Universitas Pancasila: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Call Me Doli (bicara | kontrib)
Tidak ada ringkasan suntingan
Tag: Suntingan perangkat seluler Suntingan peramban seluler
Baris 10: Baris 10:
|type = [[Perguruan tinggi swasta]]
|type = [[Perguruan tinggi swasta]]
|jargons = [[Satu Biru, Biru Pancasila]]
|jargons = [[Satu Biru, Biru Pancasila]]
|rector = [[Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt]]
|rector = Prof. Dr. [[Wahono Sumaryono]], Apt
|city = [[Jakarta Selatan|DKI Jakarta]]
|city = [[Jakarta Selatan|DKI Jakarta]]
|state = [[DKI Jakarta]]
|state = [[DKI Jakarta]]

Revisi per 21 Agustus 2021 19.28

Universitas Pancasila
JenisPerguruan tinggi swasta
Didirikan28 Oktober 1966[1]
RektorProf. Dr. Wahono Sumaryono, Apt
Lokasi, ,
KampusUrban
WarnaBiru
Nama julukanJaket Biru
Situs webhttp://www.univpancasila.ac.id

Universitas Pancasila, atau disingkat UP,adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. Lokasi kampus terbagi menjadi dua, yaitu kampus utama dan kampus pascasarjana. Kampus utama terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sementara, kampus pascasarjana terletak di Jalan Borobudur, Menteng, Jakarta Pusat.

Kampus UP pernah menjadi lokasi syuting sinetron tahun '90-an: Si Doel Anak Sekolahan. Lokasi yang digunakan adalah gedung Fakultas Teknik tempat "Si Doel" (Rano Karno) kuliah di jurusan teknik.

Sejarah

Universitas Pancasila didirikan pada tanggal 28 Oktober 1966. UP merupakan penggabungan dari Universitas Pancasila (lama) yang didirikan pada tahun 1963 dan Universitas Bung Karno.

Pancasila yang dijadikan nama dari universitas ini sesuai dengan misi yang diemban Universitas Pancasila, yaitu “Memberikan peranan positif dalam pengembangan ilmu dan teknologi serta pengembangan masyarakat ber-Pancasila seperti yang dicita-citakan dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.”

Dalam menjalankan roda kehidupan di bidang akademis, pada tahap awal telah tersedia tanah seluas 10.160 m² dan bangunan/gedung seluas 5.196 m² terletak di Jl. Borobudur No. 7 Jakarta Pusat. Tanah dan gedung tersebut dihibahkan dari Departemen Keuangan kepada Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) yang ditandatangani pada tanggal 21 April 1987. Di samping itu, pada tahun 1985, Universitas Pancasila mendapat pinjaman gedung di Jl. Garuda Kemayoran Jakarta Pusat untuk kegiatan perkuliahan Fakultas Ekonomi.

Dengan telah selesai dibangunnya gedung Fakultas Ekonomi di Srengseng Sawah Jakarta Selatan pada tahun 1988, perkuliahan mahasiswa Fakultas Ekonomi pindah ke gedung yang baru dan secara bertahap diikuti oleh fakultas yang lain. Saat ini Universitas Pancasila telah mempunyai kampus di Srengseng Sawah seluas 111.255 m² dengan bangunan seluas 38.076 m² terdiri dari Rektorat, Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Teknik, sementara itu kampus Jl. Borobudur No. 7 Jakarta Pusat, saat ini dipergunakan untuk perkuliahan Program Pascasarjana.

Dalam hal pengelolaan, pembinaan umum Universitas Pancasila di bawah naungan yayasan, yaitu Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila yang didirikan dengan Akta Notaris G.H.S. Loemban Tobing S.H Nomor: 14 tanggal 19 Januari 1970.

Yayasan

Pimpinan

Ketua: DR.(HC) Ir. Suyono Sosrodarsono Wakil Ketua: Prof.Dr. M.H.Matondang, SE, MA. Anggota:

  1. Prof.Dr. Awaloedin Djamin, MPA.
  2. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M.Si.

Dewan Pengurus

Ketua: DR.(HC) Ir. Siswono Yudohusodo Wakil Ketua: Dr. Cosmas Batubara Sekretaris: Komisaris Jendral Pol(Purn) Awil Luthan Bendahara: M.Rifqi Yusuf, SE.

Dewan Pengawas

Dewan Pengawas: apt. Drs. Sunarno Prawirosujanto.

Kampus

Jakarta Selatan

Kampus Universitas Pancasila yang berada di Jakarta Selatan ini terletak di perbatasan antara Kota Depok dan Jakarta Selatan. Alamat lengkap kampus Jakarta Selatan ini terletak di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640. Seluruh program pendidikan jenjang D3 dan S1 terletak di kampus Jakarta Selatan ini. Di depan kampus Jakarta Selatan terdapat sebuah stasiun yang dinamakan dengan nama universtas, yakni Stasiun Universitas Pancasila, yang mengakomodasi kebutuhan warga kampus yang berasal dari berbagai tempat sekitar Jakarta dan kebutuhan masyarakat sekitar kampus. Untuk menghubungi kampus, dapat dilakukan panggilan ke nomor telepon (021) 78880305, 7874344, 98880038, 7270086.

Jakarta Pusat

Kampus Universitas Pancasila yang berada di Jakarta Pusat ini terletak di Jalan Borobudur Nomor 7, Jakarta Pusat 10320. Program jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3) dipusatkan di kampus ini. Untuk menghubungi kampus, dapat dilakukan paggilan ke nomor telepon Program Doktor, Telp (021)3904271, Magister Manajemen, Telp (021)3904269, Magister Akuntansi, Telp (021)7872355, Magister Ilmu Kefarmasian, Telp (021)7864727, Magister Ilmu Hukum, Telp (021)3919013 dan Magister Teknik Mesin, Telp(021)31926047.

Fakultas dan Program

Program Profesi

  1. Profesi Apoteker

Program Diploma 3

  1. Fakultas Ekonomi & Bisnis
    1. Akuntansi
    2. Perpajakan
  2. Fakultas Farmasi
  3. Fakultas Teknik
    1. Teknik Elektro
    2. Teknik Mesin
  4. Pariwisata

Program Sarjana

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Farmasi
  3. Fakultas Ekonomi & Bisnis
    1. Manajemen
    2. Akuntansi
  4. Fakultas Teknik
    1. Arsitektur
    2. Teknik Informatika
    3. Teknik Elektro
    4. Teknik Sipil
    5. Teknik Mesin
    6. Teknik Industri
  5. Fakultas Psikologi
  6. Fakultas Komunikasi
  7. Fakultas Pariwisata

Program Magister

  1. Magister Manajemen
  2. Magister Manajemen Eksekutif
  3. Magister Akuntansi
  4. Magister Hukum
  5. Magister Teknik Mesin
  6. Magister Farmasi

Program Doktor

  1. Doktor Ekonomi

Fasilitas

Perpustakaan

UPT Perpustakaan Universitas Pancasila sebagai wahana pendidikan, penelitian dan informasi penunjang sarana belajar telah memberikan aksesbilitas layanan yang bermutu kepada mahasiswa/pengguna terhadap kemudahan mencari bahan pustaka, keluasaan meminjam, bantuan mencarikan bahan pustaka dari perpustakaan lain dan ketersediaan layanan e-library.[2]

Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum

Universitas Pancasila menyediakan bantuan hukum dengan adanya LKBH atau Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum dengan tenaga profesional di bidang hukum. LKBHUP ini ditujukan untuk semua warga yang tidak mampu yang tersangkut kasus hukum. LKBHUP ini terletak di gedung Fakultas Hukum Universitas Pancasila lantai 4.

Ruang Peradilan Semu

Ruang Peradilan Semu digunakan oleh mahasiswa Fakultas Hukum sebagai sarana simulasi untuk mengikuti beberapa kompetisi peradilan semu di seluruh Indonesia.

Laboratorium

Universitas Pancasila memiliki laboratorium yang sangat lengkap sebagai pendukung program studi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Salah satu fungsinya adalah sebagai sarana untuk melaksanakan riset/penelitian/pratikum dalam bidang terkait. Banyak Instansi/Perusahaan Perguruan Tinggi yang menjalin kerja sama dengan UP untuk mengadakan riset/penelitian/pratikum di laboratorium UP.[3]

Tax Center

Universitas Pancasila telah bekerja sama dengan Dirjen Pajak, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di bidang perpajakan dengan bantuan tenaga ahli dari Dirjen Pajak dan memfasilitasi tempat untuk riset/penelitian/praktik bagi dosen dan mahasiswa. Selain itu Tax Center mempunyai fungsi; sebagai pusat info pajak, sebagai pusat konsultasi pajak dan sebagai pusat bantuan hukum pajak. Tax Center berada di Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila.[4]

Pojok Bursa Efek Indonesia

Universitas Pancasila telah bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia, guna meningkatkan pelayanan serta memberikan kemudahan dalam memperoleh informasi bisnis yang terbaru setiap harinya, Pojok BEI ini berada Di Pojok Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Pancasila

Fasilitas kesehatan

Poliklinik

Poliklinik UP merupakan sarana penunjang pelayanan kesehatan yang disediakan untuk pegawai UP dan mahasiswa UP secara gratis. Di samping itu Poliklinik UP juga melayani masyarakat umum. Poliklinik UP buka setiap hari kerja, Senin s.d. Jumat pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB.[5]

Apotek

Apotek UP, merupakan apotek pendidikan untuk mendukung praktik kerja lapangan, penelitian, dan pembuatan tugas akhir mahasiswa. Apotek pendidikan UP juga digunakan untuk pelayanan kesehatan kepada pegawai UP, mahasiswa UP, dan masyarakat. Apotek pendidikan UP menyediakan obat, vitamin, suplemen, dan juga produk–produk kesehatan yang terdaftar secara resmi di Indonesia. Apotek pendidikan UP buka setiap hari kerja, Senin s.d. Jumat pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB.[6]

Oganisasi kemahasiswaan

Organisasi kemahasiswaan merupakan organisasi kemahasiswaan sebagai sarana pengembangan potensi mahasiswa serta partisipasi aktif terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan kemajuan Indonesia sesuai disiplin ilmunya.

Rencana Universitas Cabang

Rujukan

  1. ^ [1], di situs resminya.
  2. ^ [2]
  3. ^ [3]
  4. ^ [4]
  5. ^ [5]
  6. ^ [6]