untuk mencabut status kepengurusan Anda (bukan karena ketidakaktifan). Kira-kira, apa kasus yang paling mungkin terjadi pada Anda?
  3. Apa yang berbeda dari Wikipedia bahasa Indonesia sebelum dan setelah Anda menjadi pengurus?
  4. Apa tiga sifat (atau nilai) yang harus dimiliki/dipegang oleh seorang pengurus?
  5. Apa bagian terfavorit Anda sebagai: (a) kontributor Wikipedia; (b) pengurus Wikipedia?
  6. Siapa Wikipediawan yang menjadi panutan (role model) Anda?
  7. Apa kelakuan pengguna Wikipedia yang paling membuat Anda kesal/jengkel? (Meskipun hanya dalam hati dan tidak dimanifestasikan dalam suntingan)
  8. Pengurus diharapkan mudah dihubungi dan diajak berkomunikasi. Dalam berkomunikasi dengan pengguna lain, apa ada suntingan yang pernah Anda lakukan dan kemudian Anda sesali lalu dijadikan pelajaran, atau Anda merasa cara komunikasi Anda dengan pengguna lain sudah sangat baik?
  9. Pengurus merupakan penegak aturan. Apa yang Anda lakukan jika menjumpai pengguna yang merupakan seseorang yang powerful di dunia nyata (misalnya tokoh politik, pejabat pemerintah, atau selebritas berpengaruh), tetapi ia memanfaatkan Wikipedia untuk kepentingan pribadi/kelompoknya? Saat Anda menegur/menasihatinya, ia mencoba menggunakan privilese/kekuasaannya itu.
  10. Masih tentang penegakan aturan. Apa batas kesabaran Anda dalam menangani pengguna baru (menerapkan WP:ANB dan WP:GIGIT) sampai akhirnya menggunakan alat-alat pengurus seperti pemblokiran dsb?
  11. Anda menemukan seseorang yang mengeluh, protes, atau menjelek-jelekkan Wikipedia bahasa Indonesia di media sosial. Sebagai pengurus, apa yang akan Anda lakukan?
  12. Apa fitur/halaman yang belum ada di Wikipedia bahasa Indonesia dan sangat Anda inginkan keberadaannya?
  13. Meskipun Wikipedia didesain untuk kolaborasi, masih sangat sedikit kolaborasi yang ada di Wikipedia bahasa Indonesia. Kelihatannya tiap pengguna sibuk dengan proyeknya sendiri-sendiri. Apa Anda punya gagasan untuk meningkatkan kolaborasi?
  14. Ada berbagai masalah yang sering terjadi di Wikipedia bahasa Indonesia. Apa masalah yang seharusnya bisa ditangani dengan lebih baik dan bagaimana caranya? (Bukan masalah individualis/per kasus, tapi masalah sistemik atau di topik tertentu)
  15. Apa Anda punya solusi untuk perang suntingan dan vandal yang berlarut-larut, misalnya pada topik suku, kerajaan, agama, dan hiburan?

Ini saja pertanyaan yang saya ajukan ke semua calon pengurus. Mungkin, saya akan memberikan pertanyaan yang spesifik untuk Anda. Salam. — RianHS (bicara) 26 Agustus 2021 08.46 (UTC)[balas]

Hidayatsrf

Jawab dengan singkat saja:

  1. Apa yang mau diurus saat jadi pengurus?
  2. Apa yang membedakan Anda dari calon pengurus yang lain?

Terima kasih. --Hidayatsrf (bicara) 26 Agustus 2021 12.13 (UTC)[balas]

Dimas Laksani

Halo, saya ingin bertanya beberapa hal kecil saja.

  1. Apa kelemahan anda dalam berwikipedia dan bagaimana strategi anda untuk menghadapi kelemahan tersebut? (jika merasa tidak ada tidak perlu dibuat-buat)
  2. Jika anda bosan berwikipedia, apa yang akan anda lakukan untuk mengembalikan semangat berwikipedia anda? Bagaimana cara anda agar tidak bosan berwikipedia?
  3. Apa harapan anda untuk Wikipedia Bahasa Indonesia kedepannya?

Terima kasih. Salam. ✿Dimas Laksani✿ 26 Agustus 2021 13.21 (UTC)[balas]

Johnstad Di Maria

Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat karena telah lolos verifikasi awal. Berikutnya saya ada beberapa pertanyaan. Jawab dengan sejujurnya, semampunya, dan jika ada waktu.

  1. Pernahkah Anda mempromosikan Wikipedia, seperti cara menyunting di Wikipedia ke teman atau handai taulan? Ceritakan pengalaman Anda
  2. Jika terjadi kasus #BoikotWikipedia kembali, ketika ada pengguna yang terkena doxing walau kontribusinya benar, maka apa yang perlu dilakukan untuk melindungi identitas pengguna tersebut?
  3. Terkait dengan pertanyaan sebelumnya. Semisal Anda sialnya juga terseret, kemudian Anda mendapat ancaman hukum. Apa yang Anda lakukan?
  4. Ada banyak konflik dan kasus yang terjadi di Wikipedia, sementara Anda hanya manusia dengan keterbatasan baik waktu atau kemampuan. Dari berbagai kasus seperti yang dijelaskan pada pertanyaan pengguna lain, manakah yang Anda prioritaskan atau yakin bisa ditangani? Manakah yang Anda tidak prioritaskan dulu atau tidak yakin bisa menanganinya?
  5. Terkait pertanyaan sebelumnya, ada juga konflik yang tidak penting untuk ditangani. Menurut Anda, seperti apa konflik yang tidak penting dan bagaimana cara mengetahuinya?
  6. Apa kontribusi di Wikipedia yang bisa Anda banggakan? Kontribusi tidak terbatas pada pengembangan artikel, tetapi bisa juga mengusulkan kebijakan, memprakarsai ProyekWiki, dan semacamnya.
  7. Inclusionist atau Deletionist?
  8. Apakah jika diangkat jadi pengurus nanti, Anda bersedia untuk ikut acara-acara komunitas seperti kopdar?

Terima kasih -- Johnstad Keluhan? 26 Agustus 2021 13.37 (UTC)[balas]

Lihat pula