Wikipedia:Etikawiki: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
rintisan terjemahan
 
k tambahan terjemahan
Baris 2: Baris 2:


Kontributor Wikipedia berasal dari beraneka bangsa, suku, dan budaya. Kita memiliki perbedaan pandangan dan latar belakang yang kadang sangat berbeda. '''Menghormati orang lain''' adalah kunci untuk dapat bekerjasama secara efektif untuk membangun [[ensiklopedia]].
Kontributor Wikipedia berasal dari beraneka bangsa, suku, dan budaya. Kita memiliki perbedaan pandangan dan latar belakang yang kadang sangat berbeda. '''Menghormati orang lain''' adalah kunci untuk dapat bekerjasama secara efektif untuk membangun [[ensiklopedia]].

== Prinsip-prinsip etika di Wikipedia ==

* Berprasangka baik. Wikipedia telah berhasil berkembang dengan sangat pesat sampai saat ini karena kebijakan yang mengizinkan penyuntingan yang nyaris tak ada batasan. Orang datang ke sini untuk berkolaborasi dan menulis artikel-artikel yang bagus.
* Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan.
* Perhatikan kesopanan. Orang lain tidak bisa tahu atau menduga suasana hati Anda. Gaya bahasa yang menyindir tidak selalu dapat dicerna maknanya. Sebaliknya, terlalu blak-blakan juga dapat menimbulkan kesan kasar. Hati-hatilah dengan pilihan kata Anda. Apa yang Anda maksud seringkali tidak dapat ditangkap orang lain, dan apa yang Anda tangkap, bisa jadi tidak sama dengan maksud sang penulis.
* Masuk log dan tandatangani tulisan Anda di halaman bicara (jangan di halaman artikel!)
* Upayakan selalu suatu kesepakatan.
* Berdebatlah mengenai atau berdasarkan fakta, jangan personal.
* Jangan abaikan pertanyaan. Jika orang lain tidak menyetujui suntingan Anda, berikan alasan yang baik mengapa Anda pikir suntingan itu perlu.
* Lapang dada terhadap suatu tanggapan jika Anda tidak memiliki jawaban untuk itu, atau berterusteranglah jika Anda pendapat Anda dilandasi oleh intuisi atau selera. Jangan berdebat untuk sesuatu yang tak bisa Anda pertahankan.
* Jangan enggan untuk mengucapkan maaf. Dalam suatu diskusi yang panas, kita sering mengucapkan sesuatu yang belakangan kita sesali. Akuilah hal itu.
* Maafkan dan lupakanlah suatu masalah.
* Beri pujian jika pantas diucapkan. Setiap orang senang dihargai, terutama dalam lingkungan yang sering membutuhkan kompromi. Berikanlah pesan bersahabat pada halaman bicara pengguna tersebut.
* Hapus atau buat simpulan untuk suatu diskusi yang Anda inisiasi dan telah mencapai kesepakatan.
* Bantulah untuk menengahi perbedaan pendapat.
* Jika perdebatan memanas, tenangkan dulu pikiran, atau usulkan untuk menghentikan sementara perdebatan.
<!--

# Be civil.
# Although it's understandably difficult in a heated argument, if the other party is not as civil as you'd like them to be, make sure to be more civil than him or her, not less.

* That way at least you're not spiralling down to open conflict and name-calling by your own accord, you're actively doing something about it: taking a hit and refraining from hitting back - everybody appreciates that (or at least they should).
* However, don't hesitate to let the other party know that you're not comfortable with their tone in a neutral way -- otherwise they might think you're too dense to understand their "subtlety", and you'll involuntarily encourage them (e.g. "I know you've been sarcastic above, but I don't think that's helping us resolve the issue. However, I don't think your argument stands because...").

# Recognize your own biases and keep them in check.
# If you're arguing, take a break; if you're mediating, recommend a break.

* Come back after a week or two. If no one is mediating, and you think mediation is needed, enlist someone.
* Walk away or find another Wikipedia article to distract yourself — there are 1,033,461 articles on Wikipedia! Take up a Wikiproject or WikiReader, or lend your much-needed services at pages needing attention and Cleanup. Or write a new article.

# Remember what Wikipedia is not.
# Review the list of faux pas.
# Avoid reverts and deletions whenever possible, and stay within the three-revert rule except in cases of clear vandalism. Explain reversions in the edit summary box.

* Amend, edit, discuss.

# Remind yourself that these are people you're dealing with. They are individuals with feelings and probably have other people in the world who love them. Try to allow dignity to others.
-->


{{stub}}
{{stub}}

Revisi per 20 Maret 2006 05.47

Halaman ini mengandung beberapa prinsip etika, atau "Etikawiki" (Inggris: Wikiquette), yaitu pedoman bagaimana bekerja sama dengan orang lain di Wikipedia.

Kontributor Wikipedia berasal dari beraneka bangsa, suku, dan budaya. Kita memiliki perbedaan pandangan dan latar belakang yang kadang sangat berbeda. Menghormati orang lain adalah kunci untuk dapat bekerjasama secara efektif untuk membangun ensiklopedia.

Prinsip-prinsip etika di Wikipedia

  • Berprasangka baik. Wikipedia telah berhasil berkembang dengan sangat pesat sampai saat ini karena kebijakan yang mengizinkan penyuntingan yang nyaris tak ada batasan. Orang datang ke sini untuk berkolaborasi dan menulis artikel-artikel yang bagus.
  • Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan.
  • Perhatikan kesopanan. Orang lain tidak bisa tahu atau menduga suasana hati Anda. Gaya bahasa yang menyindir tidak selalu dapat dicerna maknanya. Sebaliknya, terlalu blak-blakan juga dapat menimbulkan kesan kasar. Hati-hatilah dengan pilihan kata Anda. Apa yang Anda maksud seringkali tidak dapat ditangkap orang lain, dan apa yang Anda tangkap, bisa jadi tidak sama dengan maksud sang penulis.
  • Masuk log dan tandatangani tulisan Anda di halaman bicara (jangan di halaman artikel!)
  • Upayakan selalu suatu kesepakatan.
  • Berdebatlah mengenai atau berdasarkan fakta, jangan personal.
  • Jangan abaikan pertanyaan. Jika orang lain tidak menyetujui suntingan Anda, berikan alasan yang baik mengapa Anda pikir suntingan itu perlu.
  • Lapang dada terhadap suatu tanggapan jika Anda tidak memiliki jawaban untuk itu, atau berterusteranglah jika Anda pendapat Anda dilandasi oleh intuisi atau selera. Jangan berdebat untuk sesuatu yang tak bisa Anda pertahankan.
  • Jangan enggan untuk mengucapkan maaf. Dalam suatu diskusi yang panas, kita sering mengucapkan sesuatu yang belakangan kita sesali. Akuilah hal itu.
  • Maafkan dan lupakanlah suatu masalah.
  • Beri pujian jika pantas diucapkan. Setiap orang senang dihargai, terutama dalam lingkungan yang sering membutuhkan kompromi. Berikanlah pesan bersahabat pada halaman bicara pengguna tersebut.
  • Hapus atau buat simpulan untuk suatu diskusi yang Anda inisiasi dan telah mencapai kesepakatan.
  • Bantulah untuk menengahi perbedaan pendapat.
  • Jika perdebatan memanas, tenangkan dulu pikiran, atau usulkan untuk menghentikan sementara perdebatan.